Headline Linkungan   2023/12/17 21:42 WIB

Menelusuri Tiga Kelurahan Terbaik di Riau yang Dipilih SALAMBA untuk Pemulihan Lingkungan

 Menelusuri Tiga Kelurahan Terbaik di Riau yang Dipilih SALAMBA untuk Pemulihan Lingkungan
Yayasan Sahabat Alam Rimba [SALAMBA] lakukan perbaikan lingkungan.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tahun ini [2023] tiga kelurahan di Dumai terpilih sebagai wilayah terbaik untuk lingkungan alam tentang keberlanjutan.

"Tiga Kelurahan terbaik di Riau yang dipilih untuk pemulihan lingkungan."

"Pemulihan lingkungan khususnya di Daerah Aliran Sungai [DAS], perlu terus dilakukan untuk menjaga kualitas air, mencegah abrasi dan menjamin keberlangsungan hidup spesies plora dan fauna endemik yang ada di sekitar sungai." kata Ir Ganda Mora M.Si, Ketua Yayasan Sahabat Alam Rimba [SALAMBA] tadi Minggu (17/12/2023).

Ini merupakan tanggung jawab semua kalangan baik pemerintah, masyarakat dan pemerhati lingkungan hidup, terutama di sekitar sungai yang telah mengalami penggundulan pohon dan terancam abrasi, sambungnya.

Tetapi Ganda melihat pada tiga kelurahan yang ada dipilih berdasarkan kriteria, termasuk seberapa baik untuk melestarikan (dan menampilkan) lingkungan alamnya, komitmennya terhadap kelestarian ekonomi dan lingkungan, serta konservasi warisan budaya.

"Penghargaan kita pada wilayah-wilayah dalam memelihara daerah dan melestarikan bentang alam, keanekaragaman budaya, nilai-nilai lokal dan tradisi kuliner kita lakukan”.

Dalam rangka pemulihan DAS, SALAMBA  melaksanakan penanaman pohon sebanyak 6000 pokok bibit yang terdiri dari bibit kopi, petai. jengkol, motoa dan durian.

"Pada DAS Sungai Geniot, di Kelurahan Geniot, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, program pemulihan disambut masyarakat dan di dukung penuh oleh Lurah Geniot yang telah memberikan izin lokasi penanaman bibit di sepanjang sungai," sebutnya.

SALAMBA bersama sama melakukan pemulihan lingkungan DAS, penamaan berbagai pohon yang akan dilakukan juga di daerah lain seperti Bukit Batrem dan areal pantai dengan bibit pohon mangrove.

"Kami akan melakukan kerjasama dengan BKSDA, BPDAS dan DLHK untuk memperlancar program ini dan mendorong pihak perusahaan yang berdomisili di Kota Dumai agar perduli dengan pemulihan kawasan kritis dengan mengoptimalkan Corporate Social Responsibility yang mereka miliki," sebut Ganda mengakhiri. (*)

Tags : sahabat alam rimba, salamba, pemulihan lingkungan, mencegah abrasi di dumai, riau, perbaikan lingkungan, salamba tanam mangrove, lingkungan,