Headline Advetorial   2022/08/09 6:25 WIB

Direktur Utama Iskandar Mendapat Apresiasi di Malam Seremoni, 'Menyambut BSP Kelola 100 Persen WK Blok CPP'

Direktur Utama Iskandar Mendapat Apresiasi di Malam Seremoni, 'Menyambut BSP Kelola 100 Persen WK Blok CPP'
Direktur Utama PT Bumi Siak Pusako, Ir. Iskandar (kanan) mendapat apresiasi malam seremoni kelola 100 persen Wilayah Kerja (WK) Blok Coastal Plains And Pekanbaru (CPP).

MALAM seremoni pejabat yang hadir memberikan apresiasi pada Direktur Utama PT Bumi Siak Pusako (BSP), Ir. Iskandar atas perjuangannya untuk mendapatkan kelola100 persen Wilayah Kerja (WK) Blok Coastal Plains And Pekanbaru (CPP).

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan, Jaffee Arizon Suardin juga mengucapkan selamat atas perpindahan pengolahan 100 persen pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Bumi siap Pusako, pada Senin 8 Agustus 2022. 

"Saya ucapkan selamat kepada operator yang baru Wilayah Kerja Coastal Plain (WKCP) yaitu PT. Bumi Siak Pusako (BSP)," ungkapnya membuka sambutan di acara Seremoni Alih Operator WKCP Pekanbaru, di Balai Serindit Jalan Sudirman, Pekanbaru.  

Sebelumnya operasional WKCP diolah oleh PT Pertamina dan PT. BSP melalui konsorsium dalam bentuk Badan Operasi Bersama (BOB). 

"Skemanya cosT recovery sejak 9 Agustus 2002 hingga hari ini tanggal 8 Agustus 2022. Namun sah pukul tengah malam nanti sepenuhnya akan dioperasikan oleh PT. BSP," ujarnya.  

Dirut Pertamina Hukum Rokan tersebut mengingat bahwa selama 20 tahun masa operasional BOB antar Badan Usaha Milik Negera (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut merupakan anugerah yang sangat bermakna. 

"Kemitraan ini merupakan wujud kerjasama yang harmonis antara BUMN dan BUMD, terbilang cukup banyak capaian yang telah diraih dalam Bob ini ya tadi seperti ditampilkan di layar saat ini," sebutnya.  

Jafee juga menyinggung beberapa prestasi yang diraih dari BOB kemitraan yang ada di antaranya 35 lapangan dengan 29 lapangan minyak berproduksi, di antaranya terbaik Zamrud area pada area dan West Area dengan total sumur berjumlah 726 sumur.  

Bupati Kasmarni hadiri malam Seremoni kelola100 persen Wilayah Kerja (WK) Blok Coastal Plains And Pekanbaru (CPP).

"359 sumur produksi dan 321 sumur non produksi sejak diterimanya blok ini dari PT seperempat Pacific Indonesia pada tahun 2002. Blok CPP bisa memproduksi 125 juta beller yang tadi seperti tertulis mengatakan revenue kurang lebih 1,4 miliar," ungkapnya. 

Jafee mengungkapkan bahwa selama beroperasi 20 tahun, BOB ini tidak pernah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa.  

Ia berharap, seiring dengan pemindahan olah operasional 100 persen CPP pada PT. BSP akan jadi lebih baik lagi. "Pelaksanaan operasi yang baik untuk terus dapat memberikan kontribusi bagi produksi migas di Indonesia," harapnya.

Sementara Bupati Bengkalis Kasmarni yang juga datang menghadiri malam seremoni Perpanjangan Wilayah Kerja (WK) Costal Plains and Pekanbaru (CPP), dan peralihan operator BOB PT Bumi Siak Pusako - Pertamina Hulu Rokan ke PT Bumi Siak Pusako (PT BSP), di Balai Serindit Kompleks Gubernuran Pekanbaru Senin malam, 8 Agustus 2022.

Dalam malam seremoni tersebut juga merupakan malam terakhir sebelum peralihan operator BOB PT Bumi Siak Pusako - Pertamina Hulu ke PT Bumi Siak Pusako.

Sebelumnya, selama 20 tahun PT Bumi Siak Pusako bersama PT Pertamina Hulu Rokan mengelola WK CPP, dengan pembagian fee sebesar 50 persen untuk PT Bumi Siak Pusako dan 50 persen untuk PT Pertamina Hulu Rokan.

Wilayah Kerja Costal Plains and Pekanbaru resmi dikelola 100 persen oleh BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Riau melalui PT Bumi Siak Pusako terhitung 9 Agustus 2022. 

Kemudian kontrak kerjasama perpanjangan WK CPP telah ditandatangani pada 29 November 2018 dengan skema Gross Split dan berlaku selama 20 tahun atau hingga 8 Agustus 2042.

Sebagai informasi Block CPP terletak di Provinsi Riau dengan 4 Kabupaten yang tersebar yaitu di Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak dan Pelalawan.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung Gubernur Riau Syamsuar, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Jafee Arizona Suardi, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, serta Gubernur Riau periode 1998-2003 Saleh Djasit, Bupati Siak Alfedri dan sejumlah perwakilan dari Bupati/Walikota se-Provinsi Riau.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bengkalis mengucapkan selamat atas peralihan pengelolaan WK CPP kepada PT Bumi Siak Pusako.

"Dengan dikelolanya oleh BUMD kami optimis, ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta menambah pendapatan bagi Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau," ujar Kasmarni.

Orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis ini meyakini dengan pengelolaan oleh PT Bumi Siak Pusako, tentu akan memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat, dan memberikan dampak positif bagi Pemerintah Daerah setempat.

"Apalagi Kabupaten Bengkalis termasuk dalam daerah pengelolaan blok CPP tentunya dapat berkontribusi bagi pembangunan dan perekonomian daerah berjuluk Negeri Junjungan ini. Dan Kami sangat mendukung peralihan ini," ujar Kasmarni.

Mantan Gubernur Riau H Saleh Djasit hadiri malam seremoni kelola100 persen Wilayah Kerja (WK) Blok Coastal Plains And Pekanbaru (CPP).

Bupati Kasmarni berharap semoga dengan alih kelola ini, dapat memberikan pertumbuhan ekonomi nasional, dan produksinya semakin meningkat.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis dalam kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis Heri Indra Putra, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bengkalis Muhammad Thaib. (*)

Tags : Malam Seremoni, Kelola100 Persen WK Blok CPP, Pejabat Berikan Apresiasi, PT Bumi Siak Pusako,