Pekanbaru   2022/07/08 11:58 WIB

Kemenag Pekanbaru Himbau Warga Tidak Lakukan Takbir Keliling di Idul Adha

Kemenag Pekanbaru Himbau Warga Tidak Lakukan Takbir Keliling di Idul Adha

PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meniadakan takbir keliling, melalui Kementeria Agama (Kemenag) Pekanbaru juga telah menghimbau masyarakat tidak melakukan takbir keliling di Idul Adha 1443 Hijriyah.

"Masyarakat Kota Bertuah juga diimbau tidak menggelar takbir keliling termasuk pawai obor."

"Maka untuk itu kepada seluruh umat muslim di Pekanbaru, agar memahami dengan baik ajaran agama kita, terutama dalam pelaksanaan takbir," sebut sebut Plt Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pekanbaru, Abdul Wahid, Jumat (8/7).

Kebijakan itu telah sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI No.10 tahun 2022 tentang pelaksanaan Shalat Ied dan Pemotongan Hewan Kurban dalam Idul Adha 1443 H.

"Keputusan ini diambil untuk menghindari mudharat dan menjaga, agar saat melaksanakan ibadah sesuai tuntunan dan sunnah,"sebutnya.

Abdul mengatakan surat edaran itu mengimbau umat muslim mengumandangkan takbir Idul Adha hanya di masjid dan mushala.

"Kebijakan ini karena pertimbangan pandemi covid-19 belum selesai, sehingga ibadah yang dilakukan jangan sampai jadi sumber penyebaran covid-19," sebut Abdul Wahid.

Dirinya juga sampaikan takbir keliling juga bukan sekedar berteriak dengan hura-hura. Maka itu ibadah ditunaikan harus berdasarkan ilmu bukan dengan nafsu.

Dirinya beranggapan pelaksanaan takbir keliling lebih banyak mudharat ketimbang manfaat. "Karena takbiran itu ibadah, maka harus sesuai dengan tuntunan syariat dan sunnah Rasulullah SAW," sebutnya.

"Maka untuk itu kepada seluruh umat muslim di Pekanbaru, agar memahami dengan baik ajaran agama kita, terutama dalam pelaksanaan takbir," sebut Abdul Wahid.

Dirinya mengajak umat muslim untuk mengikuti pedoman takbir di masa Rasulullah SAW. Ia menyebut hal itu jadi contoh umat muslim dalam beribadah. 

Laporan: Muflijan
Editor: Indera Kurniawan

 

Tags : Kemenag Pekanbaru, Warga Dihimbau Tidak Lakukan Takbir Keliling, Idul Adha 1443 Hijriyah,