Rokan Hilir   2021/03/13 14:16 WIB

Bupati Terpilih Afrizal Sintong Dukung Rohil Jadi Lumbung Pangan Sumatera

Bupati Terpilih Afrizal Sintong Dukung Rohil Jadi Lumbung Pangan Sumatera
Bupati Rohil Terpilih Afrizal Sintong

PEKANBARU - Bupati Rokan Hilir (Rohil) terpilih Afrizal Sintong mendukung rencana pembangunan food estate atau lumbung pangan terpadu di daerah.

Ia berharap keberadaan food estate nantinya dapat menjadi kawasan lumbung pangan untuk Sumatera atau bahkan Indonesia. "Saya sangat mendukung rencana pembangunan food estate di Kabupaten Rohil. Saya harap rencana ini terealisasi karena dampaknya nanti akan sangat luas. Selain bisa jadi lumbung pangan, saya yakin perekonomian masyarakat juga akan terangkat," katanya pada wartawan, Sabtu (13/3).

Bupati terpilih periode 2021-2026 ini berpandangan jika food estate dikerjakan dengan baik, maka akan dapat membangun sistem ketahanan pangan. "Saya juga berharap Rohil bisa jadi percontohan," sebut Afrizal.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sudah mengusulkan pembangunan food estate di tiga lokasi seperti di Kabupaten Rohil, Indragiri Hilir (Inhil), dan Pelalawan. Namun Gubri menyebutkan, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta agar dari ketiga wilayah tersebut dipilih terlebih dahulu wilayah mana yang harus diprioritaskan. Namun Afrizal menilai difokuskannya food estate pada satu wilayah, agar satu lokasi jadi terlebih dahulu baru kemudian mengikuti yang lainnya, jangan sampai semua dikerjakan namun tidak ada yang selesai. (*)

Tags : Bupati Rohil Afrizal Sintong, Dukung Lumbung Pangan Sumatera,