Pendidikan   2021/03/13 14:29 WIB

Marwan Yohanis Ingin Pemprov Riau Contoh Jambi, Sekolah Swasta 'Diberi Bantuan'

Marwan Yohanis Ingin Pemprov Riau Contoh Jambi, Sekolah Swasta 'Diberi Bantuan'
Anggota DPRD Riau Marwan Yohanis

PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Marwan Yohanis minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mencontohkan Jambi yang bisa membantu sekolah swasta dalam pendanaan baik persoalan kurangnya daya tampung sekolah negeri untuk peserta didik harus diimbangi dengan bantuan ke sekolah swasta.

"Di Jambi sekolah negeri maupun swasta, jumlah kelas dan lokal yang tersedia sudah cukup menampung para lulusan SMP. Sementara di Riau masih ada ketimpangan sehingga tidak memungkinkan jika dipaksakan masuk ke negeri semua," kata Marwan Yohanis, Kamis (11/3) kemarin yang minta Pemprov Riau bisa mengakomodir masyarakat yang bersekolah saat penerimaan peserta didik baru.

Diakuinya Komisi V sudah studi banding ke Provinsi Jambi untuk mempelajari bagaimana mereka menangani sekolah tak ada yang tak mengenyam bangku sekolah di Jambi itu. Dia menyarankan agar tersedia Bantuan Operasional Sekolah Dasar (BOSDA) untuk sekolah swasta. Menurutnya secara regulasi tak ada yang salah dengan bantuan ke sekolah swasta ini. Dia juga meragukan angka yang diterima akan sama dengan sekolah negeri. "Makanya kita akan undang pihak-pihak terkait, terutama minta data jumlah calon siswa yang akan masuk ke SMA. Di satu sisi kita mau menampung semaksimal mungkin hingga over capacity, misalnya yang punya kapasitas 40 orang dipaksakan 45 orang, yang hanya 6 lokal dibuka 8 lokal," kata Marwan. (rp.sul/*)

Tags : Anggota DPRD Riau Marwan Yohanis, Pemprov Riau, Sekolah Swasta Diberi Bantuan,