Kampar   2023/03/01 10:44 WIB

KPK RI Tinjau Langsung Desa Anti Korupsi di Kabupaten Kampar

 KPK RI Tinjau Langsung Desa Anti Korupsi di Kabupaten Kampar

KAMPAR, RIAUPAGI.COM - Tim Observasi Desa Anti Korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI meninjau lokasi desa percontohan Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar, Riau.

"Tim observasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meninjau desa di Kabupaten Kampar sebagai percontohan anti korupsi."

"Terkait desa anti korupsi, ini merupakan program unggulan KPK RI di tahun 2022," kata Ketua Tim Observasi Desa Anti Korupsi KPK RI, Anisa Nurlitasari memberikan penjelasan mengenai penilaian terhadap calon Desa Anti Korupsi di Kabupaten Kampar, Selasa (14/2/2023).

Anisa Nurlitasari menuturkan, program ini diadakan karena Desa sudah mendapatkan kucuran Dana besar, sehingga perlu penataan integritas bagi aparatur Desa.

"Karena, jika integrasi dan kecakapan aparatur dalam mengelolah tidak benar dan baik, maka peluang untuk korupsi akan besar," ungkapnya.

Tim Observasi Desa Anti Korupsi KPK RI menyatakan, Negara sudah menggelontorkan dana sebesar Rp480 trilliun dari tahun 2015 sampai 2022 untuk Desa.

Masing-masing Desa mendapatkan Rp900 juta sampai Rp2 miliar. Dengan demikian KPK RI merasa harus diadakan pengawasan melekat ke seluruh Desa.

Terkait Desa Anti Korupsi, KPK RI juga telah memberikan arahan mengenai lima indikator anti Korupsi yang meliputi Penguatan Tata Laksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kualitas Pelayanan Publik, Penguatan Partisipasi masyarakat dan Kearifan Lokal.

"Audiensi ini dilaksanakan sebelum observasi nantinya dilaksanakan desa pulau gadang kecamatan XIII koto kampar untuk desa pertama yang akan di observasi tim observasi dari KPK RI," ucap Sekdakab Kampar, Yusri.

"Kemudian, dilanjutkan ke desa pulau gadang kecamatan XIII koto kampar dan Insya Allah besok rabu 15 Februari2023 dilanjutkan peninjauan ke desa gunung sari kecamatan gunung sahilan," terangnya.

Yusri berharap dengan adanya kegiatan Desa Anti Korupsi ini, akan memjadi pemicu bagi seluruh Aparatur Desa dan segenap komponen masyarakat yang ada untuk turut serta membangun karakter desa dengan menempatkan integritas/anti korupsi sebagai nilai utama dalam kehidupan sehari-hari.

"Pemkab kampar berkomitmen akan lebih meningkatkan pembinaan kesemua desa yang ada di kabupaten kampar, dan akan menyosialisasikan program desa anti korupsi ini dengan harapan akan terwujudnya desa yang bersih dan bebas dari korupsi," sebutnya. (rp.ron/*)

Tags : komisi pemberantasan korups, tim observasi kpk buat desa anti korupsi, kpk tinjau kabupaten kampar, kpk melihat desa percontohan anti korupsi,