News Kota   2022/08/21 9:17 WIB

Lurah Sidomulio Timur Ajak Warga Meriahkan HUT RI, 'dengan Digelar Lomba Permainan Tradisional'

Lurah Sidomulio Timur Ajak Warga Meriahkan HUT RI, 'dengan Digelar Lomba Permainan Tradisional'
Lurah Sidomulio Timur, Media Nova S.Sos M.Si.

PEKANBARU - Pagi ini, Minggu 21 Agustus 2022 Pukul 7.00 Wib lingkungan Rukun Tetangga (RT) 03, Rukun Warga (RW) 03, Kelurahan Sidomulio Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru ramai dengan para ibu-ibu melakukan senam pagi di sebuah lapangan voli dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77.

Lurah Sidomulio Timur, Media Nova S.Sos M.Si hadir ditengah-tengah warga, mengajak seluruh warga untuk ikut memeriahkan HUT ke-77 RI. Yakni dengan senam bersama dan ikut menyelenggarakan berbagai perlombaan permainan tradisional yang diselenggarakan di lingkungan RT03.

Dalam kesempatan pada sambutannya Media Nova menghimbau warga memasang bendera merah putih, umbul-umbul dan mengadakan berbagai perlombaan.

“Kami ingatkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menyambut HUT RI di wilayah masing-masing,” tuturnya dalam kata sambutan yang juga hadir Babinkamtipmas, Ketua LPM, Ketua Pemuda, Minggu (21/8/2022).

"Pemasangan bendera merah putih dilakukan di setiap rumah."

"Itu sudah Instruksi Pj Wali Kota tentang gerakan pemberian bendera Merah Putih kepada masyarakat Pekanbaru."

Rukun Tetangga (RT) 03, meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk membangun gapura dan menghiasi jalan. Dan dengan menambah hiasan lampu maupun umbul-umbul untuk mempercantik lingkungan.

“Juga diingatkan untuk mengadakan perlombaan yang disesuaikan dengan biaya yang ada atau secara sederhana,” tambahnya. 

Dirinya pun berpesan kepada masyarakat dalam melaksanakan perlombaan untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Tentu sebagai upaya dalam mencegah Coronavirus atau Covid-19.

“Tetap terapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak saat perlombaan berlangsung,” pungkasnya.

Lomba permainan tradisional 

Sejumlah lomba berbagai permainan untuk semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 di lingkungan RT03 pun digelar yang diawali dengan senam pagi bersama. 

"Berbagai permaianan tradisional semarakkan HUT RI untuk mencintai permainan dimasa lalu."

Lomba makanan kerupuk, sendok kelereng, paku dalam botol, balap karung, ambil duit dalam tepung dan futsal yang pesertanya untuk anak-anak. Sementara untuk lomba Ibu-ibu/pemudi dilakukan futsal, pindahin tepung, terong dalam botol, tarik tambang dan untuk bapak-bapak futsal sarung dan tarik tambang.

"Ini untuk meriahkan Hari Ulang Tahun ke 77 Republik Indonesia yang dilaksanakan Minggu 21 Agustus 2022 di lingkungan RT03/RW03, Kelurahan Sidomulio Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru," kata Indera Kurniawan SH, Ketua RT03.

Perlombaan senam 

"Berbagai cabang lomba tersebut sebagian besar adalah permainan tradisional."

Lomba tradisional ini salah satu cara mengajak anak-anak dan masyarakat mencintai permainan di masa lalu tanpa keluarkan biaya mahal.

"Selain itu, juga menguatkan budaya lokal di tengah populernya game di smartphone anak-anak dan orang dewasa," katanya.

Berlomba ambil duit dalam tepung menjadi perhatian di masyarakat dilingkungan ini.

"Permainan unik ini jarang diperlombakan di tempat lainnya," kata dia.

Para warga diajak untuk bernostalgia kembali di masa lalu saat belum ada teknologi seperti saat ini.

Sebagian peralatan lomba berasal dari bahan alami.

Salah seorang warga Tedi mengaku turut berbahagia adanya berbagai perlombaan yang memeriahkan HUT RI yang diselenggarakan tiap tahun, "karena ini memang bisa mengenang masa anak-anak lalu," kata Tedi.

Memeriahkan HUT RI ke-77.

"Adanya permainan ini seperti saya bernostalgia kembali, seluruh permainan diperlombakan, permainan kami dulu," katanya.

Jadi menurutnya, banyak olahraga yang dilombakan sudah tak dikenal anak-anak milenial masa kini. (rp.sul/*)

Tags : Lurah Sidomulio Timur Media Nova, Meriahkan HUT RI, Permainan Tradisional, HUT RI ke-77 di Pekanbaru,