Kepri   2021/01/24 14:22 WIB

Nelayan Anambas Temukan Benda Mirip Rudal, Ada Tulisan China 'Ukuran Panjang dan Berwarna Biru Muda'

Nelayan Anambas Temukan Benda Mirip Rudal, Ada Tulisan China 'Ukuran Panjang dan Berwarna Biru Muda'
Benda mirip rudal ditemukan nelayan Dusun Mentalip Anambas, Selasa (19/1/2021).

KEPRI - Penemuan seaglider oleh nelayan asal Dusun Mentalip, Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Anambas, Ain (52) dan anaknya ini sempat membuat geger Anambas. Mereka menemukan Benda Mirip Rudal dengan ukuran cukup panjang berwarna biru muda di tepi pantai.

informasi dihimpun, benda mirip rudal itu memiliki berat sekitar 25 kilogram dan panjang 1,5 meter. Di salah satu sudutnya, ada tulisan diduga tulisan China yang sudah tidak utuh lagi. Seorang warga Dusun Mentalip, Supri membenarkan adanya penemuan benda mirip rudal itu. Ia bilang, benda itu ditemukan Ain, Selasa (19/1/2021) sekira pukul 15.30 WIB. "Saat ini benda tersebut masih di tempat, rencananya hari ini pihak berwenang akan membawa alat itu, mungkin siang baru sampai ke sini," kata Supri melalui sambungan telepon, Sabtu (23/1) yang menuturkan benda itu ditemukan sudah berada di tepi pantai dan sudah tidak utuh lagi.

Dari informasi Supri, pascapenemuan itu masyarakat sekitar berbondong-bondong melihat benda yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat. Bahkan warga Desa Nyamuk yang tidak jauh dari Dusun Mentalip ikut datang melihat benda mirip rudal yang ditemukan Ain dan anaknya. "Cerita dari nelayan itu, sempat dia mikir itu bom karena bentuknya kayak rudal. Jadi dia tak hiraukan awalnya," tuturnya.

Misteri penemuan Benda Mirip Rudal di Dusun Mentalip,  Desa Air Putih,  Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri akhirnya terjawab. Komadan Resort Militer 04/Tarempa menegaskan, jika Benda Mirip Rudal yang ditemukan nelayan, Selasa (19/1) itu tidak berbahaya. Warga sekitar sebelumnya sempat mengira Benda Mirip Rudal yang ditemukan seorang nelayan bernama Ain bersama anaknya itu merupakan drone mata-mata Cina.

Danramil 04/Tarempa, Kapten Dede Tri Heriyanto mengungkapkan jika Benda Mirip Rudal tersebut merupakan seaglider. Kapten Dede Tri Heriyanto menjelaskan jika sea glider biasa digunakan untuk melacak kedalaman laut. Salah satunya untuk aktivitas penambangan. Seaglider bisa dibilang robot kecil. Kendaraan tanpa awak ini digunakan untuk mengumpulkan berbagai data dari lokasi tempat ia dikirimkan. "Alat ini berfungsi untuk menggambarkan kondisi laut tempat alat itu diletakkan," ungkapnya, Kamis (21/1/2021). Kini benda mirip rudal yang ternyata seaglider telah ditangani oleh pihak TNI AL. (*)

Tags : sea glider, Kepulauan Anambas, Kabupaten Anambas, China,