Hukrim   2022/04/10 12:54 WIB

Narkoba Seberat 574 Gram Diamankan Personel TNI AU RSN di Bandara SSK II

Narkoba Seberat 574 Gram Diamankan Personel TNI AU RSN di Bandara SSK II
FOTO KAPENTAK RSN

PEKANBARU - Narkoba seberat 574 gram kembali digagalkan dan diamankan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) RSN di Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK II) Pekanbaru.

Narkoba dikemas 6 bungkus plastik warna hitam, diamankan oleh personel TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin dan petugas Avsec Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

"Tertangkapnya pengedar Narkoba ini merupakan komitmen bersama yang telah disepakati, bahwa tidak ada tempat bagi pelaku pengedar Narkoba atau barang haram jenis lainnya."

"Bandara SSK II sebagai bandara Internasional harus bersih dari Narkoba, bukan bandara saja tetapi seluruh Indonesia, selamatkan negeri ini dari bahaya Narkoba," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE yang dihubungi oleh Kapen Lanud Rsn Letkol Sus Zukri, Sabtu (9/4/2022).

Marsma TNI Andi Kustoro lebih tegas mengatakan, Bandara SSK II harus bersih, harus terjaga marwahnya, siapapun yang terlibat Narkoba kalau kedapatan, akan diberikan sanksi lebih tegas dan proses hukum yang setimpal dan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Saya kembali mengapresiasi dan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya dimana petugas Bandara SSK II dan BKO TNI AU kembali menggagalkan barang haram yang dapat merusak generasi muda. Atas kejadian ini kami berharap kepada pengguna jasa transfortasi Bandara untuk mendukung pencegahan pengedaran Narkoba, dan begitu juga kepada petugas agar lebih aktif lagi dalam aksi pemberantasan pengedaran dan penyalahgunaan Narkoba di wilayah hukum Bandara SSK II," tegas Andi Kustoro.

Di tempat berbeda, Kadisops Lanud Rsn mengatakan, tertangkapnya pengedar Narkoba berinisial TP dan AI asal Batam, tujuan Sumbawa (Provinsi Nusatenggara Barat)  transit di Bandara Soeta Jakarta dengan menggunakan pesawat Air Jet/IU 3913/Pku-Ckg yang rencana takeoff pukul 18.00 WIB, merupakan hasil kolaborasi dan kerjasama petugas Avsek SSK II dengan BKO TNI AU dalam rangka meminimalisir dan mencegah peredaran jaringan Narkoba di Bandara SSK.

"Hasil dari sinergitas antara Petugas Avsec Bandara SSK II maupun dari Lanud Rsn menyebabkan kedua pengedar tersebut tidak berkutik saat diinterogasi oleh petugas karena ada barang bukti 6 buah paket yang diduga berisi Narkoba dengan rincian 3 buah paket besar disimpan dalam celana dan 3 paket kecil disimpan dalam celana dalam, dan tersangkapun mengakuinya," kata Rangkuti.

"Penemuan ini berawal dari adanya kecurigaan petugas terhadap pelaku karena adanya tonjolan pada bagian celana pelaku saat pemeriksaan badan di gate masuk ruang tunggu dan kemudian dilakukan penggeledahan oleh personel BKO Lanud Rsn atas nama Serma Supriyadi S dan Serka Yusuf, dan didapati narkoba tersebut," sambung Rangkuti.

Jadi setelah proses panjang, dua orang pengedar Narkoba tersebut Airport Security Chief menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Kasat Resnarkoba Polresta Pekanbaru.

EGM Bandara SSK II M  Endra Gunawan menyebutkan, bahwa ini merupakan kerjasama yang profesional antara Bandara SSK II dan Lanud Rsn, sehingga peredaran narkoba dapat terungkap.

"Keamanan dan kenyamanan Bandara SSK II penting dilakukan akan terus ditingkatkan. Jangan biarkan Narkoba lolos, Bandara SSK II harus steril, dan tidak ada tempat bagi Narkoba ini," kata Gunawan. (rilis)

Sumber: Kapentak RSN

Tags : Narkoba, Jaringan Narkoba, Narkoba Seberat 574 Gram Diamankan, Personel TNI AU RSN Amankan Narkoba, Narkoba di Bandara SSK II Diamankan,