Artikel   2023/04/27 17:17 WIB

Ketua KNPI Riau Larshen Yunus Nilai Kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong Sukses, 'bisa Bangkit Ditengah Krisis Melawan Pandemi'

Ketua KNPI Riau Larshen Yunus Nilai Kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong Sukses, 'bisa Bangkit Ditengah Krisis Melawan Pandemi'
Ketua DPD KNPI Riau, Larshen Yunus dan Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong S.IP

LARSHEN YUNUS, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tingkat I Provinsi Riau bersilaturahmi dengan Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong S.IP yang dinilai dalam kepemimpinannya baru satu tahun terakhir itu sukses bisa bangkit ditengah krisis dan melawan pandemi.

"Ketika berkunjung di kediaman pribadi Bupati Afrizal Sintong alias Epi Sintong untuk merawat tali silaturrahim antara pimpinan induk organisasi kepemudaan (OKP) terbesar dan tertua di Indonesia pada Rabu 1 Maret 2023 kemarin itu, jujur saja saya melihat sosok Epi Sintong dikenal ada kemiripan dengan Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo. Tak khayal beliau kerap dijuluki “Jokowinya Orang Riau”," kata Larshen mengamatinya.

“Sebelumnya, kami (KNPI) berpose bersama, pernah beberapa kali dalam kegiatan Nasional kami berhimpun, melihat dan berkomunikasi langsung dengan Presiden Joko Widodo, nah! tak salah kami katakan bang Epi Sintong adalah Jokowinya orang Riau,” tuturnya.

Larshen melihat, bahwa sang Bupati Rohil tersebut benar-benar memiliki karakter yang sama dan bersahaja serta sederhana di dalam kesehariannya. Kesederhanaan ini terlihat sama seperti dulu, Epi Sintong yang memang lahir dari kesederhanaan dalam bersikap.

“Jujur, yang paling mengesankan bagi saya! Bahwa beliau itu dari dulu selalu bersikap layaknya anak yang tak lupa dengan induk," kata dia.

Tetapi menurut Larshen, Epi Sintong memiliki kesibukan sangat padat, "kita semua tahu itu Bang Epi tetap memberikan prioritas bagi emak dan keluarganya untuk persiapan menuju bandara, guna menunaikan ibadah umrah ke tanah suci," sebutnya.

"Ini suritauladan yang perlu kita contoh. Sesibuk apapun kita, orang tua tetaplah yang paling utama,” ujar Larshen Yunus.

Larshen memuji sikap suritauladan atas kasih sayang sang Bupati Epi Sintong terhadap emaknya yang patut di apresiasi yang setinggi-tingginya.

Keluarga Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong S.IP

“Sewaktu kedatangan kami bersama anggota dan pengurus KNPI Riau, Bang Epi Sintong terlihat berkali-kali meminta istrinya untuk dibuatkan kopi terhadap tamu yang datang. Tetapi memang Bang Epi Sintong sosok yang ramah. Pemimpin yang sederhana didalam kesederhanaannya," ungkap Larshen Yunus lagi.

Larshen juga menilai dan menganggap Bang Epi Sintong sukses memimpin di tengah krisis dan selalu mengajak warganya tetap optimis bisa bangkit melawan pandemi kemarin.

Dalam percakapan dengan bupati rohil ini dalam silaturahmi kemarin, Bang Epi Sintong tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang sudah bekerja. Semoga ini menyemangati semua insan di Rohil.

"Tujuan kami (KNPI) berkunjung ke kediaman Bang Epi Sintong agar bisa menjadi booster, penyemangat bagi kepala daerah untuk senantiasa bersemangat karena perjalanan masih panjang. Artinya menilai satu tahun kepemimpinan kepala daerah yang ada di Rohil selama Pandemi Covid 19," kata Larshen.

Dia juga berharap keadaan bisa kembali pulih. "Semoga kita lekas bisa hidup berdampingan dengan Covid 19. Pandemi lekas menjadi endemi, dengan begitu maka perekonomian kembali pulih dan UMKM bisa berkembang khususnya di Rohil," tandas Larshen.

Ormas ini menggelar silaturahmi kebangsaan juga untuk menyusun peta jalan kepemimpinan Bupati Rohil menjelang tahun politik 2024. Peta jalan penting disusun untuk membendung segala bentuk infiltrasi, rekayasa, dan pemaksaan kehendak dari dalam maupun luar negeri.

Ketua DPD KNPI Riau Larshen Yunus mengatakan, ormas yang dipimpinnya di Riau ini juga mendorong tegaknya keadilan serta pemberantasan korupsi dan praktik oligarki yang menggurita.

"Kita ikut meluruskan kembali arah dan prioritas kebijakan penyelenggara negara yang lebih memihak kepada rakyat," kata dia.

Bupati Afrizal Sintong S.IP duduk santai bersama Larshen Yunus di rumah makan Ampera.

Tetapi Larshen balik menyampaikan keinginannya bahwa tidak boleh ada lagi penyelenggara negara yang menyalahgunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi. Penyelenggara negara tidak boleh membangun eksistensi apalagi hanya demi sebuah posisi atau kenikmatan pribadi dan atau kejahatan terindikasi.

Diakhir pertemuan dengan Bupati Rohil, Epi Sintong KNPI menyempatkan berswafoto bersama dan memberikan cinderamata beberapa batang bibit matoa rasa durian, simbol bahwa semangat Riau hijau sesuai visi misi Gubernur Syamsuar benar-benar dijalankan oleh kalangan pemuda, yakni melalui DPD KNPI Provinsi Riau. (*)

Tags : ketua knpi riau larshen yunus, knpi silaturahmi, knpi nilai kepemimpinan bupati afrijal sintong sukses, rohil bangkit ditengah krisis melawan pandemi,