News Kota   2023/10/29 13:56 WIB

Galian PDAM Makin Melebar di Sejumlah Ruas, 'Buat Jalan jadi Menyempit'

Galian PDAM Makin Melebar di Sejumlah Ruas, 'Buat Jalan jadi Menyempit'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Galian perpipaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak, semakin melebar di sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru. Bahkan, galian itu kini sudah memasuki ruas jalan utama di Kota Pekanbaru.

"PDAM makin melebar disejumlah ruas jalan."

"Saat ini memang beberapa ruas jalan dalam pengerjaan. Seperti di Jalan Hangtuah, Harapan Raya dan Nangka," kata Humas PDAM Tirta Siak Dina Sajida, Selasa (24/10).

Diakui jalan yang sebelumnya lebar malah semakin sempit karena digali dari dua sisi sekaligus.

Galian pipa PDAM itu kini dalam pengerjaan di beberapa ruas jalan diantaranya, Jalan Harapan Raya, Hangtuah, Tuanku Tambusai.

Selain itu, masih ada beberapa ruas jalan yang galiannya sudah selesai tak kunjung diaspal seperti di Jalan Protokol Jenderal Sudirman.

Akibat galian itu, sejumlah jalan utama tersebut mengalami kemacetan. Bagaimana tidak, jalan yang seharusnya luas lebar kini terjadi penyempitan karena galian tersebut.

Kondisi itu dapat dilihat di Jalan Harapan Raya atau Imam Munandar sebelah kiri dari arah Sudirman. Kemudian sebelah kiri ruas Jalan Tuanku Tambusai atau Nangka dari arah Mal SKA menuju Sudirman.

Bahkan, parahnya lagi terjadi di Jalan Hangtuah, samping Gedung Telkom. Di lokasi itu digali dari dua sisi yakni kiri dan kanan Jalan Hangtuah.

Sehingga jalan yang sebelumnya lebar malah semakin sempit karena digali dari dua sisi sekaligus. Akibatnya, kemacetan di jalan tersebut tidak terelakan. Apalagi, di sisi kiri Jalan Hangtuah dari Jalan Sudirman ada parkir kendaraan, yang mempersempit jalan.

Dina Sajida mengakui saat ini di jalan tersebut baru dalam proses pemasangan pipa. Pemasangan itu masih masuk dalam proyek KPBU SPAM Pekanbaru.

"Untuk yang di Harapan Raya, itu pemasangan pertama kita dalam sejarah PDAM, itu nanti sampai dengan jembatan. Untuk Hangtuah sampai ke Jembatan Sail itu masih SPAM Pekanbaru. Kemudian untuk Nangka sebelah sisi yang kanan dari Sudirman itu masih milik PT PPTM pembangunannya," ujar Dina.

Sedangkan untuk Jalan Nangka sisi sebelah kanan dari Sudirman, lanjut Dina, akan masuk SPAM Kampar proyek PT PPTR.

Terkait waktu pengerjaan kata Dina, pihaknya memperkirakan akan selesai dalam tahun ini.

"Ini sudah tahap II pemasangan JDU (Jaringan Distribusi Utama), yang akan selesai pemasangan pada akhir tahun ini," terangnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : perusahaan daerah air minum, pdam tirta siak, pekanbaru, pdam gali ruas jalan, News Kota,