Dumai   2021/10/06 16:41 WIB

Kasus Positif di Dumai Tidak Bertambah, Satgas: Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

Kasus Positif di Dumai Tidak Bertambah, Satgas: Masyarakat Tetap Disiplin Prokes
Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai, dr Syaipul

DUMAI - Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai, dr Syaipul mengatakan, update Covid-19 Kota Dumai pada Senin 4 Oktober 2021 tidak ada penambahan kasus positif Covid-19.

"Alhamdulillah tidak ada penambahan kasus positif Covid-19, sementara pasien sembuh tujuh orang," kata dr Syaipul yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Selasa (5/10).

Meskipun tidak ada penambahan kasus baru, Syaipul, mengajak masyarakat untuk tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sebab, virus Corona masih belum usai. "Prokes Covid-19 harus tetap diterapkan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ungkapnya.

Secara Akumulasi total kasus Covid-19 Kota Dumai, hingga senin mencapai 10.290 kasus, terdiri dari 55 orang dalam perawatan, 9.863 dinyatakan sembuh dan 253 orang meninggal Dunia. Ia mengingatkan dengan tidak adanya penambahan pada Senin, bukan berarti penyebaran Covid-19 di Kota Dumai terhenti, untuk itu semua pihak harus tetap menjalankan prokes Covid-19 ketat.

Keberhasilan pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dan menghentikan jumlah kematian akibat penyakit Covid-19 ini ada di tangan semua pihak, semua harus bergotong royong dan aktif dalam disiplin melaksanakan protokol kesehatan. 

dr Syaiful juga melaporkan, hingga Senin 4 Oktober 2021 jumlah masyarakat yang sudah divaksin sebanyak 231.664 orang. "Terdiri dari dosis pertama 135.796 orang, dosis ke dua 94.794 orang dan dosis ke tiga khusus Nakes 1.074 orang," kata Syaiful.

Pemerintah terus menggalakkan kegiatan vaksinasi massal untuk membentuk herd imunnity. "Masyarakat tidak perlu takut untuk mengikuti vaksinasi, dengan vaksin masyarakat turut serta dalam membantu pemerintah dalam rangka percepatan penanganan covid-19 di Dumai," ungkap Syaiful.

Meskipun sudah divaksin, masyarakat juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan ketat, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. "Alhamdulillah, dua pekan belakangan ini angka Covid-19 menunjukkan tren penurunan kasus. Bahkan pada Senin (4/10/2021) tidak ada penambahan kasus baru, pasien sembuh 7 orang," sebut Syaiful.

Secara akumulasi total kasus Covid-19 Kota Dumai hingga Senin mencapai 10.290 kasus, terdiri dari 55 orang dalam perawatan, 9.863 dinyatakan sembuh dan 253 orang meninggal dunia. Menurutnya, tingginya angka kesembuhan itu berkat gempuran vaksinasi untuk mencapai herd immunity sehingga masyarakat Dumai terlindungi dari virus Corona. (rp.ind/*)

Tags : Kasus Positif Tidak Bertambah, Dumai , Satgas Minta Disiplin Prokes,