Linkungan   2024/02/05 11:1 WIB

Pagi Hari Cuaca Cerah di Pekanbaru, Tetapi Masih Berpotensi Diguyur Hujan

Pagi Hari Cuaca Cerah di Pekanbaru, Tetapi Masih Berpotensi Diguyur Hujan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pagi hari cuaca cerah tetapi masih berpotensi diguyur hujan, sementara pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Kota Pekanbaru tetap mengeluarkan peringatan dini.

"Pagi hari cuaca cerah tetapi masih berpotensi diguyur hujan."

"Diperkirakan akan mengguyur Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kampar, Indragiri Hlir, Indragiri Hulu, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru," kata Forecaster on Duty BMKG stasiun Kota Pekanbaru, Mohd Ibnu Amiruddin, Minggu (4/2).

BMKG stasiun Kota Pekanbaru memperkirakan cuaca Riau pada pagi hari akan cerah berawan. 

Ia menyebutkan pada siang hingga sore hari masih berpotensi diguyur hujan di sejumlah wilayah.

Kemudian pada malam hingga dini hari cuaca serupa juga akan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Bengkalis, Pelalawan dan Rokan Hulu.

BMKG Stasiun Kota Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini waspada hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singinggi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan dan Kota Pekanbaru pada siang atau sore dan  malam atau dini hari.

Sementara itu, untuk suhu udara Riau hari ini diperkirakan berada pada 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 95 % dan angin yang bergerak dari arah Utara – Timur Laut  dengan kecepatan 10 – 30  km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).

BMKG juga memperkirakan sejumlah wilayah di Riau diprediksi akan diselimuti hujan ringan hingga sedang pada pagi ini, mencakup Kabupaten Siak, Pelalawan, Kampar, Kota Pekanbaru, dan sebagian Kota Dumai.

"Pada malam hari, hujan diprakirakan terjadi di sebagian Kabupaten Kuantan Singingi dan Kampar. Sementara dini hari berpotensi berawan hingga udara kabur," kata Gita, Forecaster on Duty dari BMKG stasiun Kota Pekanbaru menambahkan.

Prakiraan cuaca serupa diperkirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari di sejumlah kabupaten. Termasuk Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru.

BMKG stasiun Kota Pekanbaru turut mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang, yang diperkirakan akan melanda sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru pada siang, sore, dan malam hari.

Selain itu, suhu udara di Riau hari ini diprediksi berada di kisaran 23 – 32 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 60 – 95 persen, serta angin yang berhembus dari arah Utara – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Dalam konteks keselamatan, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan memperhatikan informasi terkini dari BMKG terkait kondisi cuaca, terutama di daerah-daerah yang menerima peringatan dini. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau juga berkisar antara 0,50 – 1,25 meter. (*)

Tags : cuaca, pekanbaru, pagi hari cuaca cerah, cuaca cerah dibaringi hujan, pekanbaru berpotensi diguyur hujan,