Headline Linkungan   2022/09/03 12:49 WIB

Kekejaman Sekaligus Keajaiban Industri Karet, 'Buat Penduduk Asli Diperbudak dan Dimusnahkan'

Kekejaman Sekaligus Keajaiban Industri Karet, 'Buat Penduduk Asli Diperbudak dan Dimusnahkan'
Kepala suku Calixto Kuiru menunjukkan bekas luka di batang pohon karet.

"Ketika sebuah pesawat lewat, nenek saya bakal ketakutan dan mengatakan, 'di mana kami harus bersembunyi. Lihat apakah ada lubang besar karena mereka, yang akan membakar kami, sudah datang"

ODILIA MAYORITOMA menceritakan sesuatu yang bisa dibilang keajaiban. Neneknya adalah salah satu dari sedikit orang yang berhasil selamat dari "holokos karet".

Itu adalah sebuah periode lebih dari 30 tahun, yang dimulai pada 1879. Pada saat itu, industri karet memperbudak penduduk asli Amazon, bahkan sampai memusnahkan mereka.

Jumlahnya tidak terlalu jelas. Beberapa pihak mengatakan ada 100.000 orang dan yang lainnya memperkirakan jumlahnya 50.000 pada waktu itu. Kenyataannya, saat ini, hanya ada kurang dari 4.000 orang yang bertahan.

Masa itu adalah masa kelam yang diabaikan oleh banyak orang. Kala itu, pohon, pengusaha, rumah, penculikan, ekspedisi dan perampokan, menentukan nasib Amazon Kolombia Peru dan rakyatnya.

Memahami sejarah dan mempelajari bagaimana penduduknya saat ini berhasil bertahan hidup cukup menarik.

Pohon

"Di seluruh area hutan ini, tidak ada satu batang pohon pun yang sehat. Mereka dipenuhi mata pohon. Jika Anda pergi sejauh dua, tiga, atau empat kilometer, Anda akan melihatnya," kata kepala suku Calixto Kuiru seperti dirilis BBC melakukan perjalanan ke La Chorrera, Kolombia melalui hutan di dekat rumahnya atau Maloca, di desa Puerto Milan.

Pohon yang dimaksud mengacu pada pohon karet yang telah tumbuh liar, selama berabad-abad, di Amazon.

Pohon-pohon itu juga dikenal sebagai "pohon menangis", karena ketika batangnya dipotong segaris lurus, pohon itu mengeluarkan tetesan cairan berwarna putih susu.

Masyarakat adat adalah yang pertama menemukan cairan ini dan menggunakannya untuk membuat benda-benda berbentuk bola dan batang.

Namun, mereka punya masalah. Bahannya sangat mudah menguap. Ketika panas, meleleh dan ketika dingin, akan mengeras.

Masalah itu baru bisa dipecahkan pada 1839, ketika di AS ditemukan vulkanisasi, yaitu proses kimia yang memungkinkan karet diubah menjadi bahan yang tahan terhadap kondisi lingkungan.

Beberapa dekade kemudian, ban muncul, bersama dengan sepeda dan mobil. Inilah asal mula 'cairan seperti susu' itu menjadi harta karun ekonomi pada akhir abad ke-19.

Itu juga sebabnya batang-batang pohon yang saya temui dipenuhi bekas luka, di tengah eksploitasi yang berlebihan.
Pengusaha

Julio César Arana, seorang pengusaha dan politisi Peru, mengambil alih bisnis ekspor karet dari Amazon dan membangun semacam monopoli di jantung hutan, berupa pabrik distribusi besar.

Karet yang dikumpulkan dari pohon diangkut melalui sungai menuju pelabuhan-pelabuhan Amazon, Iquitos di Peru dan Manaus di Brasil, untuk kemudian dikirim ke Eropa.

Arana mengalami pencapaian tertingginya karena tiga alasan. Yang pertama adalah mengambil alih Putumayo, bagian dari Amazon yang terletak di antara Kolombia dan Peru, yang pada waktu itu tidak secara resmi menjadi milik kedua negara.

Kedua, dia mendapat modal dari Inggris untuk membiayai operasinya. Di Inggris, mereka tidak hanya memberinya uang, tetapi mereka juga menyumbangkan tenaga dari koloni mereka, dengan mengirimkan pekerja dari Barbados untuk menjadi mandor.

Yang ketiga, dan paling mengerika, adalah dia mendirikan rezim teror untuk menaklukkan orang-orang Indian dan memaksa mereka menjadi budaknya.

Bisnis Arana sepenuhnya bergantung pada pekerjaan orang-orang Indian karena pohon karet tersebar di seluruh hutan dan hanya merekalah yang dapat melintasinya tanpa tersesat dan tanpa mati akibat kondisi iklim atau bahaya yang ditimbulkan oleh beberapa tanaman dan hewan.

Rumah

Rumah Arana adalah salah satu pusat pengumpulan karet utama yang terletak di tepi Sungai Igará Paraná di La Chorrera.

"Itu adalah alun-alun, tempat penduduk asli dari berbagai bagian hutan berkumpul saat hari penimbangan kargo dan hari pengiriman," kata Edwin Teteye, seorang penduduk asli Bora. Dia menemani saya mengunjungi tempat itu.

Di alun-alun yang sama, kata Edwin, peristiwa mengerikan terjadi. "Ketika orang-orang Indian tidak memenuhi jumlah karet yang dibutuhkan, mereka akan dicambuk. Yang lain dicambuk, digantung, untuk diberikan pelajaran."

Itu adalah rezim yang berhasil berkat praktik "utang", dan bahwa industri karet didirikan untuk pertama kalinya di Amazon.

Itu semacam pertukaran, di mana mereka berkata kepada penduduk asli: 'Saya memberi Anda parang dan Anda membawakan saya tiga kilogram karet'.

Teknik itu berhasil karena alat seperti parang sangat berharga di daerah tersebut.

"Masyarakat adat tidak memiliki akses untuk mendapatkan parang dan ketika mereka mendapatkannya, barang itu sangat berguna untuk tanaman mereka di ladang dan untuk kehidupan sehari-hari mereka di hutan," kata Camilo Gómez, yang memiliki gelar doktor dalam Antropologi dari Universitas McGill.

Masalahnya, yang menentukan harga utang itu adalah mandornya sendiri.

"Mereka menaikkan harga sedemikian rupa sehingga bisa memakan waktu bertahun-tahun bagi penduduk asli untuk membayar satu golok atau bahkan dia bisa mewarisi hutang ke putranya," tambah dia.

Penculikan dan Ekspedisi

Pada 1907, Walter Hardenburg, seorang insinyur Amerika Serikat yang bekerja di konstruksi kereta api, tiba di Putumayo.

Arana dan orang-orangnya memutuskan untuk menculiknya karena mereka takut Hardenburg adalah seorang penyusup.

Mereka salah, tetapi mereka tetap tidak bisa menghentikan Hardenburg untuk menjadi saksi pertama yang mendokumentasikan kekejaman berlebihan yang terjadi di sana, karena ketika dia berhasil keluar, dia memutuskan untuk menceritakan semuanya.

Hardenburg menerbitkan beberapa artikel di majalah London yang diberi nama Truth dan pada 1912 menerbitkan buku berjudul The Devil's Paradise.

Peringatan: cerita ini eksplisit dan mengerikan:

"Masyarakat adat Putumayo yang damai dipaksa bekerja siang dan malam di ekstraksi karet, tanpa imbalan sedikit pun, kecuali untuk makanan yang diperlukan untuk tetap hidup.

Hasil panen mereka dirampas. Istri dan anak-anak mereka dilucuti untuk memuaskan kerakusan, nafsu, dan keserakahan perusahaan ini dan para karyawannya, yang hidup dari makanan dan memperkosa perempuan yang mereka rampas dari masyarakat adat.

Mereka dicambuk secara tidak manusiawi, sampai tulang mereka terbuka dan luka besar di daging memenuhi tubuh mereka. Mereka tidak diberi pengobatan, tetapi dibiarkan mati, dimakan cacing, saat dijadikan makanan anjing milik bos besar.

Mereka dikebiri dan dimutilasi. Telinga, jari, lengan, dan kaki mereka dipotong. Mereka disiksa menggunakan api dan air, dan diikat, disalibkan, dengan kepala tertunduk."

Skandal tersebut memaksa pemerintah Inggris untuk mengambil tindakan atas masalah tersebut.

Mereka memutuskan untuk mengirim diplomat Roger Casement ke Amazon. Pada 1910 ia melakukan perjalanan dengan sekelompok orang dalam sebuah ekspedisi yang berlangsung selama tiga bulan.

Sekembalinya, Casement menyampaikan laporan yang membenarkan tuduhan Hardenburg:

"Beratnya bukti yang kami kumpulkan dari stasiun ke stasiun, dan kondisi penduduk asli, ketika kami memiliki kesempatan untuk mengamatinya, tidak diragukan lagi bahwa tuduhan terburuk terhadap agen perusahaan itu benar."

Hal yang paling keterlaluan adalah bahwa apa yang terjadi di Amazon bukanlah hal baru.

"Itu sudah terjadi di beberapa tempat, misalnya di Afrika, di Kongo. Jadi, melihat itu masih terjadi, itu membuat orang-orang marah," kata Gómez kepada saya.

Namun, itu tidak cukup. Situasi tidak berubah.

Perang di Balkan dimulai pada 1912, kemudian semua perhatian orang Inggris dan dunia beralih ke sana. Kemudian, Perang Dunia Pertama dimulai. Pada akhirnya, kemarahan di Inggris dan London itu sia-sia karena karet terus diekstraksi dari Putumayo," tambahnya.
Pencurian

Hampir bersamaan dengan apa yang terjadi pada Casement, orang Inggris lain, tanpa sengaja, akan menentukan dalam cerita ini.

Namanya Henry Wickhman. Dia melakukan perjalanan ke Amerika Latin untuk mencari keberuntungan. Tanpa uang dan takut kehilangan apa pun, dia memberanikan diri menanam karet, tetapi kondisi hutan menghalanginya dan dia tidak bisa menghuninya.

Kemudian, dia memutuskan untuk mengekspor benih.

Wikman mencuri 70.000 biji karet dari Amazon dan berhasil membawanya ke Inggris, yang mengarah ke salah satu kasus pertama yang dikenal sebagai biopiracy.

Meskipun butuh bertahun-tahun bagi mereka untuk mendapatkan pohon yang menghasilkan karet, pada 1930 koloni Asia telah menjadi produsen terbesar "pohon menangis" itu.

Mengangkut karet ke Eropa tidak lagi menguntungkan.

Namun, meskipun Julio César Arana tidak dapat lagi bersaing harga, dia dan rakyatnya merasa bahwa mereka memiliki tanah dan bisa memindahkan banyak penduduk asli yang tersisa di La Chorrera ke Peru.

Nenek Profesor Odilia merupakan salah satu penduduk yang tersisa itu. "Nenek saya mengatakan kepada saya bahwa mereka membawa gadis kecilnya ke Peru dan bahwa mereka tinggal di tengah-tengah pohon kapas. Mereka juga harus bekerja di ladang untuk pemilik tanach dan ada banyak babi dan ayam."

Sementara itu, Arana dan orang-orangnya mengambil keputusan untuk mengakhiri semua yang mereka bisa di Kolombia.

"Mereka memerintahkan untuk memetik semua benih dan semua buah di wilayah ini, untuk apa? Mereka berkata, 'Katanya, mereka tidak ingin kembali.' Artinya, mereka jahat karena mereka ingin meninggalkan kami tanpa apa-apa dan membuat wilayah itu tidak bisa ditinggali karena itu adalah pertanian mereka, "kata pemimpin Fany Kuiru.

"Saya tidak ada di sana pada waktu itu, tetapi ada kakek-nenek dan nenek saya," tuturnya.

Nenek moyang Fanny, dan mereka yang kini mendiami La Chorrera, juga menjalani satu-satunya perang yang pernah dialami Kolombia dengan negara lain.

Itu adalah konflik yang berlangsung selama satu tahun. Peru dan Kolombia memperdebatkan kedaulatan Putumayo yang berakhir dengan penetapan perbatasan yang kita kenal sekarang.

Mereka yang selamat

Paradoksnya, perang juga merupakan peluang pelarian bagi Suku Indian yang diperbudak di Peru. Ketika pelanggan mereka terganggu oleh konflik, mereka memiliki kesempatan untuk merencanakan pelarian diri.

"Nenek saya berusia 7 tahun dan melarikan diri di antara orang-orang yang bukan dari keluarga dekatnya. Mereka berjalan dalam waktu yang lama, mereka menyeberangi Putumayo. Banyak yang meninggal dalam perjalanan karena gigitan ular atau malaria," kata Profesor Odilia kepada saya.

Ketika perang berakhir, beberapa orang Pribumi berhasil kembali ke wilayah mereka dan yang lainnya tetap tinggal di Peru.

"Maksud saya, keluarga kami juga di Peru. Mereka yang berhasil kembali ke wilayah itu mulai membangun rumahnya kembali," kata Fanny.

Namun, itu adalah rekonstruksi yang membawa masa lalu yang kelam.

"Proses etnosida, yang kami sebut, adalah proses yang sangat kuat. Nenek moyang kami juga menangani banyak energi, banyak pengelolaan alam, jadi semua energi itu juga terkonsentrasi di tempat ini. Dan itu bisa dikatakan bisa dijadikan acuan, sebagai tempat yang hampir terkutuk karena banyak rasa sakitnya, banyak imajiner negatifnya," jelas Edwin kepada saya.

Itu adalah periode yang menyakitkan, sehingga untuk waktu yang lama masyarakat adat memilih untuk diam.

"Nenek saya dulu bilang 'cerita itu sangat sedih dan bagus untuk tidak diingat karena mengingatnya saja sudah membuat tidak tahan,'" kata Odilia.

Dan Edwin menjelaskan kepada saya bahwa "banyak orang tua pada suatu waktu berkata, 'lebih baik tidak membuka memori, yang sudah terkubur, yang tenang'".

Namun, generasi baru, seperti generasinya, mulai bekerja untuk memulihkan ingatan itu.

"Pada prosesnya kami ingin, sekali lagi, kaum muda menyadari sejarah kami, bahwa Kolombia menyadari sejarah, bahwa dunia menyadari apa yang telah terjadi di kawasan ini, itulah sebabnya beberapa tindakan telah dilakukan untuk memperlihatkannya. Juga di hadapan pemerintah Kolombia, diminta agar rumah ini didirikan sebagai aset budaya Bangsa."

Butuh waktu bertahun-tahun bagi penduduk asli untuk memulihkan wilayah mereka secara legal.

Ketika perang berakhir, Julio Cesar Arana menjual tanah itu kepada pemerintah Kolombia seharga US$200.000 pada saat itu.

Dan pemerintah Kolombia memutuskan untuk memberikan pengelolaan tanah tersebut kepada lembaga keuangan.

Fanny hadir "pada 1985, suatu hari Caja Agraria tiba dengan pesawat ke La Chorrera dan kemudian beberapa insinyur, arsitek, dan direktur proyek datang untuk mengatakan bahwa ini adalah milik mereka dan mereka datang untuk membangun pusat penelitian di reruntuhan rumah Arana".

Penduduk Amazon menentangnya. Mereka takut budaya mereka akan kembali terancam dan menjalani proses yang panjang.

"Itu berlangsung sekitar lima tahun sampai kami akhirnya berhasil mendapatkan persetujuan Presiden Virgilio Barco, pada 1988, untuk memberikan hak atas tanah-tanah ini sebagai cagar adat bagi masyarakat yang tinggal di sini. Kami memulihkan wilayah kami," Fanny menjelaskan kepada saya.

Saat ini

Saat ini cagar alam Predio Putumayo memiliki lahan seluas hampir 6 juta hektar yang terletak di jantung Amazon, Kolombia.

"Ada beberapa suku, tetapi terutama ada bangsa Uitoto, Bora, Muinane, dan Okaina, meskipun yang terakhir kehilangan bahasa mereka sepenuhnya karena orang terakhir yang bisa berbicara bahasa itu meninggal dunia," ujar Gómez.

Dan jika semua orang yang saya temui di La Chorrera menyetujui sesuatu, itu berarti kota-kota ini dicirikan oleh kekuatan transformasi mereka. Uitoto, Okaina, Muinane, dan Bora bersatu untuk melawan, mengubah, dan membangun kembali wilayah mereka.

Simbol dari tempat ini adalah Rumah Arana. Kini, rumah itu masih ada di sana, di tepi Sungai Igara Paraná. Meskipun sebagian struktur asli rumah itu masih dipertahankan, itu untuk tujuan lain.

Rumah Arana disebut Rumah Pengetahuan dan diubah menjadi sekolah menengah yang melayani 840 pemuda adat dari seluruh wilayah Putumayo. Rumah ini juga menawarkan konsep asrama bagi mereka yang tinggal di komunitas yang jauh dari pusat penduduk.

Anak-anak muda ini mendapatkan pendidikan yang berusaha mempertahankan tradisi asli sambil belajar tentang budaya Barat. Di sekolah, misalnya, mereka tidak hanya menyediakan kelas berbahasa Uitoto dan Bora, tetapi juga bahasa Inggris dan Portugis.

Profesor Odilia adalah salah satu yang bertanggung jawab untuk mengajar bahasa asli dan membuat drama dengan murid-muridnya tentang kisah bertahan hidup nenek moyang mereka.

"Di sekolah, kami telah berusaha untuk menjaga sejarah tetap hidup. Pertama, untuk mengenali siapa kami, untuk mempertahankan identitas kami, untuk mengetahui dari mana kami berasal, dan ke mana kami akan pergi, kemudian dengan tujuan-tujuan itulah kami bekerja sama dengan siswa.

"Kami mencoba mewariskan kepada mereka apa yang kami ketahui dari nenek moyang kami."

Bahkan, setiap kali siswa Rumah Pengetahuan melintasi sekolah dari satu ujung ke ujung lainnya, mereka harus lewat di depan sebuah mural besar yang dilukis oleh seniman Uitoto, Rember Yaguarcan.

"Mural ini berjudul Tangisan anak-anak tembakau, kokain, dan yucca manis. Ini dibuat dalam tiga fase, pertama [kiri] adalah waktu awal, malocas, dan alam. Kemudian kami memiliki masa-masa sedih [tengah], masa genosida karet dimana semua situasi yang dialami tercermin di sana, dan yang ketiga [kanan] adalah proyeksi masa depan, perjuangan kelompok kami", jelas Teteye.

Karya seni ini mengingatkan generais termuda bahwa kota mereka masih hidup berkat fakta bahwa seabad yang lalu, nenek moyang mereka melawan dan selamat dari "holokos karet" yang menyakitkan. (*)

Tags : Kekejaman Industri Karet, Penduduk Asli Diperbudak dan Dimusnahkan, Keajaiban Penduduk Asli, Lingkungan ,