Headline Riau   2021/07/05 17:13 WIB

Kasus Covid-19 Riau Turun, Tapi 'Varian Delta Mulai Menyerang'

Kasus Covid-19 Riau Turun, Tapi 'Varian Delta Mulai Menyerang'

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau mengalami penurunan selama bulan Juni jika dibandingkan bulan Mei lalu, masyarakat diminta waspadai varian delta.

PEKANBARU - Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Provinsi Riau, Indra Yovi mengakui kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau mengalami penurunan selama bulan Juni lalu jika dibandingkan bulan Mei, namun masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan varian delta Covid-19 telah masuk ke Provinsi Riau.

Dilihat dari peningkatan kasus di Provinsi Riau yang perlahan tapi pasti terjadi dalam beberapa hari terakhir. "Hal ini juga menjadi suatu catatan buat kita semua, kondisi yang terjadi di Indonesia secara umum sebenarnya juga terjadi di Provinsi Riau secara khususnya," kata Indra Yovi pada pers, Senin (5/7).

Menurutnya, hasil dari mutasi Covid-19 dengan pemeriksaan Whole Genome Sequencing belum terbukti ada kasus delta di Riau, Indra melihat ada kecenderungan mutasi tersebut telah berkembang di tengah masyarakat. "Tetapi melihat dari kecenderungan peningkatan dan penyebaran yang luar biasa, kemungkinan besar mutasi itu sudah ada di kita tapi belum bisa kita periksa satu per satu karena memang kita tidak punya alat untuk pemeriksaan tersebut," ujarnya.

Whole Genome Sequencing merupakan upaya untuk mengetahui penyebaran mutasi virus Covid-19 dengan melakukan proses pengurutan sekuens DNA. Proses Whole Genome Sequencing sendiri dilakukan menggunakan komputasi dan algoritme kompleks yang disebut bioinformatika.

Kasus covid-19 turun 

Sementara data terbaru Dinas Kesehatan (Diskes) Riau yang dirilis Minggu 4 Juli 2021, pada Mei total kasus terkonfirmasi sebanyak 15.791 dan turun di Juni dengan 10.446 kasus. Menurut data Diskes Riau, pada bulan Maret total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau berada di angka 3.355 dan melejit naik ke angka 9.511 di bulan April, dan menembus 15.791 kasus di bulan Mei.
Turunnya angka tersebut bisa dikatakan sebagai keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau setelah sebelumnya ditegur langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena kenaikan ekstrem kasus Covid-19 pada April dan Mei. Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau mengalami penurunan selama bulan Juni lalu jika dibandingkan bulan Mei. 

Gubernur Riau (Gubri) mengaku bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengapresiasi Provinsi Riau karena berhasil menurunkan angka terkonfirmasi positif Covid-19. "Alhamdulillah, tadi Bapak Presiden menyampaikan terima kasih kepada Riau, bagus di Riau, rakyat Riau bagus, masyarakatnya patuh terhadap protokol kesehatan," kata Gubri menirukan ucapan Jokowi pada Kamis (1/7) kemarin.

Pada bulan Juli yang baru memasuki hari kelima, Riau mengalami penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 1.835. Total tersebut didapat dari tanggal 1 Juli dengan 416 kasus baru, 509 kasus di 2 Juli, 447 kasus di 3 Juli dan 463 kasus terkonfirmasi positif baru di tanggal 4 Juli 2021. (*)

Tags : Kasus Covid-19 Riau Turun, Masyarakat Waspada Varian Delta, Covid-19 di Riau,