News Bola   2024/02/25 14:27 WIB

Kiper Manchester City Ederson Moraes Ukir Rekor Mentereng Hadapi Tuan Rumah AFC Bournemouth

Kiper Manchester City Ederson Moraes Ukir Rekor Mentereng Hadapi Tuan Rumah AFC Bournemouth
Kiper Manchester City Ederson Moraes. 

BOURNEMOUTH -- Ederson Moraes tak tergantikan di bawah mistar gawang Manchester City. Teranyar, ia memperkuat City menghadapi tuan rumah AFC Bournemouth pada pekan ke-26 Liga Primer Inggris musim 2023/24.

The Sky Blues unggul 1-0 atas Bournemoutuh di Vitality Stadium, Kings Park, Bascombe, Ahad (25/2/2024) dini hari WIB. Gawang Henderson tetap perawan sampai duel usai. Ia mengukir rekor baru di klubnya.

"Hal itu membuat ia melampaui Joe Hart sebagai kiper yang paling banyak menjaga gawang dari kebobolan, saat mengenakan kostum City, di era Liga Primer," demikian laporan yang dikutip dari laman resmi klubnya.

Kini Henderson mencatatkan 110 clean sheets. Ia membutuhkan 242 pertandingan untuk mencapai angka tersebut. Sementara, gawang Hart tidak kebobolan di 109 kesempatan, setelah mentas di 266 laga.

Dua sosok tersebut menjelang sendirian. Selebihnya ada Tony Coton yang mencatatkan 26 clean sheets dalam 94 pertandingan. Lalu David James yang gawangnya 20 kali tidak kebobolan di 93 partai. 

"Ederson kini berada di peringkat ke-15 sebagai kiper yang paling banyak tidak kebobolan dalam sejarah Liga Primer," laporan lain dari mancity.com.

Legenda hidup Chelsea, Petr Cech di urutan teratas. Sepanjang menjalani karier di Liga Primer, Cech mencatatkan 202 clean sheets. Selain bersama the Blues, ia juga pernah membela Arsenal.

Kembali ke statistik Ederson. Musim lalu, pria Brasil itu menjadi penjaga gawang tercepat ketiga yang mencatatkan 100 clean sheets di Liga Primer. Itu setelah ia tampil di 208 pertandingan.

Penampilan apiknya berlanjut. City berpeluang mempertahankan apa yang mereka capai. Musim lalu, the Sky Blues meraih treble.

Skuad polesan Pep Guardiola dalam tren yang sangat positif di semua kompetisi. The Citizens tak terkalahkan di 17 pertandingan terakhir. Sebanyak 15 di antaranya, berhasil dimenangkan. Sinyal bahaya untuk setiap lawan.

City kokoh di peringkat kedua klasemen sementara Liga Primer. Dengan mengantongi 59 poin, skuad biru langit tertinggal sebiji angka di belakang Liverpool di singgasana. Persaingan memanas.

Kini sejenak sang raksasa mengalihkan fokus ke Piala FA. Ederson dan relan-rekan akan bertemu tuan rumah Luton Town, pada putaran kelima kompetisi tersebut, di Kenilworth Road, Rabu (28/2/2024) dini hari WIB. (*)

Tags : ederson, moraes city, manchester city, mu, liga inggris ,