Indragiri Hulu   2021/07/05 16:33 WIB

Bupati dan Wakil Bupati Inhu Dilantik, Rezita Meylani Yopi: Akan Fokus Penanganan Covid-19

Bupati dan Wakil Bupati Inhu Dilantik, Rezita Meylani Yopi: Akan Fokus Penanganan Covid-19
Pasangan pemenang Pilkada Indragiri Hulu (Inhu), Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat dilantik Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Senin (5/7/2021)

INHU - Senin ini 5 Juli 2021 Pasangan pemenang Pilkada Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat telah sah dilantik Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di gedung di Balai Pelangi, komplek kediaman dinas Gubri. 

Ungkapan selamat dan harapan pun turut berdatangan dari tokoh politik, tokoh masyarakat hingga tokoh pemuda. Rezita-Junaidi Resmi Dilantik, masyarakat beri dukungan dan harapan. Bupati Rezita Meylani Yopi istri dari H Yopi Arianto SE mantan Bupati Inhu dua periode itu merupakan bupati perempuan pertama dan mencatat namanya dalam sejarah Kabupaten Inhu.

Banyak  dukungan dan harapan dari masyarakat terhadap bupati yang baru untuk pembangunan Inhu ke depannya. Samsudin Ketua DPRD Inhu juga menyampaikan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Menurutnya, ditangan bupati termuda di Indonesia itu diharapkan dapat membangun Inhu semakin maju dan cemerlang.

Menurutnya, selama ini hubungan komunikasi antara eksekutif dan legislatif di Kabupaten Inhu sudah baik. Namun, secara khusus ia berharap agar hubungan komunikasi itu semakin baik ke depannya. "Tentunya banyak tantangan yang akan dihadapi ke depan, namun apapun itu tantangannya akan bisa kita hadapi dan selesaikan apabila bersama-sama," ujar Samsudin kepada wartawan melalui selularnya.

Ketua LAM Inhu, Marwan MR mengungkapkan rasa optimisnya dengan dilantiknya Bupati muda di Kabupaten Inhu. "Ibu Rezita inikan pemimpin muda ini, yang artinya dia lebih energik. Dengan itu kita berharap dia lebih maksimal menjalankan roda pemerintahan," ujar Marwan.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE dan Wakil Bupati Inhu Drs H Junaidi Rachmat MSi berpose bersama dengan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi

Menurutnya, Rezita yang merupakan kaum perempuan tentunya memiliki sifat keibuan, sehingga diharapkan bisa lebih perhatian kepada masyarakat Inhu. Marwan menambahkan Rezita juga memiliki Wakil Bupati Inhu yang dilantik juga memiliki latar belakang sebagai birokrat senior. Tidak hanya para orangtua, kaum muda juga ikut menyampaikan harapan-harapannya.

Di sisi lain, tokoh pemuda yang juga meupakan Ketua KNPI Inhu, Daniel Eka Perdana berharap agar Bupati Inhu dan Wakil Bupati Inhu yang dilantik nantinya bisa menggalang kaum milenial.

Menurut Dhaniel, Rezita mewakili semangat kaum pemuda dan pemudi di Kabupaten Inhu. "Kalau soal semangat jangan meragukan anak-anak muda. Harapannya dengan semangat itu Ibu Rezita bisa mengatasi berbagai persoalan. Karena itu saya mewakili pemuda dan pemudi di Kabupaten Inhu ucapkan selamat untuk Ibu Rezita," pungkas Daniel.

Gubri lantik Bupati dan Wabup Inhu 

Sebelum pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan oleh Gubri, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus membacakan surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.14-1305 tahun 2021 yang menjadi dasar pelantikan tersebut. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Bupati Indragiri Hulu dan Wakil Bupati dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," ujar Rezita dan Junaidi serentak dalam pengambilan sumpah jabatan.

Setelah menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan, Gubri melantik secara resmi. "Pada hari ini, tanggal 5 Juli 2021, saya Gubernur Riau dengan resmi melantik saudari Rezita Meylani Yopi SE sebagai Bupati Indragiri Hulu dan Drs H Junaidi Rachmat MSi sebagai Wakil Bupati," kata Gubri Syamsuar.

Untuk diketahui, Rezita merupakan Bupati termuda yang pernah dilantik di Indonesia sebab saat ini ia baru berusia 27 tahun. Ia mengalahkan rekor sang suami, Yopi Arianto yang dulu juga pernah memegang rekor MURI sebagai Bupati termuda saat berusia 30 tahun.

Fokus penanganan covid-19

Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezyta Meylani mengatakan pihaknya bersama wakilnya, Junaedi Rachmat akan fokus melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19, serta pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi hampir 1,5 tahun ini. "Program jangka pendek di masa pandemi,  kami akan menangani dan mencegah dampak COVID-19. Insya Allah, kami juga akan bersinergi dengan TP PKK untuk pemulihan UMKM dan program padat karya lainnya," kata Rezyta di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Provinsi Riau.

Ia juga berharap semoga kedepannya koordinasi dan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Inhu dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berjalan lancar. "Semoga kami dapat bersenergi dengan Pemprov Riau dan masyarakat Inhu untuk bersama-sama membangun daerah yang kita cintai," harapnya.

Bupati Inhu terpilih, Rezyta Meylani dan Wabup Inhu Junaedi Rachmat dilantik berdasarkan SK Mendagri 131.14-14281 tahun 2021. Sementara itu, Rezyta Meylani saat ini berusia 27 tahun. Ia merupakan putri kelahiran Japura Indragiri Hulu, 7 Mei 1994. Rezyta juga merupakan istri dari Bupati Inhu Yopi Arianto yang sebelumnya juga merupakan bupati termuda dan menjabat dua periode. Saat periode pelantikan pertamanya, Yopi Arianto memecahkan rekor MURI sebagai Bupati termuda karena dilantik saat berusia 30 tahun. 

Bupati terkaya dan termuda 

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi juga memiliki fakta menarik yang merupakan Bupati termuda se-Indonesia dan juga yang paling kaya diantara seluruh pasangan pemenang Pilkada Riau tahun 2020. Rezita lahir pada tanggal 7 Mei tahun 1994, yang artinya ia baru saja memasuki usia 27 tahun. Sebelumnya, saat hasil dari pemilihan suara ulang (PSU) Pilkada Inhu yang telah rampung dilaksanakan pada Selasa (20/4/2021) lalu menyatakan dirinya sebagai pemenang, Rezita masih berusia 26 tahun.

Rezita Meylani Yopi bersama H Yopi Arianto (suami) mantan Bupati Inhu dua priode

Rekor sebagai Bupati termuda itu sebelumnya diraih oleh suami Rezita yang tak lain juga mantan Bupati Inhu, Yopi Arianto yang pernah memecahkan rekor MURI sebagai bupati termuda, dengan usia menjabat yakni 30 tahun pada 2010 silam. Dihimpun dari data milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rezita memiliki harta kekayaan sebesar Rp.43.706.278.342 atau hampir Rp44 miliar, dan pasangannya, Wakil Bupati terpilih Junaidi Rachmat hanya mengantongi harta Rp.2.055.697.200. Jumlah harta kekayaan itu membuat Rezita menjadi Bupati terpilih hasil Pilkada serentak Provinsi Riau yang paling 'berduit'. (*)

Tags : Bupati dan Wakil Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat, Gubri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Inhu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi Fokus Penanganan Covid-19,