Agama   2023/12/25 13:50 WIB

Muhammadiyah Siapkan Petugas Haji 2024, Dr Marjuki Al Jawiy: yang Miliki Jiwa Ikhlas dalam Pengabdian

 Muhammadiyah Siapkan Petugas Haji 2024, Dr Marjuki Al Jawiy:  yang Miliki Jiwa Ikhlas dalam Pengabdian
Dr Marjuki Al Jawiy, Sekretaris Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah (LPHU) PP Muhammadiyah. 

AGAMA - Dr Marjuki Al Jawiy, Sekretaris Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah (LPHU) PP Muhammadiyah, mengingatkan petugas haji harus memiliki jiwa ikhlas dan pengabdian.

Seleksi petugas haji yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk mendampingi tamu Allah ke Tanah Suci sudah mulai dibuka.

Muhammadiyah melalui Lembaga Pembimbing Haji dan Umrah (LPHU) menyiapkan para kader terbaik yang ahli dalam bidang kesehatan, darurat tanggap bencana, ahli agama, dan bidang lainnya untuk mengikuti seleksi menjadi petugas haji. 

Sekretaris Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah (LPHU) PP Muhammadiyah Dr Marjuki Al Jawiy pun mengapresiasi kinerja Kemenag terkait dengan pelayanan haji 2023. Dia juga mendukung diberlakukannya istito'ah kesehatan agar prosesi haji tahun depan, berjalan dengan lancar dan khusyuk. 

"Semoga pelaksanaan haji tahun depan bisa lebih baik lagi, dengan didukung kader Muhammadiyah sebagai petugas haji," kata Marjuki di Jakarta, Sabtu (23/12/2023).

Marjuki mengingatkan petugas haji harus memiliki jiwa ikhlas dan pengabdian. Hal itu karena di Tanah Suci mereka mengabdikan dirinya untuk memfasilitasi para tamu Allah beribadah. 

"Selain memiliki bekal ilmu juga harus memiliki bekal keikhlasan dan pengabdian sehingga mengantarkan para jemaah haji untuk menggapai haji mabrur," ujar Marjuki.

Sebelumnya, Kemenag menyampaikan akan menggelar seleksi petugas haji daerah untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriyah/2024 Masehi pada Januari 2024. Adapun total kuota yang tersedia sebanyak 1.572 orang.

"Proses seleksi akan digelar pada Januari 2024. Total ada 1.572 kuota yang tersedia untuk petugas haji daerah," kata Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Rabu pekan lalu.

Arsad menjelaskan kuota petugas haji daerah terdistribusi dalam tiga fungsi, yakni pelayanan umum, pelayanan bimbingan ibadah, dan pelayanan kesehatan. Seleksi petugas haji daerah dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag provinsi sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler. (*)

Sumber: Republika.co.id

Tags : petugas haji, petugas haji 2024, kemenag, marjuki al jawiy lphu, muhammadiyah,