Headline Kesehatan   2021/05/27 3:24 WIB

Malas Bergerak Perlu Hati-Hati, Kata dr Christopher Andrian

Malas Bergerak Perlu Hati-Hati, Kata dr Christopher Andrian

KESEHATAN - Bagi anda yang sering malas bergerak atau sering kali disebut mager perlu berhati-hati, karena bisa terjebak dalam Sedentary Lifestyle. Dokter Spesialis Gizi Klinik Siloam Hospitals TB Simatupang dari Jakarta Selatan, dr Christopher Andrian, M. Gizi, Sp.GK menuturkan bahwa gaya hidup sedentari pada dasarnya adalah kebiasaan malas bergerak atau menetap pada suatu posisi dalam waktu lama serta minim beraktivitas secara fisik/tubuh. 

Ia mencontohkan aktivitas harian lebih sering duduk atau berbaring seperti menonton televisi, bermain gawai dan bekerja di depan komputer atau laptop. Selain itu pergi ke sekolah, kantor atau belanja dengan kendaraan meskipun jaraknya dekat. "Malas bergerak dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan resiko Penyakit Tidak Menular atau PTM. Misalnya akan menimbulkan penyakit Obesitas, Kolesterol tinggi, Diabetes dan penyakit jantung bahkan Stroke," tutur dr. Christopher Andrian, M. Gizi, Sp.GK., melalui edukasi secara langsung  di akun Instagram milik Siloam Hospitals TB Simatupang dirilis Republika.co.id, Selasa (25/5).

Adapun istilah 'mager' bukan sesuatu yang asing lagi bagi masyarakat saat ini. "Bahkan penggunaannya sangat umum ditemukan pada percakapan sehari-hari terutama bagi kaum rebahan (istilahnya)," ujar dokter yang akrab disapa Chris itu menambahkan. Angka kematian lebih tinggi untuk orang yang kurang melakukan aktivitas fisik seperti misalnya, kelamaan duduk akibat sering menonton TV atau bagi yang menjalankan WFH dengan bekerja di depan komputer."Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan dengan asupan yang dikonsumsi dan kalori yang kita keluarkan. "Yang terjadi adalah lebih seringnya asupan yang masuk tanpa diimbangi dengan olahraga, maka akan berdampak timbulnya berbagai penyakit", tutur dokter Chris memaparkan edukasinya.

Guna meniadakan ketidakseimbangan asupan yang dikonsumsi dengan kadar kalori minim yang dikeluarkan, maka pola makan dan aktivitas fisik dengan rutin berolahraga merupakan solusi yang patut dijalankan. Misalny dalam beraktivitas sehari-hari seperti mengerjakan pekerjaan rumah tidak bisa disamakan dengan berolahraga. "Yang dibutuhkan untuk membakar kalori dan lemak dalam berolahraga adalah meningkatkan denyut jantung agar bisa memompa darah secara konstan selama 30 - 45 menit dalam sehari," ungkap Christopher Andrian.

Dikatakannya, untuk pola makan yang sehat, maka perlu diingat adalah batasi penggunaan lemak, caranya yaitu pastikan hanya satu kali dalam mengkonsumsi menu yang di goreng, dan berhenti makan sebelum merasa kenyang. Dokter Chris turut mengingatkan agar konsumsi air putih 8 gelas sehari atau total 2 liter. Dan bagi penikmat kopi, direkomendasikan 200mg kafein per harinya atau setara dengan 2 sendok makan. "Untuk penggunaan konsumsi kopi, gula, dan suplemen, karena jika dikonsumsi dalam waktu lama akan memperberat kinerja jantung. Kurangi asupan secara bertahap, bagi yang biasa minum kopi 3 sampai 4 gelas sehari menjadi 2 sampai 3 gelas sehari, atau bisa diencerkan komposisinya," kata Chris mengingatkan. 

Diakhir sesi edukasi, dr. Christopher Andrian, M. Gizi, Sp.GK., kembali mengingatkan akan pentingnya berolahraga. "Selagi  masih sehat maka lakukanlah aktivitas berolahraga dengan rutin guna tetap menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Semua orang akan menyesal setelah mengalami penyakit", pungkas dokter Chris. (*)

Tags : gaya hidup sedentari, malas bergerak, bahaya malas bergerak, mager, kaum rebahan,