News Kota   2024/04/12 13:5 WIB

Meresahkan, Lampu Penerangan Jalan Umum Padam yang Langsung 'Ditangani' Dishub Pekanbaru

Meresahkan, Lampu Penerangan Jalan Umum Padam yang Langsung 'Ditangani' Dishub Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru bisa 'dihitung jari' mana yang menyala. Akibatnya jalanan disekitar lingkungan itu gelap saat malam hari.

"Lampu JPU Padam."

"Jalannya rusak, beberapa ada yang berlobang. Kalau udah jalan malam di atas jam 11 perlu waspada juga, harus pakai lampu jauh supaya keliatan jalannya," kata Bakri, warga setempat, Kamis (11/4).

Mulai dari Simpang Pagi Arengka menuju Simpang Empat Garuda Sakti, hampir seluruh lampu PJU padam, hanya beberapa yang menyala.

Bahkan dari beberapa yang menyala itu, hanya pada bagian satu sisi saja.

Keadaan ini dikhawatirkan membahayakan pengendara. Terlebih lagi, beberapa ruas jalan dalam kondisi rusak parah dan berlobang.

Salah seorang pengendara Abdulah mengaku penerangan di sepanjang Jalan HR Soebrantas terbantu lampu pedagang kaki lima dan ruko yang berada di kiri kanan jalan.

Kondisi ini akan sangat membahayakan jika pengendara melintas pada waktu tengah malam.

Selain itu, kata Abdulah, penerangan yang minim tentu berpotensi meningkatkan angka kejahatan, seperti jambre ataupun begal.

"Pulang kerja itu udah malam banget, ditambah jalanan sepi karena orang-orang pada mudik. Takutnya ada begal atau copet, karena kan saya bawa motor sendiri," ungkapnya.

Dia berharap pemerintah segera membenahi dan melakukan perbaikan terhadap infrastruktur yang ada di Kota Pekanbaru.

"Infrastruktur itu kan bukan cuma jalan aja. PJU juga infrastruktur, minta tolong ke pemerintah, semuanya diperhatikan. Masyarakat emang banyak nuntut, tapi kalau keadaan kotanya aman dan baik penataannya, pasti masyarakat tak akan ribut lagi," pungkasnya.

Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Pekanbaru saat ini banyak dalam keadaan mati atau tidak berfungsi. Ini tentu berpotensi membahayakan pengendara ataupun masyarakat yang melintas.

Di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Kantor DPRD Provinsi Riau juga mengalami hal sama.

Terdapat tujuh tiang LPJU yang padam.

Terlebih lagi, jalanan tersebut sering kali dijadikan sebagai area balap liar oleh remaja di Pekanbaru.

Menyikapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebutkan pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pengecekan.

"Kita berterima kasih atas aduan masyarakat. Nanti akan saya koordinasi langsung dengan Dishub, biar langsung dicek kondisinya," kata Indra Pomi.

Meskipun Jalan Jenderal Sudirman berada pada kewenangan wilayah provinsi, Indra Pomi mengatakan akan tetap meminta Dishub untuk memantau penyebab padamnya lampu di jalan tersebut.

"Nanti kita komunikasikan, kalau cuma satu atau dua yang mati, nanti bisa kita ganti," pungkasnya. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : penerangan jalan umum, lampupju padam, pekanbaru, jalanan gelap gulita, News Kota,