Riau   2023/11/27 8:33 WIB

Pelantikan Gubri Defenitif Edi Natar Nasution akan Dilaksanakan Senin Ini di Istana Negara, 'Tapi Karo Adpim Mengaku Tidak Tahu'

Pelantikan Gubri Defenitif Edi Natar Nasution akan Dilaksanakan Senin Ini di Istana Negara, 'Tapi Karo Adpim Mengaku Tidak Tahu'
Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pelantikan Gubernur Riau defenitif Edi Natar Nasution yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Istana Negara Senin 27 November 2023.

"Pelantikan Gubri defenitif Edi Natar Nasution dilaksanakan di Istana Negara."

"Soalsiapa saja pejabat Pemprov Riau yang akan berangkat ke Jakarta, saya tidak tahu. Coba tanya Kepala Biro Administrasi Pimpinan Adpim (Karo Adpim), "kata Plh Kepala Biro Tata Pemerintahan Elly Wardani pada wartawan, Minggu (26/11).

Terkait siapa sama pejabat Pemprov Riau yang berangkat ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan Gubernur Riau definitif, diri nya mengaku tidak mengetahuinya.

Edi Natar Nasution dijadwalkan akan dilantik menjadi Gubenur Riau definitif pada, Senin 27 November 2023. Pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara dan akan langsung dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Kabar tersebut dibenarkan langsung Edy Natar Nasution, Minggu 26 November2023, Edi mengaku sudah dihubungi oleh pihak istana negara dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mempersiapkan pelantikan tersebut.

"Iya, Insya Allah Senin besok kami dilantik Presiden (sebagai Gubernur Riau definitif) di Istana Negara," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Edi Natar Nasution.

"Kemarin Sekjen Kemendagri Pak Suhajar Diantoro langsung memberitahukan kepada kami terkait jadwal pelantikan itu," imbuhnya.

Edy Nasution berharap, semua proses pelantikannya sebagai Gubernur Riau definitif dapat berjalan sesuai harapan.

"Mudah-mudahan semua dimudahkan Allah SWT," kata mantan Komandan Korem 031 Wirabima ini.

Sebagai informasi, Edy Natar Nasution saat ini menjabat sebagai Plt Gubri melanjutkan kepemimpinan Gubri sebelumnya Syamsuar mundur dari jabatannya karena maju sebagai Caleg DPR RI.

Edy Natar akan menjabat sebagai Gubri definitif hingga 31 Desember 2023.

Setalah itu jabatan Gubernur Riau akan diberikan kepada Pj Gubernur yang nanti akan ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri.

Sejauh ini Kemendagri sudah mengirimkan surat ke DPRD Riau untuk mengusulkan nama-nama calon Pj Gubernur Riau.

Syarat pejabat yang boleh diusulkan menjadi Pj Gubernur harus menduduki jabatan eselon I.

Di Provinsi Riau, hanya ada dua pejabat eselon I, yaitu Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto dan Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Sri Indarti.

Sebagai informasi, sesuai aturan mekanisme usulan Pj Gubernur terdapat enam nama. Dengan komposisi tiga nama usulan dari DPRD dan tiga nama dari pemerintah pusat.

Beredar informasi mencuat beberapa nama-nama calon Pj Gubernur Riau yang akan diusulkan DPRD Riau ke pemerintah pusat, yakni SF Hariyanto (Sekdaprov Riau), Sri Indarti (Rektor Unri) dan Erwin Dimas (Staf Ahli Bappenas RI). (*)

Tags : Pelantikan Gubri Defenitif, Gubernur Riau Edi Natar Nasution Dilantik Gubri Defenitif, Pelantikan Gubri Dilaksanakan di Istana Negara,