Nasional   2023/04/12 23:36 WIB

Kemenag Gelar Semarak Ramadhan Mulai Bazar Hingga Mudik Gratis

Kemenag Gelar Semarak Ramadhan Mulai Bazar Hingga Mudik Gratis

JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Semarak Ramadhan yang di dalamnya berisi berbagai macam kegiatan mulai dari bazar makanan, santunan anak yatim, hingga mudik gratis.

"Yang pertama tentunya kita senang Kementerian Agama bisa berbagi dengan anak yatim dan fakir miskin sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

 Menag mengatakan pada Ramadhan tahun ini, gelaran bazar mengundang partisipasi UMKM yang produk-produknya sudah memiliki sertifikat halal Indonesia. Bazar berlangsung 12 hingga 13 April 2023.

Dalam konteks yang lebih kuat, kata dia, bazar murah Ramadhan dapat dilihat dari wujud konsep keadilan sosial dalam Islam. Konsep ini menekankan pentingnya memperhatikan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, termasuk masyarakat kurang mampu.

Sementara untuk santunan bagi anak yatim merupakan kerja kolaborasi dengan DWP Kementerian Agama. Sebagai simbolisasi, Kemenag memberikan bantuan kepada 100 anak yatim.

"Kemudian pembagian sembako. Hingga saat ini sudah ada 1.065 paket sembako dari Baznas, Bank Mandiri, BRI, BSI, dan DWP Kemenag, dan akan terus bertambah. Paket sembako ini akan didistribusikan kepada satpam, cleaning service, serta kalangan tidak mampu di sejumlah wilayah," katanya.

Kemenag juga akan menggelar mudik gratis bekerja sama dengan ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah serta perbankan.

Sebanyak 23 bus disiapkan dalam program mudik ini yang rencananya akan dilaksanakan pada 18 April 2023. Program mudik ini untuk mengantarkan masyarakat ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Yang baru tercatat 23 bus, Insya Allah akan terus bertambah," katanya. (*) 

Tags : kemenag, bazar, umkm, mudik gratis, lebaran idul fitri, kemenag yaqut cholil qaumas,