Riau   2024/04/03 13:52 WIB

Manajemen Bandara SSK II Beri Himbauan untuk Pemudik, 'Seiring Persiapan Ekstra Flight pada 3 Maskapai'

Manajemen Bandara SSK II Beri Himbauan untuk Pemudik, 'Seiring Persiapan Ekstra Flight pada 3 Maskapai'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Puncak arus mudik menjelang libur hari raya Idul Fitri 2024 sudah semakin dekat. Tiga maskapai mengajukan ekstra flight di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Maskapai yang mengajukan ekstra flight di Bandara SSK II Pekanbaru di antaranya ada Lion Air Grup, Garuda Indonesia, dan Citilink. Total ada 128 flight penambahan atau 256 flight datang dan berangkat.

"Tercatat sampai hari ini ada 128 flight berangkat atau 256 flight datang berangkat di Bandara SSK II Pekanbaru," terang GM Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko, Selasa (2/4/2024).

Jumlah ini terdiri dari 88 flight maskapai Citilink. Jumlah 88 atau 176 flight berangkat datang itu terdiri dari Pekanbaru-Kualanamu Internasional Airport 16 flight, Pekanbaru-Hang Nadiem 30 flight, Pekanbaru-Halim Perdanakusuma 26 flight dan Pekanbaru-Soekarno Hatta 14 flight.

Selanjutnya ada Lion Air Group dengan 38 flight atau 76 berangkat datang. Flight ini terdiri Lion Air dari Pekanbaru-Hang Nadiem 7 flight, Lion Air Pekanbaru-Surabaya 22 flight, Super Air Jet Pekanbaru-Soekarno Hatta 5 flight dan Pekanbaru-Hang Nadiem 4 flight.

"Jumlah ada 38/76 flight untuk Lion Group. Terakhir ada Garuda Pekanbaru-Soekarno Hatta (CGK) 2 flight atau 4 flight pulang dan pergi," kata pria yang akrab disapa OKI itu.

Selama arus mudik lebaran, Oki memberikan tips kepada para calon penumpang. Berikut adalah tips mudik dengan aman:

  1. Belilah tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan agar tidak kehabisan tiket dan juga harga tiket masih relatif lebih murah.
  2. Berangkatlah menuju bandara lebih awal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan di jalan akibat kepadatan lalu lintas ataupun hujan. Selain itu masih tersedia waktu untuk antri melaporkan bagasi di check in bandara, sehingga tidak tertinggal pesawat.
  3. Bawalah barang-barang secukupnya yang diperlukan dan jangan lupa power bank dibawa ke kabin jangan dimasukkan di bagasi.
  4. Jagalah kesehatan sebelum berangkat dan selama perjalanan agar mudik Anda nyaman, sehingga Anda dapat bertemu keluarga tercinta di tempat tujuan dengan penuh rasa bahagia.

Manajemen Bandara SSK II Pekanbaru juga memberikan himbauan untuk pemudik seiring puncak arus mudik di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diperkirakan akan terjadi pada H-5 yang bertepatan pada Jumat, 5 April 2024.

"Diperkirakan mencapai 12.307 penumpang. Dan di H-4 atau pada sabtu, 6 april mencapai 11.504 penumpang," kata Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko.

Untuk harga tiket pesawat, dikatakannya saat ini masih dalam batas sesuai dengan ketentuan Menteri Perhubungan Udara.

"Masih sesuai. Tidak melebihi TBA atau tarif batas atas," sebutnya.

Manajemen Bandara SSK II Pekanbaru juga memberikan tips aman mudik bagi penumpang yang akan balik kampung menggunakan pesawat atau melewati jalur udara.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang untuk membeli tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan agar tidak kehabisan tiket. Karena pada saat itu harga tiket masih relatif lebih murah," ungkap Ari, sapaan akrabnya.

Kemudian, berangkatlah menuju bandara lebih awal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan di jalan akibat kepadatan lalu lintas ataupun hujan, serta masih tersedia waktu untuk antre melaporkan bagasi di check-in bandara, sehingga anda tidak tertinggal pesawat.

"Bawalah barang-barang secukupnya yang diperlukan dan jangan lupa powerbank dibawa ke kabin jangan dimasukkan di bagasi," pesannya.

Terakhir, jagalah kesehatan sebelum berangkat dan selama perjalanan agar mudik nyaman, sehingga dapat bertemu keluarga tercinta di tempat tujuan dengan penuh rasa bahagia.

Sementara arus mudik dengan menggunkaan pesawat di bandara ini juga terjadi kenaikan hingga 20 persen. Sejumlah 205 ribu lebih pemudik di Riau pulang kampung memakai pesawat.

"Untuk angkutan udara jika dibandingkan tahun lalu mengalami kenaikan sebesar 20 persen atau sebanyak 205.328 penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Andi Yanto, Senin (1/4).

Andi Yanto memperkirakan jumlah penumpang angkutan umum yang menikmati momen balik kampung atau mudik pada tahun 2024 mengalami kenaikan.

Ia menyebutkan puncak pergerakan arus mudik lebaran akan terjadi pada 6-7 April 2024.

Sementara untuk angkutan darat atau angkutan jalan juga diprediksi mengalami peningkatan hingga 15 persen.

Jika tahun lalu jumlah penumpang pada arus mudik sebanyak 112.520 penumpang, di tahun 2024 ini jumlah pemudik yang pulang kampung melalui jalur darat diprediksi mencapai 129.387 penumpang.

"Begitu juga dengan angkutan penyeberangan, kita prediksi mengalami kenaikan hingga 10 persen dari 51.336 penumpang di tahun 2023 lalu, diperkirakan naik menjadi 56.470 penumpang," katanya.

Sementara untuk angkutan laut diprediksi mengalami peningkatan yang cukup siginifikan hingga 30 persen dari 122.533 penumpang diprediksi naik menjadi 159.293 penumpang.

Meski mengalami peningkatan, pihaknya memastikan jumlah armada masih mencukupi untuk melayani masyarakat yang ingin mudik lebaran nanti.

"Untuk angkutan lebaran cukup dan aman," ujarnya.

Sebagai informasi, rapat kesiapan arus mudik lebaran tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan dihadiri oleh Forkopimda Riau serta stakeholder terkait. Baik dari lingkungan Pemprov Riau maupun dari instansi vertikal lainnya. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : mudik lebaran, bandara ssk II, pekanbaru, riau, managemen bandara beri himbauan untuk pemudik, bandara ssk II persiapkan ekstra flight tiga maskapai ,