News Kota   2022/02/11 15:46 WIB

Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru Temukan 2 Penumpang Bandara SSK II Positif Covid-19, 'Melalui Tes Acak'

Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru Temukan 2 Penumpang Bandara SSK II Positif Covid-19, 'Melalui Tes Acak'

PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pekanbaru melakukan rapid test antigen secara acak terhadap penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Hasilnya, dua orang dari sampel dinyatakan positif Covid-19.

Ada 180 orang penumpang yang dilakukan rapid test antigen secara acak oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Dari jumlah sampel itu, 3 orang di antaranya hasilnya reaktif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, tiga orang yang dinyatakan reaktif dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan melakukan swab PCR.

"Yang 3 reaktif ini kita lakukan uji swab sudah keluar hasilnya, 2 orang dinyatakan positif Covid-19. Langsung kita bawa ke tempat isolasi terpusat," ujar Zaini, Jumat (11/2/2022).

Antisipasi penyebaran, Dinas Kesehatan melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif. Mereka melakukan penelusuran hingga 15 orang kontak erat dari pasien positif.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru telah mulai melakukan pemeriksaan bagi penumpang yang  masuk ke Pekanbaru melalui jalur udara. Tim mengambil sampel 10 persen dari penumpang yang datang secara acak.

Pemeriksaan penumpang ini guna memetakan sumber kasus Covid-19. Saat ini kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru kembali meningkat. Hasil tracing diketahui banyak pasien positif dari para pelaku perjalanan yang datang dari luar kota. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Satuan Tugas, Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru, News Kota, Penumpang Bandara SSK II, Positif Covid-19,