Headline Internasional   2021/02/19 22:48 WIB

Pangeran Philip Dirawat di Rumah Sakit, Masih Dalam Kondisi 'Semangat'

Pangeran Philip Dirawat di Rumah Sakit, Masih Dalam Kondisi 'Semangat'
Pangeran Philip 

INTERNASIONAL - Istana Buckingham mengungkapkan Pangeran Philip dirawat di rumah sakit pada Selasa (16/02) malam 'sebagai tindakan berjaga-jaga' karena ia merasa tidak enak badan. Suami Ratu Elizabeth itu, yang berusia 99 tahun, dibawa ke Rumah Sakit King Edward VII di pusat kota London, pernyataan itu menambahkan.

Sumber istana mengatakan kepada BBC bahwa Pangeran Philip pergi dengan mobil ke rumah sakit, di mana dia dirawat atas saran dokternya. Dia merasa tidak enak badan selama beberapa hari, tetapi itu tidak terkait dengan virus corona, sumber itu menambahkan. Mereka mengatakan sang pangeran - yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni - dalam kondisi "semangat" di rumah sakit, di mana dia diperkirakan akan tinggal selama beberapa hari untuk observasi dan istirahat.

Sang Ratu, 94, tetap berada di Kastil Windsor. Sebelumnya, dia berbicara melalui telepon dengan First Sea Lord, Laksamana Tony Radakin, tentang pekerjaan Angkatan Laut Kerajaan di dalam dan luar negeri. Pangeran Charles dan istrinya Camilla juga menjalankan tugas resmi pada Rabu (17/02), dengan mengunjungi Rumah Sakit Queen Elizabeth di Birmingham untuk berbicara dengan para pasien dan staf Layanan Kesehatan Nasional (NHS).

Bulan lalu, Istana mengumumkan bahwa Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth telah menerima vaksinasi Covid-19 dari seorang dokter di Kastil Windsor. Pasangan itu baru-baru ini menghabiskan masa karantina Inggris di Kastil Windsor dengan staf rumah tangga yang terbatas, yang dijuluki HMS Bubble. Mereka merayakan Natal dengan tenang di kediaman Berkshire mereka, bukan dalam pertemuan keluarga besar seperti tahun-tahun sebelumnya yang dirayakan di kediaman Ratu di Sandringham, Norfolk.

Seorang juru bicara Perdana Menteri mengatakan Boris Johnson mengirimkan "harapan terbaiknya" kepada sang Pangeran saat dia "menjalani beberapa hari istirahat di rumah sakit". Istana tergolong tertutup dalam melindungi privasi anggota Keluarga Kerajaan terkait hal kesehatan; mereka yang berharap untuk memberikan komentar selalu kecewa. Tetapi juru bicara Istana telah berusaha keras untuk menekankan bahwa ini bukan perawatan darurat dan itu adalah tindakan pencegahan.

Sang Pangeran telah keluar masuk rumah sakit selama beberapa tahun terakhir, baru-baru ini sebelum Natal tahun 2019 ketika dia menjalani perawatan untuk kondisi medis bawaan. Tapi secara keseluruhan, usia lanjutnya ditandai oleh kondisi kesehatan yang baik dan energinya; dia berhenti merokok pada hari dia menikahi Ratu; dia tidak pernah mabuk berat dan selama beberapa dekade adalah olahragawan yang rajin, mendorong dirinya sendiri terus-menerus agar tetap bugar dan kuat ketika orang lain mungkin tergoda untuk santai.

Terakhir kali dia terlihat di depan umum dia tampak dalam keadaan sehat, berdiri tanpa bantuan - dan dia masuk ke rumah sakit pada Selasa malam, setelah melakukan perjalanan ke sana dengan mobil. Pada Desember 2019, Pangeran Philip dirawat di Rumah Sakit King Edward VII sebagai "tindakan berjaga-jaga" dan menerima perawatan untuk "kondisi yang sudah ada sebelumnya".

Dia dipulangkan pada Malam Natal setelah menghabiskan empat malam di rumah sakit dan kemudian dibawa ke Sandringham, tempat dia menghabiskan Natal bersama Ratu. Dia telah menerima perawatan untuk berbagai kondisi kesehatan lainnya selama bertahun-tahun, termasuk arteri koroner yang tersumbat pada tahun 2011, infeksi kandung kemih pada tahun 2012, dan operasi eksplorasi pada perutnya pada bulan Juni 2013.

Pangeran Philip melewatkan sebuah acara untuk menandai peringatan Battle of Jutland atas "saran dokter" pada tahun 2016, sebelum ia pensiun dari tugas publik pada tahun 2017. Pada April 2018, dia dirawat di rumah sakit King Edward VII untuk penggantian pinggul yang direncanakan, dan keluar setelah sembilan hari. Dia melambaikan tangannya ke media saat dia dibawa ke Kastil Windsor untuk masa pemulihan, sebelum menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada bulan berikutnya, dimana ia berjalan tanpa bantuan.

Dia lolos dari cedera setelah mengalami kecelakaan mobil saat mengemudi di dekat kediaman Sandringham pada Januari 2019. Land Rover Freelander miliknya terbalik setelah bertabrakan dengan sebuah mobil Kia saat dia mengemudikan mobilnya keluar dari kediaman. Pangeran Philip tidak terluka, tetapi dia mengunjungi rumah sakit untuk pemeriksaan. Dua penumpang mobil Kia itu membutuhkan perawatan rumah sakit dan dia kemudian menulis kepada salah satu dari mereka - Emma Fairweather - yang mengalami patah pergelangan tangan dalam kecelakaan itu.

Istana Buckingham kemudian mengumumkan bahwa "setelah pertimbangan yang cermat" dia telah secara sukarela menyerahkan SIM-nya. Juli lalu, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth menghadiri pernikahan cucu mereka Putri Beatrice di Windsor. Itu diyakini pertama kalinya pasangan itu menghadiri pertemuan keluarga sejak karantina wilayah dimulai.

Pada bulan yang sama, dalam acara resmi pertamanya dalam lebih dari setahun, Pangeran Philip menghadiri sebuah upacara di Windsor untuk menyerahkan perannya sebagai colonel-in-chief The Rifles kepada Camilla, istri dari Pangeran Charles, yang menerima gelar kehormatan itu secara terpisah dalam sebuah upacara di Highgrove. November lalu, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip merayakan ulang tahun pernikahan ke-73 mereka dengan merilis foto diri mereka membuka kartu yang dibuat untuk mereka oleh anak-anak Pangeran William dan Catherine. (*)

Tags : Pangeran Philip, Dirawat di Rumah Sakit, Masih Semangat,