Headline Sorotan   2022/06/14 17:3 WIB

Kasus Corona Masih Menghantui yang 'Dipicu Varian Baru', 'Buat Vaksinasi Booster Digenjot Lagi'

Kasus Corona Masih Menghantui yang 'Dipicu Varian Baru', 'Buat Vaksinasi Booster Digenjot Lagi'

"Kasus Corona dipicu Varian Baru Omicron BA.4 dan BA.5 kini mulai menghantui, masyarakat diminta untuk melengkapi dosis Vaksinasi"

eningkatan kasus Covid-19 dipicu oleh subvarian baru Omicron, yakni BA.4 dan BA.5 kini muncul lagidi Indonesia. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, memprediksi puncak kasus varian tersebut bakal berlangsung pada Juli mendatang.

"Jadi kita confirmed bahwa kenaikan ini memang dipicu oleh adanya varian baru dan ini juga yang terjadi oleh negara-negara di luar Indonesia yang mungkin hari raya keagamaannya berbeda-beda dengan kita, jadi setiap kali kenaikan varian baru kita naik," kata Budi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/06).

Dia menambahkan: "Biasanya puncaknya tercapai satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi harusnya di minggu kedua Juli, minggu ketiga Juli, kita akan melihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini."

Budi mengatakan, tingkat penularan BA.4 dan BA.5 diperkirakan hanya sepertiga dari puncak kasus Delta dan Omicron. Pada saat itu, kasus harian akibat varian Delta mencapai 56.000, sementara Omicron mencapai 64.000 per hari.

"Kasus hospitalisasi juga sepertiga dari kasus Delta dan Omicron, sedangkan kasus kematian sepersepuluh dari Delta dan Omicron," jelasnya.

Hingga saat ini, sedikitnya ada delapan kasus subvarian BA.4 dan BA.5 yang dicatat Kementerian Kesehatan. Dari delapan kasus tersebut, tiga orang yang teridentifikasi merupakan kasus impor dari Mauritius, Amerika Serikat, dan Brasil.

Apa gejala yang dialami delapan pengidap subvarian BA.4 dan BA.5?

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlina Burhan, menyebut salah satu pasien mengeluhkan sesak napas, sementara pasien lainnya mengalami gejala ringan.

Satu pasien itu merupakan perempuan berusia 20 tahun dengan hasil tes whole genome sequencing teridentifikasi 10 Juni dinyatakan positif Omicron baru BA.5. Kasus ini merupakan penularan lokal yang berada di Jakarta.

"Ini satu-satunya (pasien) yang gejalanya lebih berat. Ada batuk, sesak napas, sakit kepala, lemah, mual, muntah, nyeri abdomen," kata Erlina dalam pemaparan yang disiarkan melalui YouTube pada Minggu (12/06).

Berikut pemaparan delapan pasien sebagaimana disampaikan Erlina Burhan:

Bali

1. Kasus Omicron BA.4 (Laki-laki 27 tahun): tidak bergejala, sudah divaksin dua dosis Pfizer;

2. Kasus Omicron BA.5 (Laki laki 45 tahun): tidak bergejala, sudah tiga kali vaksin J&J;

3. Kasus Omicron BA.5 (Laki-laki 57 tahun): sakit tenggorokan, badan pegal, sudah empat kali vaksin Pfizer;

4. Kasus Omicron BA.5 (Laki-laki 34 tahun): tidak bergejala, tiga kali vaksin (dua dosis astrazeneca dan 1 dosis J&J);

DKI Jakarta

1. Kasus transmisi lokal BA.5 (Perempuan 20 tahun): gejala sedang ada sesak napas, dua kali divaksinasi Sinovac, belum booster;

2. Kasus transmisi lokal BA.5 (Perempuan 40 tahun): tidak ada gejala, sudah dua kali vaksin Sinovac, dan 1 vaksin AstraZeneca;

3. Kasus transmisi lokal BA.5 (Laki-laki 22 tahun): gejala ringan, sudah dua kali vaksin Sinovac, belum di-booster;

4. Kasus PPLN (Laki-laki 30 tahun): gejala ringan, sudah dua kali vaksin Sinovac, satu kali vaksin Moderna

Tetap waspada

Kenaikan kasus penularan Covid-19 di Indonesia dalam dua pekan terakhir tidak bisa diabaikan dan semua pihak diminta waspada, walaupun angkanya belum terlalu tinggi, kata ahli penyakit menular.

Tambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia selalu menembus 500 per hari sejak awal bulan ini, dan Senin (13/06) kenaikan itu mencapai 591 kasus, menurut data resmi.

Untuk itulah, pemerintah Indonesia dituntut lebih serius menyadarkan masyarakat agar mengenali resiko terpapar infeksi di tengah kebijakan pelonggaran penanganan Covid-19.

Bagaimanapun, Kementerian Kesehatan menyatakan pertambahan kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir "masih terkendali", namun pihaknya tetap bersikap waspada.

Apa reaksi pemerintah atas kenaikan kasus?

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pada Senin 13 Juni2022 pukul 12.00 WIB, menunjukkan penambahan 591 kasus positif dalam 24 jam terakhir.

Angka terbaru ini menunjukkan bahwa kasus baru Covid-19 di Indonesia selalu menembus 500 per hari sejak awal bulan ini.

Namun, menurut juru bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, angka kenaikan itu "menurun dalam dua hari terakhir".

Pada Jumat (10/06), tercatat penambahan 627 kasus positif haruan secara nasional. 

"Kemudian kemarin tidak diikuti dengan hospitalisasi yang meningkat. Jadi angka yang dirawat (di rumah sakit) tidak naik," kata Syahril pada media, Senin (13/06).

"Kemudian angka yang meninggal juga tidak tinggi, bahkan di bawah standar dan positivity rate kita masih di bawah 1%," tambahnya.

Dengan demikian, Syahril menyimpulkan, laju kenaikan penularan Covid-19 dalam dua atau tiga pekan terakhir "masih terkendali".

Apalagi, menurutnya, situasi penularan Covid-19 masih berada di level satu dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara Gubernur Riau Syamsuar menyikapi Varian Baru Corona, tetap menghimbau masyarakat untuk melakukan Vaksinasi Booster.

"Saat ini peningkatan kasus Covid-19 terjadi di berbagai negara yang dipicu ditemukannya subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5. Menghadapi potensi lonjakan kasus tersebut pemerintah terus mempercepat laju vaksinasi terutama vaksinasi dosis penguat yang capaiannya masih rendah," katanya dalam keterangan pers, Senin (13/6).

Gubri merujuk apa yang disebutkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto bahwa, secara khusus pemerintah mendorong vaksinasi booster sebagai syarat penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan keramaian.

“Secara prinsip untuk berbagai kegiatan, apakah itu venue olahraga maupun venue lain atau musik ataupun kesenian yang melibatkan banyak anggota masyarakat diharapkan dosis ketiga itu bisa difasilitasi. Sehingga untuk kegiatan-kegiatan yang menuai ataupun membuat kerumunan, vaksinasi ketiga itu akan terus didorong,” ujarnya.

Menko Ekon mengungkapkan, masih terdapat dua provinsi yang capaian dosis pertamanya masih di bawah 70 persen yaitu Papua Barat dan Papua. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua terdapat sepuluh provinsi dengan capaian di bawah 70 persen.

“Provinsi yang masih relatif rendah di bawah 50 persen adalah Maluku, Papua Barat, dan Papua,” ujarnya.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar terus mengimbau masyarakat agar dapat segera lengkapi dosis vaksinasi mereka.

"Saya imbau masyarakat untuk tetap disiplin prokes jika di dalam ruangan tertutup dan segera vaksinasi, baik dosis I, II maupun booster untuk pencegahan," kata Gubri.

Selain itu, Gubri juga meminta Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin supaya masyarakat yang belum melakukan vaksin booster bisa divaksin.

"Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin, supaya nanti masyarakat kita yang mau vaksin booster bisa divaksin," akunya.

Tetapi kembali disebutkan Air Langga terkait perkembangan situasi Covid-19 nasional Airlangga menyampaikan bahwa meskipun terdapat peningkatan kasus kondisi pandemi di Indonesia secara keseluruhan masih dalam tahap yang terkendali.

“Kasus kita sekitar 574 (kasus) harian, kalau kita lihat Australia bisa 16.000-an (kasus), India 8.500 (kasus), Singapura 3.100 (kasus), Thailand 2.400 (kasus), bahkan Malaysia 1.700 (kasus),” ujarnya.

Angka reproduksi kasus efektif (Rt) Indonesia juga relatif stabil di bawah 1, tingkat kesembuhan (recovery rate) mencapai 97,34 persen, sedangkan tingkat kematian (case fatality rate) sebesar 2,58 persen.

“Kita lihat penularan kasus kebanyakan lokal, yang kasus dari perjalanan luar negeri sekitar 25 kasus,” kata Airlangga.

Menko Ekon menambahkan, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau BOR (bed occupancy rate) terutama di luar Jawa-Bali juga masih relatif rendah.

“Kalau di luar Jawa-Bali BOR Covid-19 relatif rendah dan yang tertinggi hanya di Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah,” pungkas Menko Ekon yang juga merupakan Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali tersebut.

Gubri juga mempersiapkan untuk antisipasi Varian Baru Omicron dengan cara masyarakat ikut melengkapi dosis Vaksinasi.

"Menghadapi potensi lonjakan kasus pemerintah terus mempercepat laju vaksinasi terutama booster."

"Saya imbau masyarakat untuk tetap disiplin prokes jika di dalam ruangan tertutup dan segera vaksinasi, baik dosis I, dosis II maupun booster untuk pencegahan," kata Gubri.

Jadi Gubri juga meminta Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin supaya masyarakat yang belum melakukan vaksin booster bisa divaksin.

Mengapa subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 'harus diwaspadai'

Walaupun demikian, tambahnya, pemerintah tetap mewaspadainya sebagai "bagian dinamika keadaan pandemi".

Kewaspadaan itu juga dilatari teridentifikasinya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia pada 9 Juni 2022 lalu.

"Walaupun BA.4 dan BA.5 ini dilaporkan lebih ringan tingkat keparahannya, tetapi kita tetap wasapada, apalagi terhadap orang-orang yang berisiko tinggi [terpapar]," paparnya.

Sejumlah laporan menyebutkan, Jumat 10 Juni 2022, di Indonesia, ada satu kasus yang teridentifikasi subvarian BA.4 dan tiga kasus subvarian BA.5.

Kedua varian ini disebutkan memiliki tingkat transmisibilitas atau penyebaran lebih cepat ketimbang subvarian Omicron lainnya.

Namun demikian, varian ini tidak memiliki indikasi menimbulkan kesakitan lebih parah ketimbang varian Omicron lainnya.

"Masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi dengan pelonggaran yang ada.

"Namun diharapkan segera melakukan booster untuk meningkatkan kembali imunitas kita," kata Syahril, Jumat.

Vaksinasi yang dipercepat sebelumnya sudah sering disuarakan para ahli penyakit menular.

Tren kenaikan kasus dan 'alarm agar lebih waspada'

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Profesor Tjandra Yoga, membenarkan kasus kenaikan penularan Covid-19 belakangan ini masih di bawah indikator Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun menurutnya, pemerintah "harus lebih waspada" dengan apa yang disebutnya sebagai "tren kenaikan kasus ini".

"Kita harus lihat ini ada tren. Di dalam ilmu kesehatan masyarakat, yang kita lihat bukan hanya kasus mutlak, tapi juga ada tren kenaikan," kata Tjandra, Senin (13/06).

Semula kenaikan itu sekitar 100 kasus per hari, kemudian naik 200-an, 300-an, hingga 500-an kasus. "Jelas ada tren," katanya.

Demikian pula, positivity rate yang semula di bawah 1%, kemudian naik menjadi 1% dan saat ini "satu koma sekian".

"Memang masih di bawah 5%, tetapi ada tren kenaikan. Jadi kenaikan tren ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

"Saya setuju agar kita tidak panik, karena situasi masih terkendali sampai saat ini, tapi ada tren kenaikan dan itu bisa menjadi 'alarm' agar kita lebih waspada ke depan," ujar Tjandra.

Apakah kebijakan pelonggaran penanganan Covid-19 perlu direvisi?

Menanggapi penilaian sebagian ahli penyakit menular yang mengkritisi kebijakan pelonggaran pengenaan masker, Kemenkes menyatakan "kebijakan pelonggaran didasarkan penanganan kasus Covid-19 sudah terkendali."

"Sudah jelas apa yang disampaikan Presiden dengan pelonggaran, karena data kita menunjukkan ada kestabilan atau terkendali, tapi tetap ada pembatasan dengan kehati-hatian," kata juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Senin (13/06)

"Ini bentuk dari kebijakan, kearifan seorang pemimpin atau kita semua bahwa kita tidak gegabah, tidak juga panik," tambahnya.

Ahli penyakit menular, Tjandra Yoga, mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 belakangan ini tidak serta-merta dengan melakukan pengetatan.

Dia meminta agar pemerintah meneliti faktor penyebab pasti kenaikan kasus penularan ini dan "apakah bisa dikendalikan situasi yang ada sekarang". 

Kesimpulan penelitian ini dapat dijadikan bahan untuk merevisi atau mempertahankan kebijakan pelonggaran yang ditempuh pemerintah.

"Sesudah kita mengetahui secara persis apa penyebab kenaikan ini, baru dilakukan review apakah kebijakan yang ada tetap diberlakukan atau perlu diperketat atau diperlonggar," jelasnya.

Hanya saja, Tjandra mengingatkan, masyarakat "agak kebablasan" dalam menerjemahkan kebijakan pelonggaran yang dilakukan pemerintah.

"Dalam ruangan tidak mengenakan masker, di luar banyak sekali yang tidak bermasker," ujar Tjandra. Dia kemudian meminta masyarakat untuk menahan diri.

Bagi ahli penyakit menular dari Universitas Udayana, Bali, Pande Januraga, pelonggaran pembatasan terkait Covid-19 membuat masyarakat "seperti euforia".

"Masyarakat cenderung abai bahkan untuk kondisi yang seharusnya masih dipandang beresiko tinggi, misalnya pengenaan di dalam ruangan, banyak yang sudah mulai mengabaikan resiko itu," kata Pande.

Di sinilah, Pande meminta agar pemerintah meningkatkan kampanye kepada masyarakat untuk mengenali resiko "kapan mereka bisa rileks dan kapan mereka lebih ketat". (*)

Tags : Virus Corona, Indonesia, Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia, Vaksinasi Boster Digalakkan, Sorotan,