Politik   2022/08/20 18:55 WIB

Ketua DPD KNPI Riau Larshen Yunus Bertemu dengan Mantan KNPI, 'Juga Membicarakan Politik Kebangsaan'

Ketua DPD KNPI Riau Larshen Yunus Bertemu dengan Mantan KNPI, 'Juga Membicarakan Politik Kebangsaan'
Drs. H. Abdul Gafar Usman MM M.Sc mantan Ketua DPD I KNPI Riau periode 1987-1990 dan Ketua DPD I KNPI Riau, Larshen Yunus.

PEKANBARU - Ketua DPD I KNPI Riau Larshen Yunus, S.Sos. Sc, SE, M.Si, C.L.A, C.Me bertemu dengan Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM, M.Sc, yang pernah menjabat selaku Ketua DPD I KNPI Riau periode 1987-1990.

Keduanya bertemu dalam rangka bersilaturrahmi juga sedikit menyinggung politik kebangsaan, Sabtu (20/8/2022).

"Intinya dalam pertemuan Abdul Gafar Usman menyinggung soal peningkatan peran pemuda dalam memberantas penyebab retrogresi jiwa politik kebangsaan Indonesia."

"Saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami retrogresi politik kebangsaan," kata Abdul Gafar Usman yang juga selaku mantan Anggota DPRD Provinsi Riau (2 periode) serta mantan Anggota DPD-RI (2 periode) ini.

Retrogresi politik kebangsaan sendiri adalah pemburukan kualitas politik kebangsaan, akibat polarisasi dukungan politik yang menghadirkan kebencian antarpendukung

Menurut Abdul Gafar Usman, fenomena tersebut sangat bisa terjadi di Indonesia karena beragamnya corak perbedaan mulai dari suku, agama, ras, antargolongan, ego kelompok, dan kepentingan yang dapat membuat mundurnya jiwa politik kebangsaan Indonesia.

Pertemuan yang bernuansa kekeluargaan, antara senior dan junior di KNPI Riau ini, juga membahas terkait kondisi Riau dan isu-isu Nasional.

Abdul Gafar Usman menyarankan, agar adik-adik KNPI Riau jika melakukan demontrasi senantiasa menerapkan secara Intelektual, yakni kunjungan audiensi dan rapat umum dengar pendapat (RUDP) bersama para stackholder terkait.

Pada kesempatan yang berlangsung di kediaman pribadi mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil ) Kementerian Agama RI itu, turut juga kembali membahas perihal partisipasi (Devidend) perusahaan daerah terhadap pemerintah dan DPRD.

Ia juga menyinggung tentang masakini yakni; masyarakat yang kerap menularkan virus kebencian satu pihak ke pihak lainnya, serta provokasi kepada banyak orang.

"Banyaknya informasi yang bersumber dari isu, gosip, hoaks, dan fitnah yang diperoleh oleh masyarakat dengan mudah dapat memperkeruh komunikasi masyarakat terutama isu yang menyangkut tentang SARA yang merupakan topik sensitif bagi masyarakat Indonesia yang majemuk. Penularan virus kebencian inilah cikal bakal banyaknya kerusuhan yang menyebabkan pemburukan atau retrogresi jiwa politik kebangsaan."

Abdul Gafar Usman tak lupa mengucapkan selamat atas penghormatan KNPI terhadap Larshen Yunus sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Riau, bahkan sekaligus terpilih sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) DPP KNPI.

Harapanya, semoga menambah wawasan secara nasional bukan hanya kedaerahan. "Selamat dan sukses buat Ananda Larshen Yunus."

Dengan meningkatnya peran dan kesadaran pemuda akan pentingnya jiwa politik kebangsaan Indonesia maka kondisi perpolitikan akan pulih dan mengalami kemajuan. Jadi Isu-isu yang menyebabkan disintegrasi bangsa dan retrogresi jiwa politik kebangsaan juga akan semakin hilang.

Pesan Abdul Gafar Usman, para pemuda yang akan menggantikan para pemimpin bangsa sudah seharusnya bersikap bijaksana, mau meningkatkan kualitas diri, dan kesadaran akan pentingnya jiwa politik kebangsaan Indonesia serta berperan aktif agar dapat mengantarkan Indonesia ke masa yang penuh kejayaan. (*) 

Tags : Ketua DPD KNPI Riau, Larshen Yunus Bertemu Mantan KNPI, Ketua KNPI dan Mantan KNPI Membicarakan Politik Kebangsaan,