Headline Agama   2022/02/11 15:25 WIB

Khutbah Jumat di Masjid Baitul Mu'Minin ’Hikmah Isra Mi'raj'

Khutbah Jumat di Masjid Baitul Mu'Minin ’Hikmah Isra Mi'raj'

AGAMA - Khutbah sholat Jumat di Masjid Baitul Mu'Minin mengambil judul ’Hikmah Isra Mi'raj'. Seiring  pada bulan Februari ini umat muslim memasuki salah satu bulan Haram (suci) yakni bulan "Rajab".

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat muslim.

Pada bulan ini, terdapat 1 peristiwa penting, yakni Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan perintah mendirikan shalat langsung dari Allah SWT.

Dan pada kesempatan kali ini, Khutbah Jumat 11 Februari 2022 tentang 'Hikmah Isra Mi'raj dan Keutamaan Shalat Jamaah' dibacakan Imam Al Ust Drs H Pandi Usman MA. 

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini, kata Imam Al Ust Drs H Pandi Usman MA .

"Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW."

Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari qiyamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Khutbah sholat Jumat di Masjid Baitul Mu'Minin

Mengawali khutbah singkat pada kesempatan ini, sebagaimana biasa khatib berwasiat kepada diri pribadi saya dan kepada seluruh jamaah, marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Kaum muslimin jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah

Diantara hikmah terbesar Rasulullah SAW diperintahkan oleh Allah SWT melaksanakan isra’ mi’raj adalah untuk menerima perintah shalat lima waktu sehari semalam.

Sungguh beruntung kita umat Islam mendapatkan oleh-oleh terbaik dari Rasulullah SAW berupa perintah shalat.

Dimana dengan shalat ini kita dapat menyembah Allah SWT Sang Maha Pencipta alam semesta.

Seandainya perintah shalat ini tidak disampaikan kepada Rasulullah SAW, mungkin kita tidak tahu bagaimana cara kita menyembah dan kita tidak akan pernah mengenal siapa tuhan yang mesti kita sembah di dunia ini.

Setiap umat Islam yang benar-benar khusyu’ dalam melaksanakan ibadah shalat, tentu merasakan betapa nikmatnya suasana hidup kita.

Hati lapang, jiwa tenang, pikiran terang dan badanpun terasa begitu ringan tidak ada beban, sirna oleh cahaya yang dipancarkan dari ibadah shalat yang kita lakukan.

Sebagai dampak positifnya, setiap kita umat Islam akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar (segala perbuatan buruk yang merugikan diri sendiri dan orang lain). Hal ini dinyatakan dengan tegas dalam Al Quran surat Al Ankabut 29:45,

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ

“Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.

Apalagi shalat lima waktu dilaksanakan dengan berjama’ah, niscaya akan mendapatkan banyak hikmah serta pahala yang berlipat ganda yang akan kita dapatkan di akhirat nanti.

Walaupun sampai sekarang ini masih terjadi merebaknya virus corona dimana-dimana, kalau masih bisa memungkinkan, kita terus istiqamah melaksanakan ibadah shalat jama’ah agar kita tidak kehilangan berbagai manfaat serta keutamaan di dalamnya.

Kaum muslimin jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah

Semua orang tahu shalat jamaah itu shalat paling utama dan sangat besar pahalanya.

Bayangkan shalat jamaah itu lebih utama 27 derajat dari pada shalat sendiri.

Tetapi mengapa orang banyak yang tidak tergiur untuk melaksanakannya? Padahal mereka tinggalnya berdekatan dengan masjid.

Mari kita introspeksi diri mengapa hal ini bisa terjadi.

Diantara penyebab utamanya karena kemalasan. Inilah yang menjadi biang kerok mengapa orang tidak mau ke masjid.

Ada satu petuah Arab menggambarkan betàpa bahayanya sifat malas itu.

Petuah ini biasanya menjadi peringatan bagi para santri di pondok-pondok pesantren agar mereka selalu semangat dalam belajar dan beribadah kepada Allah.

Juga peringatan bagi siapapun yang memiliki sifat malas agar dapat meninggalkannya, karena berakibat fatal bagi kehiduapan umat manusia.

اِجْـهَدْ وَلاَ تَكْسَلْ وَلاَ تَكُ غَافِلاً فَنَدَامَةُ اْلعُقْبٰى لِمْنْ يَتَكَاسَلُ

“Berjuanglah dan janganlah kamu malas-malasan dan jangan pula kamu lalai, karena kemalasan berakibat penyesalan dikemudian hari.”

Tidak ada cara lain kecuali kita berjuang melawan kemalasan, jangan sampai kemalasan itu menjadi watak yang negatif dalam diri kita.

Sifat malas itu bagian dari watak sejati dari hawa nafsu yang tidak mau tunduk kepada perintah dan larangan Allah.

Memang benar sekali sabda Nabi bahwa yang disebut dengan seorang pejuang (mujahid) adalah orang berjuang mengalahkan hawa nafsunya.

أَفْضَلُ الْجِهَادِ أَنْ يُجَاهَدَ الرَّجُلُ نَفْسَهَ وَ هَوَاهُ

“Jihad yang paling utama adalah seseorang berjihad [berjuang] melawan dirinya dan hawa nafsunya”. (HR Abu Daud No. 1258).

Masjid Baitul Mu'Minin

Mari selama kita masih hidup di dunia ini, kita kalahkan hawa nafsu, sehingga dapat dengan mudah untuk hadir shalat berjamaah di masjid.

Alangkah nikmat dan bahagianya shalat berjamaah di masjid, karena dengan cara ini kita bisa bertemu dan bertatap muka dengan saudara-saudara kita.

Dengan shalat jamaah, iman kita akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Suasana hati kita terasa sangat lapang dan damai. Pikiran kita makin terang benderang, terbebas dari pikiran yang negatif.

Persatuan, kebersamaan dan keakraban sangat terasa dalam setiap diri para jamaah.

Demikian juga lingkungan di sekitar makin rukun, damai dan penuh berkah dibawah naungan ridha Allah. InsyaAllah.

Demikian uraian khutbah jumat yang bisa khatib sampaikan hari ini, semoga menjadi pencerahan yang mencerdaskan akal dan nurani kita, sehingga kita benar-benar termotivasi untuk istiqamah melaksankan shalat berjamaah.

Aamiin ya mujiibassaailiin.

Tags : Khutbah Jumat, Masjid Baitul Mu'Minin, Pekanbaru, Hikmah Isra Mi'raj,