Artikel   2021/10/23 11:58 WIB

Maulid Nabi Tiba Kebahagiaan Tersendiri bagi Umat Islam

Maulid Nabi Tiba Kebahagiaan Tersendiri bagi Umat Islam

MAULID NABI telah tiba, setelah memasuki bulan Rabiul Awwal dan tepat sekarang sudah 12 Rabiul Awwal tepatnya tanggal kelahiran beliau. Beliau merupakan putra Abdullah bin Abdul Mutholib dengan Siti Aminah. Namun sayang, sebelum beliau dilahirkan dua bulan di kandungan ayahnya meninggal.

Peringatan Maulid Nabi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi umat Islam yang mana sebuah sambutan atas kelahiran pembawa risalah dan sekaligus menyempurnakan agama-agama tauhid yang telah dibawa nabi-nabi terdahulu sebelum Nabi Muhammad SAW.

Sobat Cahaya Islam, perlu kalian ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW. memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi yang lain yang mana hanya dilimpahkan oleh Allah SWT kepada beliau.

5 Keistimewaan Nabi Muhammad SAW yang Perlu Diketahui di Hari Maulid Nabi. Keistimewaan berarti memiliki nilai-nilai yang positif tersendiri, hal ini ditujukan kepada siapa saja yang berhak menerima atas izin Allah SWT. Serta tentu Allah SWT tidak mungkin salah melimpahkan keistimewaan kepada makhluk-Nya yang tidak mampu menanggungnya. Oleh karena itu, atas izin Allah SWT Nabi Muhammad SAW memiliki beberapa keistimewaan sebagai berikut.

Diutus untuk Semua Kaum

Nabi dan rasul merupakan manusia yang diutus oleh Allah memberikan risalah tauhid (percaya dengan adanya Allah SWT). Setiap nabi diutus untuk suatu kaum, seperti Nabi Musa As diutus kepada Bani Israil, Nabi Luth di utus kepada Kaum Samud, Nabi Hud diutus kepada Kaum Ad.

Berbeda dengan nabi yang lain, Nabi Muhammad SAW diutus untuk semua umat manusia dari semua lapisan dunia.

Terhindar dari Dosa

Semua manusia tidak luput dari lupa dan dosa kecuali Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW terjamin jiwanya dari dosa dan beliau diberi gelar Maksum yang terhindar kesalahan maupun dosa baik dosa besar maupun kecil.

Ajarannya Berlaku Sepanjang Zaman

Ajaran Nabi Muhammad SAW seperti merunut tugas beliau diutus kepada umat seluruh manusia tentunya jelas bersifat universal menyeluruh tidak pandang ruang dan waktu. Hal ini berarti ajarannya berkualitas sepanjang zaman, di zaman milenial seperti ini juga.

Terkait hal ini, juga memiliki hubungan erat dengan mukjizat terbesar beliau yakni Al-Qur’an yang dijamin keasliannya sepanjang zaman, tidak ada satu pun manusia yang bisa menirunya satu ayat sekalipun.

Sebagai Akhir Nabi

Bila kalian jumpai di zaman sekarang orang yang mengaku sebagai nabi itu berarti nabi palsu, jelas benar-benar nabi palsu. Sebab, Nabi Muhammad SAW sudah ditetapkan sebagai Khataman Nabi (penutup para nabi).

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Muhammad itu bukanlah ayah dari salah seorang lelaki di antara kalian. Akan tetapi, beliau adalah utusan Allah dan penutup nabi-nabi. Dan Allah terhadap segala sesuatu Maha mengetahui.” (QS. al-Ahzab: 40)

Berdasarkan ayat di atas terlihat mengenai Nabi Muhammad SAW akhir nabi, sebaliknya seperti Musailamah Al-Kadzab yang hidup di zaman Khalifah Abu Bakar As-Sidiq adalah nabi palsu.

Dipercaya Memberikan Syafaat

Yuk kita baca sholawat agar mendapatkan syafaat kelak di hari akhir. Begitulah kebanyakan pendakwah atau grup-grup sholawat mengajak masyarakat memuji Nabi Muhammad SAW dengan sholawat.

Ingat, hanya Nabi Muhammad SAW saja yang bisa memberikan syafaat atau pertolongan bagi umat-umat beliau di hari kiamat. Itu lah lima keistimewaan Nabi Muhammad SAW yang bisa diketahui di Hari Maulid Nabi. Semoga kita diakui sebagai umat Nabi Muhammad SAW, dan mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Tags : hari kelahiran, rasulullahhari, maulid nabi, keistimewaan nabi muhammad, maulidmaulid nabi ,