Pekanbaru   2023/07/27 9:9 WIB

Pasar Palapa di Revitalisasi, Pj Walikota Pekanbaru Ucapkan Terimakasih pada Kemendag RI

Pasar Palapa di Revitalisasi, Pj Walikota Pekanbaru Ucapkan Terimakasih pada Kemendag RI
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun bersama perwakilan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI melakukan Peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Palapa.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Palapa dilakukan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun bersama perwakilan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

"Peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Palapa dilakukan mulai Rabu 26 Juli 2023."

"Mudah-mudahan, pasar rakyat diharapkan menjadi peran yang sangat besar dalam kemajuan perekonomian di suatu wilayah," kata Plh Direktur Sarana Pedagangan dan Logistik Kemendag RI, Muhammad Anwar Achmad .

Peletakan batu pertama itu ditandai dengan menyalakan sirene secara serentak oleh Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun bersama Plh Direktur Sarana Pedagangan dan Logistik Kemendag RI, Muhammad Anwar Achmad didampingi Forkopimda dan kepala OPD.

Dalam kegiatan itu, Plh Direktur Sarana Pedagangan dan Logistik Kemendag RI, Muhammad Anwar Achmad berharap agar pasar rakyat bisa menjadi peran yang sangat besar dalam kemajuan perekonomian.

Dikatakannya, Kemendag RI sudah mengalokasikan anggaran revitalisasi pasar rakyat itu sejak tahun 2000-an, baik dari dana bantuan maupun dari dana alokasi khusus (DAK).

Ia menyebut, ada dua daerah di Riau yang mendapatkan bantuan revitalisasi pasar dari DAK tersebut.

"Salah satunya kota pekanbaru dan satu lagi kabupaten rokan hulu," sebutnya.

Menurutnya, di antara beberapa daerah yang mendapatkan bantuan tersebut, Kota Pekanbaru termasuk yang tercepat dalam proses pembangunannya.

Bahkan daerah lain masih belum selesai lelang, bahkan belum dilelang. Ini merupakan usaha dari Disperindag Pekanbaru dalam proses pembangunannya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, di Kota Pekanbaru memiliki banyak pasar. Namun, banyak juga yang perlu diperbaiki.

"Saat ini boleh lah kita ubah struktur pasar kita, menjadi pasar yang lebih modern. Sehingga saudara kita yang berjualan itu bisa nyaman, tidak lagi berjualan dengan kondisi becek, dan bisa mengikuti perkembangan zaman," katanya.

Terkait pembangunan Pasar Palapa ini, pihaknya berharap agar dibangun sebaik mungkin.

"Tolong bangun pasar ini dengan sebaik-baiknya. Dan kepada pedagang tolong support, saling jaga, kita berharap aman, kondusif," harapnya.

Di sisi lain, di hadapan perwakilan Kemendag, Muflihun juga mmengharapkan bantuan untuk melakukan revitalisasi pasar lainnya yang ada di Pekanbaru.

Ada Pasar Tangor dan Pasar Simpang Baru. Tak hanya itu, pihaknya juga sudah ada mengajukan proposal untuk melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : pasar palapa, pekanbaru, revitalisasi pasar palapa, peletakan batu pertama revitalisasi pasar palapa ,