News   2021/11/29 18:10 WIB

Munculnya Sejumlah Klaster Baru, Ketua DPRD Riau: Ingatkan Potensi Gelombang ke Tiga Covid-19

Munculnya Sejumlah Klaster Baru, Ketua DPRD Riau: Ingatkan Potensi Gelombang ke Tiga Covid-19

Akhir-akhir ini Riau sudah alami munculnya sejumlah klaster baru, ancaman potensi lonjakan Covid-19 mulai terjadi.

PEKANBARU - Ketua DPRD Riau Yulisman mengingatkan ancaman lonjakan kasus Covid-19 menyusul munculnya sejumlah klaster baru di Riau belakangan ini.

"Dewan mewanti-wanti potensi peningkatan kasus baru Covid-19 gelombang ketiga yang disebabkan varian baru ini."

"Apalagi pemerintah pusat sudah mengigatkan adanya ancaman gelombang ketiga di Indonesia dengan varian baru Covid-19, tentunya ini harus menjadi kewaspadaan bagi daerah," kata Yulisman pada pers, Senin (29/11).

Dia mengingatkan seluruh pihak, pemerintah dan masyarakat semakin gencar menerapkan protokol Covid-19.

"Pada akhir tahun akan banyak kegiatan yang menciptakan kerumanan dan menimbulkan klaster-klaster baru," sebutnya.

"Jadi perlu antisipasi sejak dini, jangan sampai ada kegiatan yang bisa memicu munculnya klaster baru," diingatkannya.

Dia meminta Pemerintah Provinsi Riau melakukan upaya pencegahan terutama mendekati masa libur Natal dan tahun baru yang berpotensi menimbulkan mobilitas orang yang tinggi.

"Ingatkan masyarakat untuk bersama-sama lakukan antisipasi. Semuanya bisa berkemungkinan terjadi, tergantung bagaimana cara pemerintah daerah dan masyarakat melakukan upaya pencegahan sejak awal," ujarnya.

Dia meminta kesadaran masyarakat untuk disilpin dalam penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) serta mengikuti vaksinasi.

Sementara Riau per Minggu 28 November 2021 telah terjadi penambahan 27 kasus Covid-19 dan sembuh 1 orang.

"Riau terdapat penambahan 27 kasus terkonfirmasi Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir. 

"Jumlah spesimen yang diperiksa hari ini berjumlah 2.973 sampel dan jumlah orang diperiksa berjumlah 2.684 orang. Hasilnya ada 27 kasus yang terkonfirmasi Covid-19," kata Mimi.

Kabar baiknya, terdapat penambahan 1 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Serta, tidak terdapat penambahan pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

"Sehingga total terkonfirmasi di Riau mencapai 128.431 kasus. Dengan rincian, pasien isolasi mandiri 244 orang, rawat di RS 26 orang, sembuh 124.045 orang dan 4.116 meninggal dunia," jelasnya. (*)

Tags : Muncul Klaster Baru, Riau, News, Potensi Lonjakan Covid-19,