Headline Korupsi   2023/07/16 14:38 WIB

Kejati Riau Didesak Tetapkan Tersangka Payung Elektronik di Masjid An-Nur, INPEST: 'karena Ada yang Tilap Uang Proyek' 

Kejati Riau Didesak Tetapkan Tersangka Payung Elektronik di Masjid An-Nur, INPEST: 'karena Ada yang Tilap Uang Proyek' 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Lembaga Independen Pembawa Suara Transparansi (INPEST) mendesak Kejaksaan Tinggi [Kejati] Riau untuk segera menetapkan tersangka proyek payung elektronik di Masjid An-Nur Pekanbaru.

"Karena ada unsur yang menilap [korupsi] uang proyek di Masjid An-Nur, kita dorong Kejati untuk segera memeriksa orang-orang yang terlibat," kata Ir. Ganda Mora M.Si, Ketua INPEST, Minggu (16/7) tadi ini.  

Menurutnya, penyidik tidak perlu lagi menunggu lama menetapkan tersangka atas kasus payung elektronik Masjid Agung AN Nur itu.

"Sesuai dengan audit BPK RI telah membuktikan adanya kekurangan volume dan tidak sesuai spesifikasi teknis sehingga sudah menyimpulkan adanya kerugian negara," katanya.

"Jadi peristiwa yang cukup memalukan ini yang terjadi tidak menduga duga lagi sudah ada audit final dari auditor negara dalam hal ini BPK-RI, jadi menunggu apalagi," tanya dia.

Jadi pihak KPA, PPTK, Kontraktor dan konsultan sudah layak dijadikan tersangka, "kami akan menyurati Aparat Penegak Hukum [APH] agar segera menjerat para pelaku korupsi tersebut dengan bahan LHP BPK RI atas proyek tersebut yang kami terima dari BPK RI," sebut Ganda dengan mimik serius.

Sebelumnya, telah mencuat nama putra Gubernur Riau Syamsuar, Andri disebut-sebut menerima suap terkait proyek pembangunan payung elektrik di Masjid Raya An-Nur Pekanbaru.

Informasinya, nama Andri kerap diisukan terlibat pada proyek payung elektrik. Hal itu yang disebut jadi penyebab proyek tak tuntas dan kerap bermasalah.

Terkait kabar tersebut, Gubernur Syamsuar merespon dengan santai. Ia mengaku telah meninjau langsung proyek yang kini sudah tuntas.

"Tinjauan terbaru sudah siap ya. Insyallah tanggal 20 kita akan merayakan peringatan hari 1 Muharram, itu kemarin meninjau dalam rangka untuk mempersiapkan peringatan 1 muharram di sana, kalau tidak salah itu Kamis malam," terang Syamsuar kepada wartawan di Balai Serindit setelah pertemuan bersama Komisi V DPR, Jumat (14/7/2023).

Dalam peringatan 1 Muharram, Syamsuar mengaku telah mengundang Ustaz Adi Hidayat. Nantinya, Ustaz Adi Hidayat akan mengisi acara dengan kondisi payung telah tuntas.

"Kita sudah undang ustaz dari Jakarta yaitu Ustaz Adi Hidayat," kata Syamsuar.

Khusus kabar putranya menerima suap, Syamsuar enggan meluruskan kabar yang beredar. Namun secara tegas, ia pastikan tidak ada terlibat, begitupun putranya.

"Ya itukan tidak mungkin saya meluruskan. Yang penting saya tak berbuat, anak saya tidak berbuat. Payung sudah siap, biarlah," kata Syamsuar.

Diketahui, renovasi dan pembuatan payung elektrik Masjid An-Nur Pekanbaru, Riau tak kunjung tuntas. Padahal, proyek itu sesuai kontrak harus selesai pada akhir Desember 2022 lalu.

Proyek senilai Rp 42 miliar itu bahkan telah menuai pro kontra masyarakat. Mulai dari perpanjangan kontrak berulang kali, tidak jadi digunakan solat Idul Fitri hingga solat Idul Adha.

Terakhir, proyek itu jadi tanda tanya karena dikerjakan diam-diam setelah kontraknya diputus pada 8 April lalu. Belakangan baru diketahui jika proyek dikerjakan kontraktor yakni PT Bersinar Jesstive Mandiri.

"Kemarin kami konsultasi ke LKPP terkait pekerjaan yang sudah diputuskan kontrak, bolehkan kontraktor bekerja. Kemarin kami sudah dapat jawaban 'diperbolehkan karena alasan kebutuhan dan kemanfaatan boleh'," kata Kepala Dinas PUPR Riau, Arief Setiawan akhir Mei lalu.

Setelah dapat persetujuan secara lisan dan tertulis, Arief langsung minta kontraktor melanjutkan proyek. Khususnya di bagian payung elektrik yang ditargetkan selesai dan bisa digunakan untuk solat Idul Adha.

"Jadi saya memerintahkan kontraktor melanjutkan tanpa dibayar. Posisinya tinggal stel-stel saja. Kan ada rencana cepat karena mau Idul Adha diusahakan (bisa digunakan). Namun kemarin sudah ditinjau terakhir payung ini masih perlu penyetelan di 2 patung, ya batallah untuk Idul Adha," kata Arief.

Mendekati waktu pelaksanaan, Arief pun minta Dinas PUPR ikut membersihkan. Namun lokasi yang rencana bisa dipakai solat Idul Adha batal karena tidak kunjung tuntas.

"Karena menghadapi Idul Adha PU hanya membantu bersihkan. Saya berusaha ini bisa diselesaikan, dipake, tapi karena kan teman-teman kerja siang malam, hujan ya belum bisa dipake," katanya.

Pengerjaan sendiri menurut Arief setelah seluruh bahan dan material sudah tiba di Pekanbaru. Khusus untuk payung saat ini butuh waktu karena harus disesuaikan di lapangan.

"Payung saja (dikerjakan), payung itu sudah ada material, tapi butuh waktu setel sana-sini biar rapi. Ya perlu waktu lama, kalau kejar untuk Idul Adha sudahlah saya sampaikan belum bisa dipake," katanya. (*)

Tags : proyek payung elektronik, kejati riau didesak tetapkan tersangka proyek payung elektronik, proyek payung elektronik di masjid an nur, pekanbaru, dana proyek payung elektronik ditilap ,