Advetorial   2023/07/28 19:20 WIB

Legislator Cantik Menuju Senayan, INPEST: Dr Hj Karmila Sari Layak Duduk di Kursi DPR RI

Legislator Cantik Menuju Senayan, INPEST: Dr Hj Karmila Sari Layak Duduk di Kursi DPR RI
Dr. Hj. Karmila Sari, S.Kom, MM

KARMILA SARI Serikandi Riau layak duduk di Senayan Jakarta [DPR RI], kata Ketua Umum Nasional Independen Pembawa Suara Transparansi (INPEST), Ir. Ganda Mora M.Si.

Dr. Hj Karmila Sari, S.Kom, MM, putri Rokan Hilir [Rohil] anak dari H Bistaman [Tokoh masyarakat Riau] ini sebelumnya, duduk Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau.

Nama Karmila Sari, tidak asing lagi bagi sebagian kalangan masyarakat di Provinsi Riau, khususnya masyarakat Kabupaten Rohil.

"Benar sekali, beliau adalah anak dari H. Bisataman [Tokoh Masyarakat Riau]. Pada Pemilu 2024 mendatang, Karmila Sari akan kembali maju sebagai Bacaleg DPR RI Dapil Riau dari Partai beringin," kata Ganda Mora yang sudah dibilang sudah kenal dekat dan orang dekat dengan Presiden RI Joko Widodo [Jokowi] ini, Jumat (28/7).

Lantas, siapa sebenarnya sosok Karmila Sari? Berikut profil singkatnya:

Karmila Sari S.Kom MM politisi wanita asli Rokan Hilir (Rohil) yang sudah membuktikan sumbangsihnya untuk daerah kelahirannya dan Riau secara umum.

Terlahir dari orang tua yang merupakan putra daerah Rohil yaitu H. Bistaman (tokoh masyarakat yang banyak memberikan perhatian besar untuk pemerintah dan masyarakat Rohil) dan Hj. Basyariah (seorang Ibu yang agamis dan keibuan).

Karmila Sari notabene alumni Univeraitas Tarumanegara dan Universitas Indonesia ini, memulai karir politiknya dari menjadi anggota DPRD Kabupaten Rohil pada masa periode tahunn 2009-2014, dilanjutkan menjadi anggota DPRD Provinsi Riau periode tahun 2014 hingga 2019 ini, Karmila dengan suara terbanyak di Rohil dan suara ke 4 terbesar di Riau yaitu 25,800 suara berhasil menjalankan amanah sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi Riau.

Jabatannya sebagai wakil ketua komisi II, sedikit banyak tidak hanya memberikan sumbangsih aspirasinya ke pertanian berupa saluran pertanian dan pelatihan para petani, perikanan berupa restocking (penaburan 70 ribu bibit ikan), pemberian alat pakan, peternakan berupa pemberian bibit sapi dan pelatihan, kehutanan (pemberian 50 ribu bibit pohon), mengantar berhasil 20-an anak nelayan untuk bersekolah di Sekolah Teknik Perikanan Dumai serta berkontribusi besar dalam melepaskan 9 Nelayan Panipahan yang tertangkap di Malaysia.

Bahkan ia bersama teman dewan Provinsi dapil Rohil juga berhasil merealisasikan pembangunan Jembatan Cacing di Tanjung Medan, Pembangunan Jalan Lintas Teluk Piyai Pesisir Kubu ke Pasir Limau Kapas (Palika), peningkatan alat-alat RSUD Pratomo Bagansiapiapi, ratusan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) dan lain-lain.

Perhatiannya ke Pariwisata untuk pengadaan festival Pulau Tilan dan Bakar Tongkang juga ikut memberi efek pemberdayaan UMKM.

Hal ini berjalan seiring dengan kepercayaan yang didapatkannya sebgai Ketua IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah di Kabupaten Rokan Hilir dengg banyak mengikutsertakan perempuan-perempuan Rohil dalam pelatihan kewirausahaan.

Kecintaannya terhadap Rohil dan semangat terus untuk memperjuangkan kemajuan Rohil juga dilihat dari keseriusannya melanjutkan S3 Kebijakan Publik di Universitas Brawijaya, Malang.

Dengan berbagai kepercayaan yang diberikan untuk menjadi pimpinan di berbagai organisasi, sebagai narasumber dan memimpin pansus dalam pembuatan Peraturan Daerah diantaranya tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), perlindungan alih fungsi lahan, LKPJ bahkan RPIP Riau (Rencana Pembangunan Industri Provinsi Riau) menjadikan visi utamanya untuk peningkatan pemanfaatan tenaga kerja lokal dan pengurangan pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja.

Dengan tidak menyia-nyiakan Ilmu dan Pengalaman serta dukungan orang tua, keluarga dan masyarakat inilah yang membuat dia bertekad melanjutkan perjuangan kembali di DPRD Provinsi Riau untuk masa bakti 2019-2024.

Coblos No. urut 1, Karmila Sari, S.Kom, MM dari Partai Golkar untuk Rohil yang Lebih Maju. (R2)
Peraturan Daerah Yang Diselesaikan
Ketua Peraturan Daerah

  1. Perda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah (LKPJ) 2018 dan Perda LKPJ AMJ ( Akhir Masa Jabatan) 2014-2019
  2. Peraturan Daerah RPIP Riau ( Rencana Pembangunan Industri Provinsi) 2017-2037
  3. Peraturan Daerah Penanganan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan)
  4. Peraturan Daerah Perlindungan dan Reproduksi Sapi Betina

Organisasi:

  • Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Prov. Riau
  • Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau
  • Wakil Bendahara Golkar Provinsi Riau
  • Ketua Bidang Perempuan, Dekopinwil Provinsi Riau
  • Ketua IWAPI ( Ikatan Wanita Pengusaha) Kabupaten Rohil
  • Ketua IPEMI ( Ikatan Pengusaha Muslimah) Kabupaten Rohil
  • Ketua Perserosi ( Persatuan Sepatu Roda) Kota Pekanbaru
  • Sekretaris KPPI ( Kaukus Perempuan Politik Indonesia) Provinsi Riau
  • Pembina Hipemarohi (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Rohil)
  • Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau

Tetapi Ganda Mora menilai, suara Karmila Sari terbilang cukup besar bagi seorang pendatang baru yang maju sebagai anggota DPR RI.

Pada periode 2019-2024, Karmila Sari maju untuk yang pertama kali ini sebagai Calon Anggota DPR RI. Ibu dari Ivanda Awalina ini kembali terpilih dengan meraup suara sebanyak 85.969 suara.

Ia menjadi satu-satunya anggota DPR RI perempuan yang mewakili Riau. Saat ini dirinya tengah mempersiapkan diri sebagai Bacaleg DPR RI dari Dapil Riau untuk periode pertama.

Sahabat sekaligus teman Karmila Sari [Ganda Mora] terus memberi support agar bisa mendapat mandat rakyat di Pilkada 2024.

Karmila Sari sendiri meyakini bahwa membangun dan menjaga relasi dengan orang lain merupakan faktor penting dalam merintis kesuksesan.

Baginya, melalui perjumpaan dengan banyak orang, kematangan diri niscaya akan didapatkan.

Wanita yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau ini menyebutkan, dirinya telah mendapatkan banyak pelajaran ketika membangun relasi dalam karier politiknya sejak lama.

Melalui segudang pengalaman berelasi yang didapatkan, disertai kerja keras dan kreativitas, Karmila mampu menjalankan tugasnya sebagai Wakil Rakyat.

“Dalam berkarier, khususnya dalam bidang politik, kita harus pandai menjalin relasi dan juga kreatif dalam menyusun strategi dan perencanaan. Itulah effort yang harus dimiliki ketika menjalankan amanah yang dipercayakan kepada kita,” tutur wanita kelahiran Duri, 20 April, ini.

Karier Politik

Pada tahun 2008, Karmila menjajaki karier politik dengan masuk ke Partai Golkar. Setahun berselang, ia terpilih menjadi Anggota DPRD di salah satu kabupaten yang dikenal dengan sebutan ‘Kota Ikan’ di Provinsi Riau, yaitu Kabupaten Rokan Hilir. Ia pun menjabat dalam waktu 5 tahun di tanah kelahiran orang tuanya itu.

Lanjut tahun 2014 dan 2019, Karmila terpilih lagi menjadi Anggota DPRD Provinsi Riau. Ia dipercaya menjadi Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau yang membidangi urusan ekonomi dan keuangan.

“Alhamdulillah, saya masih dipercayakan untuk mengisi satu dari tujuh kursi yang tersedia dan mendapatkan perolehan suara terbanyak di Rokan Hilir. Saya juga bersyukur menjadi wanita satu-satunya yang terpilih menjadi Wakil Rakyat dari Dapil Rokan Hilir, ini artinya masyarakat sudah mulai memberi kepercayaan perempuan dalam menyampaikan suara rakyat,” ungkap Karmila dengan penuh haru.

Bidang ekonomi dan keuangan yang dibidanginya saat ini linear dengan background pendidikan serta pengalamannya berbisnis bersama keluarga.

“Saya merasa familiar dengan urusan ekonomi karena memang jenjang pendidikan tinggi saya, mulai dari S1 sampai S3, berkaitan erat dengan manajemen. Dulu saya menamatkan pendidikan Sarjana Komputer di Universitas Tarumanegara, Magister Manajemen di Universitas Indonesia, dan saat ini sedang menamatkan pendidikan doktoral jurusan Kebijakan Publik di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Selain background pendidikan, saya dan keluarga juga sudah berkecimpung dalam dunia bisnis, terutama pada sektor perkebunan, SPBU, kontraktor & property. Karena beberapa faktor tersebut, saya bisa sharing ilmu dan pengalaman di bidang ekonomi dan keuangan,” ujar Karmila.

Aktif Menjalin Relasi

Karmila telah berkecimpung dalam berbagai organisasi di sepanjang kariernya. Ia merasa sangat dimatangkan ketika menjalin relasi dengan banyak orang.

“Saya telah bergabung dengan berbagai macam organisasi, seperti Dekopinwil selaku Wakil Ketua Bidang Perempuan, menjadi Pembina bagi Perhimpunan Mahasiswa di Rokan Hilir maupun Riau, Pembina Dewan Masjid Indonesia cabang Rokan Hilir, Ketua Iwapi Rokan Hilir, Pengurus KADIN, HKTI Provinsi Riau, dan sebagai Pembinan Miss Muslimah Award Riau 2022," katanya.

"Saya menganggap bahwa semua hal ini merupakan kesempatan untuk terus berkembang. Di samping itu, saya juga menganggap bahwa aktif menjadi pembina di beberapa organisasi merupakan tugas saya dalam mewakili, mendampingi, dan memprioritaskan rakyat,” tutur Karmila.

Karmila sering menjadi motivator di kampus-kampus untuk selalu mengingatkan generasi muda agar percaya diri terhadap kemampuannya agar bisa menjadi generasi muda yang mampu bersaing.

Dedikasinya di IWAPI dan Pembina Muslimah Award sebagai aplikasinya untuk mensosialisasikan women empower women. Hanya perempuan yang maksimal untuk membantu perempuan lainnya untuk lebih berkembang mandiri dan berprestasi.

Karmila juga masih aktif menjalin relasi dengan rekan-rekan alumni kampusnya, yang notabene banyak yang bekerja di beberapa kementerian atau instansi.

Ia menuturkan, seringkali mereka mengadakan silaturahmi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Karmila pun sering menemukan banyak solusi atas persoalan yang terjadi di legislatif dari sharing bersama teman-temannya tersebut.

“Salah satu contohnya ketika melakukan hearing pada semua BUMD di Riau. Tentu saya harus memiliki pengalaman beserta pengetahuan untuk melakukan hal tersebut. Seringkali saya mendapatkan inspirasi dari sharing bersama teman-teman,” tambah Semi Finalis lomba News Presenter SCTV Goes To Campus pada tahun 2004 ini.

Karmila menambahkan, dirinya akan terus berkreasi demi kesejahteraan masyarakat. Ia pun beranggapan kemajuan digital era ini, memudahkan dirinya untuk terus aktif berelasi dengan masyarakat.

“Saya harus selalu mengambil sisi positif dari setiap kemajuan teknologi yang ada. Salah satu contoh konkretnya adalah dengan mengadakan podcast bersama masyarakat. Melalui podcast, seringkali saya membagikan pengalaman ke orang banyak tentang entrepreneurship agar mereka dapat mulai create a job dan meningkatkan kreativitas mereka,” tambah Karmila.

Jaga Harmoni Antara Karier dan Keluarga

Karmila mengakui dirinya seringkali terkendala masalah waktu bila ingin bersama keluarga.

Berbagai rutinitas sebagai Anggota DPRD yang amat menyita waktunya bersama keluarga membuat Karmila harus pandai dalam membagi waktu.

Baginya, membagi waktu merupakan hal yang penting dan harus dilakukan karena seorang wanita haruslah memiliki kemampuan multitasking.

“Saya seringkali ke luar kota untuk mengadakan banyak pertemuan dengan masyarakat dan juga selalu kedatangan banyak tamu. Tentu hal ini banyak menyita waktu saya bersama keluarga. Namun, saya selalu mencoba untuk mengatur waktu dengan baik agar relasi dengan keluarga tetap terjaga,” ujar Karmila bijak.

"Beruntung saya memiliki suami dan anak-anak yang mendukung karier saya ini. Diberkahi anak-anak yang pintar dan mandiri juga sangat memberi ketenangan saya dalam bertugas. Kami sering berdiskusi baik melalui video call atau pun pas saat berkumpul di rumah. Semakin mempermudah dalam berbagi tugas dan peran," sambungnya.

Selain membagi waktu, Karmila juga percaya bahwa komunikasi yang baik merupakan kiat untuk menjaga relasi dengan keluarga.

Menurutnya, komunikasi membuat semuanya terasa lancar. “Biasanya, dalam beberapa bulan sekali, saya membuat gathering di rumah atau tempat tertentu bersama keluarga besar.

Melalui gathering ini, saya berharap agar anak-anak dan keluarga dapat terus menjalin silaturahmi satu sama lain. Saya juga meyakini bahwa silaturahmi dapat membuat rezeki kita ditambahkan. Bukan berarti hanya rezeki secara materi, tetapi bisa juga rezeki kesehatan dan kebahagiaan,” tambah Karmila.

Harapan Mendatang

Karmila selalu memiliki niat yang tulus untuk melayani rakyat. Ia ingin terus mengabdikan dirinya demi kesejahteraan masyarakat luas. Ketua Fraksi Golkar Provinsi Riau ini pun berencana ingin mencalonkan diri di DPR RI pada tahun 2024.

“Tentu hal ini harus disesuaikan dengan kondisi. Namun, saya tetap yakin dengan potensi diri yang saya miliki. Untuk itu saya harus terus mengembangkannya dan tidak tinggal diam. Pada intinya, saya ingin tetap bermanfaat bagi banyak orang,” tegas Karmila.

Karmila dengan niat tulusnya terus ingin melayani masyarakat dan mengabadikan dirinya demi kesejahteraan masyarakat luas.

“Harapan saya ingin terus meningkatkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi agar lebih banyak berbuat untuk orang banyak. Karena orang tua saya berpesan agar hidup selalu bermanfaat untuk orang banyak,” tegas Karmila yang juga sebagai puteri dari tokoh masyarakat Riau, yaitu H. Bistamam.

Jadi Bu Karmila Sari ini, menurut sepengetahuan Ganda Mora dikenal sebagai sosok perempuan yang mandiri. Punya wawasan luas, baik dalam negeri maupun luar negeri, tetapi beliau sangat aktif memperjuangkan aspirasi rakyat, terutama di daerah pemilihannya. (*)

Tags : Dr Hj Karmila Sari S.Kom MM, Anggota DPRD Riau, Karmila Sari Putri H Busataman, Karmila Sari Legislator Cantik Menuju Senayan, Karmila Sari Serikandi Riau Layak Duduk di Senayan, riaupagi.com,