Artikel   2024/03/24 21:29 WIB

Tangan Dingin Sekda Indra Pomi Nasution Bisa Tekan Inflasi di Kota Pekanbaru

Tangan Dingin Sekda Indra Pomi Nasution Bisa Tekan Inflasi di Kota Pekanbaru
Sekretaris Daerah [Sekda] Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

INDRA POMI NASUTION menjadi dan menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) kota Pekanbaru sangatlah tepat, setelah dipilih melalui Keputusan Pejabat (PJ) Walikota Pekanbaru, Muflihun S STP memilih dan menunjuknya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) kota Pekanbaru itu diketahui memiliki segudang pengalaman dalam tata kelola administrasi pemerintahan, baik internal maupun eksternal.

"Pemerintahan daerah seringkali melibatkan banyak departemen, badan, dan unit kerja yang harus bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama," kata Ketua Umum [Ketum] Lembaga Melayu Riau [LMR] Pusat Jakarta, H. Darmawi Wardhana Zalik Aris SE Ak tadi dalam bincang-bincangnya, Minggu (24/3/2024).

"Jadi seperti Sekda Kota Pekanbaru ini sangat memainkan peran penting dalam mengoordinasikan semua komponen ini," sambungnya. 

"Sekda seorang pejabat pemerintah yang berperan sebagai asisten kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan daerah."

"Mereka sering kali dianggap sebagai sosok yang “tersembunyi” di balik kepala daerah, tetapi peran mereka dalam menjalankan pemerintahan tidak dapat diremehkan," kata Darmawi Wardhana.

Menurutnya, salah satu peran utama Sekda yakni menjadi asisten kepala daerah.

Mereka berada di samping kepala daerah, membantu dalam pengambilan keputusan, menyusun kebijakan, dan melaksanakan program-program pemerintah.

Sebagai individu yang bekerja begitu dekat dengan kepala daerah, sekretaris daerah seringkali menjadi penasihat utama dalam hal kebijakan dan strategi pemerintahan.

Tetapi Sekda juga membantu kepala daerah dalam merancang dan merumuskan program-program yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Jadi menurut Darmawi Wardhana, Sekda memainkan peran penting dalam mengoordinasikan semua komponen ini.

Mereka memastikan bahwa berbagai bagian pemerintahan daerah bergerak seiring, bekerja secara efisien, dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh kepala daerah.

"Ini memerlukan keterampilan manajemen yang kuat, serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan beragam pemangku kepentingan."

Sebagai perpanjangan kepala daerah, Sekda, kata dia, juga memiliki peran penting dalam berhubungan dengan masyarakat.

Mereka sering kali menjadi juru bicara kepala daerah dan harus berinteraksi dengan warga, LSM, dan pemangku kepentingan lainnya. Kemampuan berkomunikasi yang baik, empati, dan pemahaman yang mendalam tentang masalah-masalah yang dihadapi masyarakat adalah keterampilan yang penting bagi seorang sekretaris daerah.

Darmawi berkesimpulan, Sekda Indra Pomi Nasution yang merupakan “tangan kanan” kepala daerah yang tak tergantikan.

Ia juga dikenal bisa berperan sebagai penasihat, koordinator, dan juru bicara pemerintahan daerah.

Dalam mengelola pemerintahan daerah yang kompleks, kepala daerah tidak dapat bekerja sendirian.

Darmawi percaya Sekdako Indra Pomi Nasution memiliki kualitas dan berkomitmen untuk membantu menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam menjaga keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat, yang sesuai dengan peran salah satu pilar utama yang tak boleh diabaikan yang harus dihargai  karena memiliki pilar penting dalam memastikan pemerintahan daerah berjalan dengan efisien dan efektif.

"Ia [Sekda] bagaikan motor penggerak organisasi pemerintah daerah, yang mampu menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya, demi kota Pekanbaru yang lebih maju menuju masyarakat sejahtera," jelas Darmawi Wardhana.

Ia mengaku, Indra Pomi Nasution memiliki segudang pengalaman yang mampu menciptakan pelayanan administrasi Pemerintah Kota Pekanbaru yang profesional.

Apalagi dengan pembangunan infrastruktur tentu tidak diragukan lagi, ucapnya.

"Kita bisa lihat dan rasakan sendiri, upaya yang telah dilakukan Indra Pomi sebagai Kadis PUPR Pekanbaru selama ini dalam menanggulangi banjir dan jalan berlobang yang merupakan program prioritas PJ Walikota Pekanbaru, Muflihun," kata Darmawi Wardhana.

Jika sebelumnya ratusan ruas jalan di Pekanbaru rusak parah, sekarang sudah di perbaiki. Begitu juga dengan banjir dan sampah telah berkurang signifikan, akunya.

Menurutnya, warga juga harus memahami, bahwa dalam penanggulangan banjir dan perbaikan jalan berlobang “Tidak semudah membalik telapak tangan” tentu mempunyai proses dan ketersediaan sarana dan prasarana terutama masalah anggaran, terangnya.

"Kami dari LMR optimis, Indra Pomi selaku ketua tim TAPD akan mampu menciptakan PAD serta peruntukannya lebih bagus dan tepat sasaran sehingga visi misi RPJMD Kota Pekanbaru akan terwujud," ucapnya.

Namun demikian kata Darmawi Wardhana, LMR tetap melancarkan kritikan, jika kebijakan yang dilakukan tidak sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang ada, turutama yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, pungkasnya.

Indra Pomi Nasution sendiri usai dilantik sebagai Pejabat Sekdako Pekanbaru berharap kepada seluruh masyarakat Pekanbaru untuk memberikan masukan yang positif demi Pekanbaru yang lebih baik.

”Kami juga memiliki keterbatasan kemampuan, maka kami butuh masukan positif baik itu dari media dan aktifis serta LSM. Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi untuk membangun kota Pekanbaru,”.harapnya.

Tekan inflasi  

Melalui tangan dinginnya berhasil turunkan inflasi hingga ke level 2,50 persen.

"Akhir tahun 2022 lalu angka inflasi di Kota Pekanbaru tembus 7,04 persen. Kemudian pada tahun 2023 kemarin, angka inflasi di Kota Pekanbaru cukup terkendali dengan 2,50 persen," sebut  Indra Pomi Nasution.

Jurus yang dilakukan dengan gerakan menanam hingga pasar murah yang berhasil menekan angka inflasi.

"Alhamdulillah di akhir 2023, inflasi Kota Pekanbaru di angka 2,50 persen," kata Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Sabtu (10/02/2024) lalu.

Menurutnya, inflasi di Kota Pekanbaru cukup terkendali. Ia menyebut, sesuai standar nasional, angka inflasi di Pekanbaru hanya boleh sampai 4 persen.

"Menurut standar nasional, inflasi hanya boleh 4 persen. Sementara kita ada di 2,50 persen, artinya ini sebuah pengawasan yang ketat, kinerja yang baik, komitmen yang kuat dari walikota hingga jajaran dalam pengendalian inflasi ini," ungkapnya.

Ia menilai, terkendalinya inflasi di Kota Pekanbaru tidak terlepas dari program-program dan upaya Pemko Pekanbaru. Ada beberapa program yang dilakukan Pemko Pekanbaru untuk menekan angka inflasi di tahun 2023 lalu.

"Setelah satu tahun kita melakukan upaya, para petani melakukan gerakan menanam. Kami pemerintah melakukan pengawasan, melakukan pasar murah, dan melakukan intervensi-intervensi lain. Supaya harga-harga di Pekanbaru ini stabil. Alhamdulillah inflasi Kota Pekanbaru jadi 2,50 persen," katanya.

Ia berharap program yang telah berhasil menekan inflasi di Kota Pekanbaru dapat ditingkatkan. Terlebih saat ini Kota Pekanbaru baru saja mencanangkan "Gerakan Menanam Cabai" dan launching "Pekanbaru Bertani".

"Semoga upaya-upaya yang telah kita lakukan dapat menekan inflasi," pungkasnya.

Ia pun terus mendorong kontraktor segera memperbaiki jalan rusak yang kini masih melilit kota itu.

Kontraktor yang bekerjasama dengan Perumdam Tirta Siak Pekanbaru juga diminta memperbaiki jalan rusak akibat bekas galian.

"Rekonstruksi lagi jalan yang rusak akibat galian seperti awal, mereka punya kewajiban memperbaiki ruas jalan rusak bekas galian itu," tegasnya. 

Kontraktor tidak boleh membiarkan begitu saja bekas galian tersebut. Apalagi masyarakat setiap harinya melintas di sekitar tempat galian.

"Kalau dibiarkan lama-lama, kan berbahaya untuk pengguna jalan, beresiko buat mereka, bisa saja terjadi insiden di sana," ungkapnya.

Indra menyebut kontraktor atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan PDAM Tirta Siak Pekanbaru harus bergerak cepat. Mereka mestinya tidak cuma menggali dan menanam pipa saja.

Kontraktor mestinya menutup langsung permukaan bekas galian agar tidak membahayakan pengguna jalan. Mereka harus menyempurnakan kondisi jalan yang rusak akibat bekas galian, agar kemajuan kota tidak terhambat.

Jadi harapan Indra Pomi Nasution adalah dalam kinerja Pemko Pekanbaru kedepan bisa ditingkatkan dengan baik, terutama segala hal tentang urusan internal pemerintahan, perencanaan, penganggaran, dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan juga bisa lancar dan terkendali. (*)

Tags : Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Sekda Pekanbaru, Tangan Dingin Sekda Indra Pomi Nasution, Sekdako Tekan Inflasi di Kota Pekanbaru, LMR Yakin dan Optimis Kepiawaian Sekdako Pekanbaru,