Headline News Daerah   2023/08/06 11:57 WIB

Anak Muda Dituntut Miliki Keahlian, Gubri: Bukan Zamannya Lagi Andalkan Ijazah

Anak Muda Dituntut Miliki Keahlian, Gubri: Bukan Zamannya Lagi Andalkan Ijazah

BENGKALIS - Gubernur Riau, Syamsuar menginginkan setiap anak muda di Bumi Lancang Kuning memiliki keahlian yang bisa dibawa dalam memasuki dunia kerja.

"Anak muda diminta miliki keahlian untuk bisa bekerja."

"Kalau anak tidak punya kemampuan, kopetensi dan keahlian dalam bidang tertentu, susah. Apalagi begitu banyaknya perusahaan-perusahaan yang akan membuka kesempatan bekerja dan juga banyak saingannya," kata Gubernur Riau Syamsuar, Sabtu (5/8)

Menurutnya, jika mengandalkan ijazah, tidak bisa menentukan seseorang bisa bekerja. Untuk itulah, ia terus mengingatkan tentang pentingnya pendidikan vokasi.

Apalagi, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Di Riau, kata Gubri telah lebih dulu menerbitkan Pergub Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penguatan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Melalui Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja. Sehingga Negeri Lancang Kuning menjadi percontohan di Indonesia terkait pendidikan vokasi.

Dengan menekuni suatu bidang, menurut Syamsuar, itu lebih efektif untuk melihat bakat dan minat anak, sehingga bisa dikembangkan lebih dalam menjadi sebuah keahlian yang nantinya bisa memberikan dampak positif saat memasuki dunia kerja.

Melalui pendidikan vokasi, sebut Gubri, bisa menjadi solusi untuk penciptaan SDM yang berkopentensi, berdaya saing dan siap bekerja profesional.

Sebab, pendidikan vokasi memiliki peran strategis untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan industri, dunia usaha dan dunia kerja, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja.

"Bukan zamannya lagi hanya mengandalkan ijazah. Zaman sekarang beda, kalau zaman saya dulu iya, ijazah itu perlu. Tapi kalau sekarang, tidak seperti itu," tuturnya.

Gubernur Syamsuar berharap kedepannya kualitas dan mutu pendidikan di Provinsi Riau semakin baik. Serta mengimbau sekolah agar menerapkan pendidikan vokasi.

"Karena ijazah tidak menentukan mereka (anak muda) bisa bekerja atau tidak," sebutnya. (*)

Tags : anak muda punya keahlian, anak muda tidak andalkan ijazah, gubri syamsuar minta anak muda punya keahlian, New Daerah,