Bola   2023/03/23 16:53 WIB

Muslim Diseluruh Dunia Memulai Ramadan, 'Tapi tak Menyurutkan 253 Pemain Muslim Berlaga di Liga Primer Inggris'

Muslim Diseluruh Dunia Memulai Ramadan, 'Tapi tak Menyurutkan 253 Pemain Muslim Berlaga di Liga Primer Inggris'
Doucoure (kanan) memuji pemain Liverpool Muhammad Salah (kiri) sebagai "contoh baik" seorang pesepak bola Muslim.

SEPAK BOLA - Pekan ini, Muslim di seluruh dunia memulai Ramadan, berpuasa pada siang hari dan berusaha meningkatkan ibadah mereka.

Ini termasuk 253 pemain Muslim di tim pertama dan akademi dari empat kasta teratas sepak bola Inggris yang, menurut lembaga advokasi Nujum Sports, mencakup sekitar 5% dari total pemain.

Para pemain ini akan menyeimbangkan beban fisik berpuasa selama bulan suci agama Islam dengan jadwal latihan dan pertandingan.

"Saya selalu suka Ramadan," kata gelandang tengah Everton Abdoulaye Doucoure kepada BBC Sport. "Kadang-kadang sulit bermain sepak bola karena Ramadan bisa jatuh di musim panas atau selama pramusim.

"Tetapi saya selalu beruntung bisa mengamalkan [puasa] Ramadan dan tidak pernah ada masalah dengan kondisi fisik saya - saya bersyukur untuk itu.

"Agama saya adalah hal paling penting dalam hidup saya - saya memprioritaskan agama saya dahulu, kemudian pekerjaan saya. Saya dapat melakukan keduanya bersamaan dan saya bahagia karenanya.

"Saya mendapat begitu banyak waktu luang jadi saya selalu bisa pergi ke masjid untuk beribadah dan menikmati agama saya ketika saya di rumah."
'Tanpa iman saya, saya tidak akan ada di posisi ini'

Doucoure lahir dan dibesarkan di sebuah daerah suburban Paris oleh keluarga beretnis Mali, dan pindah ke Inggris pada 2016 ketika ia bergabung dengan klub papan atas Watford dari Rennes.

Penampilan terakhirnya di Piala FA adalah pada 2019 ketika klub berjuluk Hornets itu dikalahkan Manchester City dan, ketika klubnya didegradasi pada akhir musim berikutnya, ia bergabung dengan Everton dengan kontrak bernilai £20m.

Berbicara di area latihan klub tersebut setelah sesi latihan berat di bawah manajer Sean Dyche, Doucoure yang berusia 30 tahun menjelaskan arti agamanya bagi dirinya.

"Keluarga saya adalah keluarga yang sangat religius jadi saya belajar bagaimana menjadi Muslim yang baik dan buat saya itu sangat penting," katanya. "Iman saya membantu saya melewati banyak rintangan sehingga sangat penting bagi saya.

"Dalam sepak bola dan kehidupan Anda harus melalui rasa sakit dan kekecewaan. Sepak bola selalu naik turun - kadang-kadang Anda tidak bermain, kadang-kadang Anda cedera, tetapi iman saya membantu saya melalui ini. Saya bersyukur kepada Allah karena telah memberi saya kekuatan itu.

"Saya selalu mengucap doa, selalu berdoa agar Allah membantu kami dalam permainan. Tanpa iman saya, saya tidak akan berada dalam posisi ini hari ini."

'Liga Primer terbaik di dunia untuk pemain Muslim'

Doucoure tinggal di Greater Manchester bersama keluarganya dan merupakan pengunjung tetap di masjid setempat. Para jemaah lain tahu dia adalah pesepakbola profesional dan "dengan senang hati menyambutnya".

Rasa memiliki itu meluas ke Liga Premier dan Inggris secara keseluruhan, yang disebut Doucoure sebagai "salah satu negara terbaik di Eropa".

Ketika ditanya apakah ia pernah berada dalam situasi di mana ia merasa dipaksa untuk berkompromi dengan imannya, ia menjawab: "Kami merasa sangat percaya diri di sini, sangat diterima, dan semuanya ada untuk memfasilitasi orang-orang Muslim.

"Di Liga Primer Anda bebas untuk melakukan apa saja yang cocok dengan Anda, mereka tidak akan pernah melakukan apapun yang bertentangan dengan kepercayaan Anda dan ini bagus.

"Saya lahir di Prancis dan pernah bekerja di sana, tetapi antara Prancis dan Inggris ada perbedaan besar. Orang Inggris adalah contoh yang bagus.

"Kadang-kadang Anda perlu mendengarkan orang-orang dan memahami apa arti iman bagi mereka. Ini bukan pilihan — penting bagi kami untuk melindungi iman kami 100%.

"Saya selalu ingin berada di Liga Primer dan saya ingin tinggal lebih lama di sini. Ini adalah liga terbaik bagi pemain Muslim."
Mengapa Salah 'sempurna'

Situasi Everton terbilang unik dibandingkan dengan klub-klub lain karena Doucoure, Idrissa Gueye, dan pemain internasional Belgia Amadou Onana membentuk lini tengah yang semuanya Muslim.

Ketiganya punya "hubungan yang kuat" di dalam dan di luar lapangan, salat berjamaah di ruang ganti dengan Gueye sebagai imamnya, dan pergi ke masjid untuk salat Jumat.

Doucoure menambahkan: "Kami berbicara bahasa yang sama sehingga sangat dekat dan bermain bersama di lini tengah, yang membuat kami lebih dekat lagi.

"Kami selalu salat bareng dan meminta ruang untuk salat. Orang-orang sangat ramah dan memberi kami ruang. Idrissa biasanya jadi imam karena dia yang paling tua dan punya suara yang bagus."

Dan Doucoure mengesampingkan persaingan sepak bola ketika ditanya tentang pemain panutannya.

"Saya suka Sadio Mane, saya suka Muhammad Salah," katanya tentang duo pemain Muslim yang membentuk lini serangan ampuh untuk Liverpool sebelum Mane bergabung dengan Bayern Muenchen musim panas lalu.

"Ini bukan tentang sepak bola - Anda tahu kenyataan di antara klub - tetapi sebagai manusia saya mengaguminya [Salah].

"Sebagai pesepakbola Anda selalu ingin menjadi contoh dan Muhammad Salah adalah salah satunya. Dia berprestasi di klubnya sehingga orang-orang menyukainya, tetapi mereka juga belajar tentang agamanya, Islam. Ia adalah teladan yang baik bagi kami dan sempurna.

"Dia bagus untuk masyarakat dan kalau saya dan rekan-rekan setim bisa menjadi contoh bagi orang lain di Kota [Liverpool], itu akan bagus."
'Saya berpuasa setiap hari di bulan Ramadan - saya mengenal tubuh saya dengan baik'

Pemain Muslim Everton, Doucoure, Onana, Gueye dan kiper Bosnia Asmir Begovic masing-masing punya rencana makannya sendiri selama Ramadan.

Ahli gizi klub Lloyd Parker merekomendasikan untuk memberi para pemain banyak karbohidrat, sambil menghormati tradisi budaya mereka.

Sebelum memulai puasa pada dini hari, makanan sahur biasanya terdiri dari bubur, telur atau roti panggang dengan selai dan jus buah - dan nampan makanan akan ditinggalkan di luar kamar pemain pada pertandingan tandang.

Mereka biasanya menikmati makanan tiga macam setelah berbuka puasa di malam hari, dimulai dengan hidangan pembuka sup minestrone, pasta atau hidangan nasi untuk hidangan utama, dan kue apel atau selai roly-poly untuk hidangan penutup.

"Saya berpuasa setiap hari, saya tidak melewatkan satu hari pun," kata Doucoure. "Itu sudah jadi hal biasa dan sangat mudah bagi saya. Saya mulai berpuasa pada usia 12 atau 13 tahun dan sekarang saya 30 tahun. Saya tahu tubuh saya dengan sangat baik - saya selalu sahur yang kenyang sebelum puasa, yang membantu saya sepanjang hari.

"Latihan tetap sama selama Ramadan, tetapi ketika kami pergi [untuk bertanding] kami mungkin harus makan lebih terlambat dari yang lain, jadi koki menyiapkan makanan untuk kami, memastikan semuanya ada di tempat seperti di rumah. Kami mendapatkan makanan halal sehingga tidak ada masalah.

"Selama Ramadan keluarga berkumpul untuk berbuka puasa dan kemudian kami pergi ke masjid untuk salat Tarawih. Saya suka waktu ini karena Anda bertemu dengan beberapa orang baru juga — Ramadan adalah momen yang baik bagi umat Islam untuk terhubung dengan iman kita.

"Membaca lebih banyak Al-Quran dan belajar darinya adalah sesuatu yang selalu saya lakukan dan, selama Ramadan, itu adalah hal yang harus ditingkatkan oleh semua Muslim."

Tags : Islam, Muslim, Sepakbola, Ramadan, Liga primer,