Artikel   2024/02/16 19:25 WIB

Anies Tinggalkan Markas Usai Pencoblosan dan Temui JK untuk Silaturahmi Biasa

Anies Tinggalkan Markas Usai Pencoblosan dan Temui JK untuk Silaturahmi Biasa
Jusuf Kalla (JK) dan Anies Baswedan.

ANIES BASWEDAN, Calon presiden nomor urut 1 meninggalkan tempat pemantauan quick count sore di Markas Timnas AMIN, Menteng, Jakarta Pusat.

Anies keluar setelah melakukan pertemuan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan elite Timnas lainnya, seperti Sudirman Said, Tom Lembong, hingga Ahmad Ali, lebih dari dua jam.

Anies keluar dari lokasi sekitar pukul 16.50 WIB. Ia dan Cak Imin belum sempat duduk bersama dengan pendukung di halaman belakang kantor Timnas yang sudah dipasang layar besar.

Ketika Anies keluar, terdengar sejumlah pendukung yang meneriakkan "Anies presiden!". Mereka menyampaikan dukungan ke eks Gubernur DKI Jakarta ini.

"Anies presiden! Anies presiden!," kata pendukung di lokasi, Rabu (14/2/2024).

Anies telah menanggapi hasil hitung cepat (quick count) yang menunjukkan mayoritas pasangan calon (paslon) nomor urut 1 di posisi kedua. Anies meminta publik tidak terburu-buru mengambil kesimpulan.

"Jadi jangan kita tergiring untuk segalanya serba-cepat, sekarang harus sekarang, harus disimpulkan sekarang. Kasih waktu bagi KPU untuk bekerja, jangan kita tergiring untuk segalanya cepat. Kita tunggu sampai KPU tuntas," kata Anies di Markas Pemenangan Timnas AMIN ini, tadi.

Anies mengatakan hasil yang dipertontonkan oleh quick count terlalu awal. Dia meminta semua pihak menunggu sampai semuanya rampung.

"Kita lihat dulu sampai selesai semuanya. Kita tunggu, jangan buru-buru, jangan buru-buru menyimpulkan. Kita hormati proses, kita hormati proses di KPU," ungkapnya.

Anies Baswedan yang juga ditemani Muhaimin Iskandar (AMIN) menyambangi kediaman Jusuf Kalla (JK) usai pencoblosan.

Timnas AMIN mengungkap alasan AMIN datang di sore hari setelah pemungutan suara itu.

"Untuk ke JK, silaturahmi biasa. Setiap perkembangan selalu dibicarakan. Bagaimanapun, JK itu sesepuh dan senior di AMIN," kata Jubir Timnas AMIN Mustofa Nahrawardaya kepada wartawan, Rabu (14/2/2024) malam.

Mustofa menyebut Anies dan Cak Imin sering membicarakan perkembangan terkini dengan JK. Menurutnya, hal itu adalah adab berpolitik.

"Iya, itulah adab politik," katanya.

Lalu apakah Anies dan Cak Imin telah menemui Ketum NasDem Surya Paloh usai pencoblosan? Mustofa belum mengetahui informasi tersebut.

"Tetapi untuk ketemu SP, saya belum tahu. Tadi aktivitas terakhir, press conference di Diponegoro 10," ucap Mustofa.

Seperti diketahui, Anies Baswedan dan Cak Imin menyambangi rumah Jusuf Kalla atau JK pada Rabu (14/2) usai pencoblosan kemarin. Anies-Cak Imin datang setelah mengadakan rapat di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jalan Diponegoro X, Jakarta Pusat.

Anies-Cak Imin datang tidak bersamaan. Cak Imin tiba lebih dulu tadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kemudian, disusul Anies ,yang tiba pukul 17.20 WIB.

Pertemuan antara Anies-Cak Imin dan JK digelar tertutup. Seluruh sudut pintu rumah JK pun tertutup rapat. Hanya terlihat seorang penjaga yang berdiri di depan pintu pagar rumah JK.

Apa yang dibahas dalam pertemuan itu? JK pun memberikan penjelasan.

"Ya tentu tadi datang untuk berbicara tentang situasi. Semua sependapat bahwa kita menunggu hasil resmi dari KPU. Nah itu aja, bahwa tentu kita lihat sebagai suatu perhitungan awal," kata JK seusai pertemuan di kediamannya di Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

"Tapi itu yang menentukan yang under resmi KPU. Jadi kesimpulannya menunggu hasil rapat berubah. Baru teman-teman itu mengambil sikap," sambungnya. (*)

Tags : anies-cak imin, jusuf kalla, jk, anies, amin, pemilu, politik, timnas amin, anies baswedan, anies-cak imin, timnas amin, pilpres 2024,