News   2023/08/06 11:46 WIB

Mendagri Isyaratkan Sekdaprov Punya Peluang Besar Jadi Pj Gubri

Mendagri Isyaratkan Sekdaprov Punya Peluang Besar Jadi Pj Gubri

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Menteri Dalam Negeri [Mendagri] isyaratkan Sekretaris Daerah Provinsi [Sekdaprov] punya peluang untuk jadi Pj Gubri.

"Sekdaprov Riau, SF Hariyanto memiliki peluang besar untuk bisa ditunjuk dan menjadi Pj Gubernur Riau."

"Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan habis pada bulan September 2023 ini. Untuk menjaga roda pemerintahan tetap berjalan jelang Pilgub 2024, maka akan ditunjuk penjabat (Pj) sementara sebagai penggantinya," sebut Mendagri Tito Karnavian, Sabtu (5/8).

"Memang (bulan) September-Desember itu nanti akan berturut-turut ya (selesai masa jabatannya), jumlahnya kalau tidak salah 17. Kami sudah lakukan penjaringan," ucap Tito.

Mendagri Tito Karnavian menyebut, ada 170 kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2023, terdiri dari 17 gubernur termasuk Syamsuar-Edy Natar dan 153 wali kota.

Tito menuturkan, penjaringan dilakukan di tingkat daerah hingga di kementerian/lembaga. Menurutnya, ada satu jabatan yang memenuhi syarat menjadi Pj gubernur di tingkat daerah, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda).

"Berarti itu hanya Sekda saja. Yang lainnya kita minta dari semua kementerian/lembaga eselon I struktural, bukan fungsional. Jadi, kalau dosen enggak bisa. Nah, ini kita sudah dapat masukan," ujar Tito.

Dengan syarat ini, Sekdaprov Riau, SF Hariyanto memiliki peluang besar untuk bisa ditunjuk dan menjadi Pj Gubernur Riau.

Sementara itu, Presiden Jokowi menegaskan, penunjukan Pj kepala daerah telah melalui proses yang akuntabel dan transparan.

Seperti usulan nama, Presiden menyebut, masukan nama Pj berasal dari daerah untuk selanjutnya diserahkan ke Kemendagri.

"Apanya yang enggak akuntabel, apanya yang enggak transparan? Wong masukannya dari bawah semua, kan dari daerah. Dari daerah ya kan, ke Kemendagri terus baru naik ke kita di TPA (tim penilai akhir), semuanya terbuka," tukas Jokowi. (*)

Tags : mendagri tito karnavian, mendagri Iisyaratkan sekdaprov punya peluang jadi pj gubri, sekdaprov gantikan jabatan gubri, news,