Headline Agama   2022/06/08 16:1 WIB

Pemprov Siapkan Fasilitas Jemaah Calon Haji, 'Menjelang Keberangkatan ke Arab Saudi'

Pemprov Siapkan Fasilitas Jemaah Calon Haji, 'Menjelang Keberangkatan ke Arab Saudi'

Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan fasilitas Jemaah Calon Haji (JCH) untuk menjelang keberangkatan ke Arab Saudi.

rrPEKANBARU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) provinsi Riau, bersama Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan persiapan untuk keberangkatan jamaah calon haji (JCH) asal daerah setempat.

"Pemprov Riau siapkan fasilitas Jemaah Calon Haji menjelang keberangkatan ke Arab Saudi."

"Pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan aturan keberangkatan haji. Setelah itu, JCH Riau diterbangkan ke Batam untuk transit pesawat. Kemudian, diberangkatkan menuju Arab Saudi," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Riau Mahyudin, Minggu (5/6).

Sebelum diberangkatkan menuju Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Batam, seluruh JCH asal Riau, pada tanggal 17 Juni 2022 akan diinapkan terlebih dahulu di asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau di Kota Pekanbaru.

Kemudian, pada tanggal 18 Juni 2022 untuk kloter pertama JCH Riau atau kloter 4 BTH akan diterbangkan menuju Embarkasi Haji Batam (BTH). Lalu, setelah transit di BTH akan diberangkatkan menuju Arab Saudi.

Dia menjelaskan, ketika JCH Riau berada asrama EHA, seluruh kelengkapan JCH akan diperiksa oleh Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH).

Kanwil Kemenag Riau bersama Pemprov Riau telah melakukan rapat persiapan keberangkatan JCH asal Riau.

Rapat juga melibatkan PPIH Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau Tahun 1443 H/2022 M. PPIH ini dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Riau Nomor: Kpts.864/V/2022 tanggal 17 Mei 2022.

“Rapat PPIH ini dilaksanakan dalam rangka mensinkronkan tugas dan tanggung jawab panitia Embarkasi Haji Antara, untuk berkomitmen memberikan peningkatan pelayanan kepada JCH Riau,” ujar Mahyudin.

Mahyudin berharap, struktur dan bidang-bidang PPIH yang sudah ditetapkan berdasarkan keputusan Gubernur Riau tersebut dapat berjalan sesuai dengan tugas pokok masing-masing panitia.

"Sehingga pelayanan terhadap JCH bisa maksimal. Mulai dari masuk asrama sampai mereka berangkat ke Saudi dan kembali ke Tanah Air,” ungkap Mahyudin.*

Asrama Haji Riau disiapkan

Embarkasi haji antara (EHA) Riau yang berada di Jalan Mekar Sari, Kota Pekanbaru sudah dibenahi untuk menampung para jamaah calon haji (JCH) yang akan berangkat haji.

Di dalam kamar, seluruh fasilitas sudah disiapkan. Mulai dari lemari, tempat tidur dan pendingin ruangan sudah terpasang rapi untuk para JCH dari daerah sebelum berangkat ke embarkasi Batam.

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy menuturkan, seluruh fasilitas pendukung sudah dilengkapi dan sudah siap untuk di tempati JCH Riau sebelum diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam.

"Sudah siap semua, fasilitas pendukung sudah kita siapkan, karena tahun 2019 lalu kan kita sudah menggunakan asrama haji itu untuk keberangkatan jemaah haji," kata Masrul.

Masrul menuturkan, sehari sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam, seluruh JCH Riau wajib masuk asrama untuk menjalani sejumlah pemeriksaan, baik berkas maupun kesehatan.

"Nanti dilakukan pemeriksaan kelengkapan, dokumen, pemakaian gelang, pemeriksaan kesehatan termasuk proses keimigrasian juga akan dilakukan di asrama haji Riau," tuturnya.

Setelah semua lengkap, keesokan harinya, JCH Riau diberangkatkan dari Asrama Haji Riau menuju ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menggunakan bus. Setelah itu diterbangkan ke Batam.

"Setelah sampai di Bandara Hang Nadim Batam, mereka tidak menginap lagi, tidak ada pemeriksaan lagi, hanya singgah sebentar, transit saja dan langsung diterbangkan ke Arab Saudi," urainya.

Pemberangkatan JCH Riau terbagi dalam 7 kloter. Dengan rincian 5 kloter penuh dan 2 kloter gabungan. ‎Sesuai jadwal kloter pertama JCH Riau atau kloter 4 Embarkasi Batam (BTH) akan berangkat ke Tanah Suci pada 18 Juni 2022 sekitar pukul 12.45 Wib dari Bandara Hang Nadim Batam ke Madinah. (*)

Tags : JemaahCalon Haji, Pemprov Riau Siapkan Fasilitas JCH, JCH Berangkat ke Arab Saudi, Agama,