Bola   2021/12/03 15:46 WIB

Mohamed Salah Masih Pesepak Bola Terbaik di Dunia

Mohamed Salah Masih Pesepak Bola Terbaik di Dunia
Mohamed Salah

LIVERPOOL -- Kemenangan 4-1 Liverpool atas Everton di derby Merseyside terbaru pekan ini semakin menegaskan bahwa the Reds masih lebih layak merajai Kota Liverpool. Terlebih lagi, pertandingan itu menjadi panggung tersendiri bagi striker Liverpool, Mohamed Salah, yang menjadi bintang lapangan lewat dua gol ke gawang the Toffees.

Brace pemain berpaspor Mesir itu membuat dirinya berada di puncak tertinggi top skorer Liga Primer Inggris. Mo Salah menjadi pemain pertama the Reds yang mencetak dua gol tandang kontra Everton setelah Fernando Torres pada 2008 lalu. Saat ini, dirinya tercatat sudah mencetak 13 gol di Liga Primer Inggris dan memimpin klasemen top skorer.

Sepekan lalu, Mo Salah baru saja mencatatkan prestasi sebagai pemain ketiga tercepat yang mencetak 150 gol di Liga Primer Inggris. Mantan penggawa Chelsea itu membukukan 150 gol dari 171 pertandingan. Pemain tercepat yang pernah menyentuh angka serupa adalah Alan Shearer dengan 150 gol dari 148 laga.

Hingga ke pekan ke-14, Mo Salah sudah mencetak 13 gol. Ia pun menjadi pemain paling subur di Liverpool dengan catatan 19 gol di semua kompetisi meski musim 2021/2022 belum bergulir separuh jalan.

Tak hanya dalam urusan gol, Mo Salah pun menjadi pemain yang paling berpengaruh di klubnya saat ini. Pesepak bola Muslim ini ternyata juga menjadi pencatat assist terbanyak, delapan kali, di Liga Primer Inggris.

Gemilangnya Mo Salah membuat Liverpool kini menjadi salah satu kandidat juara Liga Primer Inggris. Meski berada di peringkat ketiga, the Reds hanya berselisih dua poin dari pemuncak klasemen, Chelsea, dan terpaut satu poin dari Manchester City di posisi runner-up.

Sayangnya, pemain berusia 29 tahun itu hanya berada di peringkat ketujuh dalam jajaran kandidat peraih gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) edisi 2021. Padahal dengan catatan individu yang ada, dirinya dianggap layak mendapat peringkat yang jauh lebih tinggi dibandingkan posisinya saat ini.

"Saya tidak yakin dengan peringkat (Ballon d'Or) itu. Mo Salah seharusnya mendapat peringkat lebih tinggi. Saya terkejut melihat dirinya hanya berada di sana. Siapa yang memilihnya? Jurnalis, bukan?" kata pelatih Liverpool Juergen Klopp seperti dilansir BBC Sport, Jumat (3/12).

Mantan bek kiri Chelsea dan West Ham United, Scott Minto, juga berpendapat Mo Salah layak menyandang status pemain terbaik di dunia saat ini. Menurutnya, performa individu eks penggawa AS Roma itu berada pada level di atas rata-rata. 

Scott mengakui Mo Salah merupakan pemain komplet karena tidak hanya pandai mencetak gol, tapi juga berkreasi dalam proses pembuatan gol melalui operan kunci.

"Saat ini dan selama beberapa musim terakhir, tak ada pemain yang paling hebat di dunia selain dirinya. Dia sangat taktis. Pemain lain membuat kesalahan, dia justru membuat gol dan assist," kata Scott seperti dikutip BBC Sport, Jumat. "Dia pemain yang sempurna karena bisa melakukan apapun. Dia bukan tipe pemain begini dan begitu. Dia adalah mimpi buruk bagi setiap bek seperti saya."

Mantan pemain Blackburn Rovers, Chris Sutton, juga memuji habis-habisan Mohamed Salah. Ia bahkan menyebut Mo Salah lebih baik dibandingkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Hal itu ia katakan saat melihat gol Mo Salah ke gawang Manchester City, akhir pekan lalu. Pemain asal Mesir itu mencatat satu assist plus menjebol gawang the Citizens dengan cara yang elegan ketika menggocek beberapa pemain lawan, lalu melesakkan bola tanpa kesulitan.

"Saat ini, dia lebih baik dibandingkan Messi dan Ronaldo," kata Sutton menegaskan seperti dilansir Sportskeeda.

Tags : pemain terbaik dunia, mohamed salah, mohamed salah top skorer liga inggris, gol mohamed salah, pemain terbaik dunia mohamed salah, mo salah, mohamed salah dinilai pemain terbaik dunia, striker liverpool, penyerang timnas mesir, pesepak bola muslim di liverpool, pesepak bola muslim, pesepak bola muslim terbaik, liverpool, liga inggris,