Headline Internasional   2021/02/21 15:12 WIB

Pangeran Harry dan Meghan tak Lagi Aktif di Keluarga Kerajaan

Pangeran Harry dan Meghan tak Lagi Aktif di Keluarga Kerajaan

INTERNASIONAL - Pangeran Harry dan Meghan yang bergelar Duke dan Duchess of Sussex tidak akan kembali sebagai anggota aktif anggota Keluarga Kerajaan, menurut Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth memastikan bahwa pasangan itu tidak akan "melanjutkan tanggung jawab dan tugas terkait pelayanan publik". Pernyataan itu menyebutkan Keluarga Kerajaan "sedih atas keputusan mereka," yang pertama diumumkan Januari lalu.

Harry dan Meghan mengatakan "pelayanan bersifat universal" dan mereka mengatakan akan tetap mendukung organisasi-organisasi yang selama ini mereka pimpin. Tahun lalu, mereka mengumumkan akan mundur sebagai anggota "senior" kerajaan dan akan berupaya menjadi independen secara finansial.

Mereka mundur secara resmi Maret tahun lalu dan merencanakan untuk mengkaji ulang rencana mereka setelah 12 bulan. Kepastian ini berarti Pangeran Harry dan Meghan akan mengembalikan gelar kehormatan militer dan kerajaan yang mereka peroleh selama ini. Kepastian ini muncul setelah pembicaraan antara Harry dan anggota Keluarga Kerajaan.

Akan muncul dalam wawancara dengan Oprah Winfrey. "Ratu telah menulis dan memastikan bahwa keluar sebagai anggota aktif Keluarga Kerajaan berarti tidak memungkinkan untuk melanjutkan tanggung jawab dan tugas terkait pelayanan publik," tulis pernyataan dari Istana Buckingham. "Walaupun sedih dengan keputusan ini, Duke dan Duchess tetap menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai."

Juru bicara Harry dan Meghan mengatakan, "Seperti terbukti dengan kerja mereka dalam setahun terakhir, Duke dan Duchess of Sussex tetap menjalan tugas bagi Inggris dan seluruh dunia dan telah menawarkan dukungan mereka bagi organisasi-organisasi yang mereka wakili, apapun peran resmi mereka."

Mereka menambahkan, "Kita semua hidup untuk melayanan. Pelayanan bersifat universal". Pengumuman ini dilakukan tak lama setelah pasangan yang tinggal di California ini mengungkap bahwa Meghan tengah hamil anak kedua. Mereka akan membicarakan tentang keputusan mereka untuk keluar dari kerajaan dalam wawancara televisi dengan Oprah Winfrey.

Sejak mundur dari tugas-tugas kerajaan, mereka menandatangani kesepakatan dengan Netflix dan Spotify. Meghan baru-baru ini juga menang di Pengadilan Tinggi Inggris melawan Mail on Sunday terkait penerbitan rangkuman surat yang ia kirim ke ayahnya. (*)

Tags : Pangeran Harry dan Meghan, Keluarga Kerajaan, Inggris,