Politik   2024/09/23 23:24 WIB

Paslon Syamsuar-Mawardi Diganjar Nomor Urut 3, 'yang Memiliki Arti Kekuatan, Kestabilan dan Posisi Sentral'

Paslon Syamsuar-Mawardi Diganjar Nomor Urut 3, 'yang Memiliki Arti Kekuatan, Kestabilan dan Posisi Sentral'
Paslon Gubernur dan Wagub Riau, Syamsuar-Mawardi Saleh mendapat nomor urut 3

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar pengundian nomor urut serta deklarasi kampanye damai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2024, Senin (23/9/2024).

Pasangan calon Gubernur dan Wagub, Syamsuar-Mawardi Saleh mendapat nomor urut 3.

"Kami dari pasangan Suwai mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada KPU yang telah melaksanakan tahapan Pilkada sesuai peraturan yang berlaku," kata Calon Gubernur Riau Syamsuar.

Syamsuar berharap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dapat berjalan dengan lancar, jujur dan adil. Sehingga mendapatkan pemimpin terbaik untuk Provinsi Riau.

"Hal itu tentu untuk mendapatkan pemimpin terbaik di Provinsi Riau. Suwai," ungkapnya.

Dirinya menyebutkan nomor urut tiga merupakan nomor urut yang telah diidamkan pihaknya. Hal itu akan dijadikan sebagai alat tempur pada pesta demokrasi pada 27 November mendatang.

"Karena simbolnya W, sesuai dengan slogan kami Suwai. Kami dengan Buya Mawardi Saleh sudah siap mengemban amanah yang akan dipersiapkan di 27 November," katanya.

"Marilah kita bersaing secara sehat. Sebagai Negeri Melayu yang penuh dengan martabat dan harus kita pelihara dengan baik. Mudah-mudahan masyarakat Riau akan memilih yang terbaik untuk suatu kemajuan," katanya lagi.

Syamsuar juga menyebutkan jika terpilih, nantinya bersama dengan Mawardi Saleh akan sesuai dengan kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Mari kita bersama-sama menjaga marwah Riau agar suasana Pilkada di Riau dapat terwujud secara aman dan damai. Kita berharap dapat pula terpilih pemimpin yang terbaik dan kami sudah siap mengemban amanah yang mulia ini," sebut Syamsuar.

Tetapi dibalik angka 3 ternyata memang uniknya sangat lah luas dan sangat baik untuk pembelajaran bagi umat manusia. 

"Dibalik angka 3 itu tersembunyi suatu kekuatan, kestabilan, dan dapat menempatkan posisi sentral yang pas untuk menopang sesuatu yang lebih berat dan situasi yang tidak stabil diatasnya," kata Wawan Sudarwanto dari Lembaga Penelitian Pengembangan Pendidikan (LP3) Anak negeri menilai.

Menurutnya, angka 3 terus menerus digunakan sebagai angka penyeimbang yang aman dan bermakna dalam kehidupan sosial ataupun beragama.

Dalam Islam, angka 3 juga sering digunakan dalam istilah 3 sendi agama (Tauhid, Fikih, Tasawuf), kemudian (Ilmu, Iman dan Amal), 3 kehidupan (alam dunia, alam kubur, alam akherat), 3 Hukum (Halal, haram, Makruh), 3 Jiwa (jiwa yang mendorong kejahatan, jiwa yang mencela dan jiwa yang tenang). Huruf Allah dalam bahasa arab tanpa alif terbaca Lilah (seperti angka tiga yang dibalik ke atas).

Keunikannya, kata dia, jika mengkaji angka 3 sebagai sesuatu persoalan untuk dipecahkan, tentu sangat menarik.

Namun hal ini nantinya sekadar  ilmu mencocokkan. Sepertinya tidak ada yang menarik, namun persoalan angka dikaji akademisi. Seperti Annemarie Schimmel dalam bukunya yang berjudul The Mystery of Numbers.

Annemarie Schimmel mencoba membandingkan makna angka tiga dalam berbagai perspektif kebudayaan. Seperti pada tulisannya yang menyitir pepatah dari Jerman: “Wenn sich ihrer zwei streiten um ein Ei, steckt’s der dritle bei” (Ketika dua orang berkelahi untuk merebutkan sebuah telur, orang ketigalah yang akan mendapatkannya).

Sedangkan angka 3 bagi masyarakat jawa dengan mengucapkan kata “tiga” yang dibaca “tigo” yang memiliki pandangan bahwa kekuatan akal manusia untuk menapaki hidup ini ada 3 hal.

Adapun ketiga kampampuan tersebut ada pada diri manusia yakni cipta, rasa, dan karsa.

Jadi angka 3, menurut Wawan bisa diartikan sebagai; (Harapan, Keikhlasan, Kejujuran), (Kasih Sayang, Cinta, Kebaikan), (Komitmen, Ketulusan, Kerja keras). Angka 3 bisa juga diartikan sebagai Tekad, Kemauan Fokus. (*)

Tags : kpu undi nomor paslon, paslon syamsuar-mawardi, paslon suwai nomor 3, angka 3 memiliki kekuatan, kestabilan, posisi sentral,