Dumai   2020/11/16 13:8 WIB

Masyarakat Diminta Waspada Dumai Zona Orange

Masyarakat Diminta Waspada Dumai Zona Orange
Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Dumai, dr Syaiful

DUMAI - Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Dumai, dr Syaiful mengatakan, perkembangan Covid-19, di kota Dumai, semakin membaik, saat ini Dumai sudah masuk zona Orange dari Zona Merah, namun masyarakat diminta tetap waspada. 

"Kami mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker guna mencegah penularan Covid-19, selain itu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta jaga jarak, jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, masuk zona Oren bukan berarti virus Corona tidak ada, kita harus tetap waspada. Mudah-mudahan kita bisa segera kembali di Zona Hijau," katanya, Minggu (15/11). 

Meskipun Dumai, telah masuk ke Zona Orange bukan berarti masyarakat bisa bebas tanpa menerapkan protokol kesehatan, pasalnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Dumai masih ada. Walaupun perkembangan Covid-19 di kota Dumai, mulai membaik, hal tersebut dibuktikan dengan masuknya Dumai, ke Dalam ‎Zona Orange yang sebelumnya berada di Zona Merah. "Kita masih tetap harus waspada terhadap Covid-19, saya berharap masyarakat tidak memberikan stigma atau penilaian buruk kepada penderita Covid-19. Justru  harus memberikan dukungan moril dan juga materiil seperti bantuan pangan untuk keluarga yang menjadi kontak eratnya," imbaunya.

Diakuinya, keberhasilan pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dan menghentikan jumlah kematian akibat penyakit Covid-19 ini ada di tangan semua pihak. Semua harus bergotong royong dan aktif dalam melaksanakan 4M. Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam menangani Covid-19 ini. Jika ingin pandemi ini cepat berlalu, maka disiplinkan diri menjalani 4M. Syaiful menerangkan, hingga ‎Jumat (13/11/2020),  total akumulasi Covid-19 berjumlah 1353 kasus, dengan rincian 978 orang sembuh, 350 orang dalam perawatan, terdiri dari 329 orang isolasi mandiri, 21 orang rawat di RS serta  25 orang meninggal dunia. (*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Dumai Zona Orange, Masyarakat Jaga Protokol Kesehatan ,