News   2022/06/08 15:43 WIB

Kasus Covid-19 di Riau Masih Nihil, 'Ruang Pinere Jadi di Alihfungsikan' 

Kasus Covid-19 di Riau Masih Nihil, 'Ruang Pinere Jadi di Alihfungsikan' 

PEKANBARU - Kasus Covid-19 masih nihildi Riau, Pemprov Riau berencana mengalihkan penggunaan ruangan isolasi atau Pinere di seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 untuk keperluan medis lainnya.

 'Ruang Pinere di alihfungsikan karena karena Kasus Covid-19 terus melandai."

"Jadi memang untuk masalah ruang pinere di rumah sakit itu berbeda. Kapasitasnya juga berbeda tiap rumah sakit," kata Jubir Penanganan Covid-19 Riau, dr H Surya Hajar Fitria Dana SpP (K) FISR FICCP padamedia, Senin (6/6).

"Jadi tergantung kebijakan rumah sakit masing-masing, kalau pasiennya sudah tidak ada, jadi dialihfungsikan untuk pasien umum di luar pasien covid-19," sebutnya.

Seperti di Rumah Sakit Unri, Fitria menuturkan, saat ini ruangan pinere sebagian dialihfungsikan untuk pasien umum, namun tetap dengan menyisakan beberapa ruang cadangan untuk Covid-19.

"Misalnya 5 tempat tidur dicadangkan untuk pasien covid-19. Karena kalau tetap untuk pinere, kan mubazir juga tidak bisa digunakan untuk yang lain," tuturnya.

Masih kata Fitria, rata-rata rumah sakit rujukan covid-19 di Riau mengambil langkah serupa untuk dilakukan pengalihfungsi ruangan tersebut.

"Tetap kita laporkan juga penambahanan dan pengurangan tersebut. Kita berharap agar kasus Covid-19 bisa terus melandai dan bahkan hilang," pungkasnya.(*)

Sementara Kepala DinasKesehatan (Kadiskes) Riau Zainal Arifin melalui Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Rozita menginformasikan terdapat penambahan 2 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau hingga Senin 6Juni 2022.

"Rincian penambahan pasien terkonfirmasi Covid-19 hari ini berjumlah 2 orang, keduanya merupakan warga Kota Pekanbaru," ujar Rozita dalam keterangan tertulis.

Selain itu, lanjut Rozita, hari ini tidak ada penambahan kasus pasien meninggal dunia akibat covid-19 dan juga tidak ada penambahan pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh.

"Dengan begitu maka total terkonfirmasi 150.465 kasus. Rinciannya isolasi mandiri 4 orang, tidak terdapat pasien yang dirawat di rumah sakit, sembuh 146.023 orang dan meninggal 4.438 orang," jelasnya.

Walaupun kasus penyebaran Covid-19 saat ini cenderung menurun, Rozita tetap mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan menjaga pola hidup sehat.

"Makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan istirahat yang cukup, konsumsi vitamin, segera lakukan vaksinasi, bila merasakan gejala segera periksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat," tutupnya. (*)

Tags : Kasus Covid-19 di Riau, Covid-19 Masih Nihil, Ruang Pinere di Alihfungsikan, News ,