News Kota   2024/02/26 10:27 WIB

Pembangunan Flyover Simpang Panam Dipercepat, Legislatif: Agar Kemacetan Bisa di Atasi

Pembangunan Flyover Simpang Panam Dipercepat, Legislatif: Agar Kemacetan Bisa di Atasi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kota Pekanbaru terus mendorong Pemerintah Kota (Pemko) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk melakukan percepatan pembangunan flyover simpang Panam Pekanbaru.

"Pembangunan flyover Simpang Panam dipercepat."

"Harapan kami tentunya rencana pembangunan flyover ini bisa segera terealisasi. DED nya segara rampung tahun ini dan bisa segara bisa dimulai pembangunan di 2025," ungkap Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Pangkat Purba, Sabtu (24/2).

"Untuk anggaran juga kita berharap jangan sampai ada perubahan anggaran terutama untuk pembebasan lahan," sebutnya.

Menurutnya, kehadiran flyover di kawasan Panam ini dapat mengurai kemacetan parah yang kerap terjadi. Untuk itu, tahun 2024 ini tahapan pembuatan DED selesai dan tahun 2025 pembangunan bisa dilaksanakan.

Untuk anggaran pembebasan lahan flyover Simpang Panam ini diperkirakan Anggara yang sudah disiapkan dari APBD Riau 2024 yakni sebesar Rp 70 miliar.

Sekadar gambaran, pembangunan fisik flyover Simpang Panam menggunakan APBN melalui Kementerian PUPR.

Sesuai siteplan, pembangunan flyover Simpang Panam dibangun satu arah dan dua jalur, dari Pekanbaru menuju Bangkinang dan sebaliknya.

Berdasarkan NJOP, biaya pembangunannya menelan anggaran Rp 100 miliar.

Pembangunan fisiknya dimulai tahun 2025, dengan catatan dari Kementerian, pembebasan lahannya harus selesai oleh Pemprov Riau tahun 2024 ini.

"Dengan kesiapan dan rapat yang intens dilakukan Pemprov dan Pemko sampai hari ini, kami optimis pembebasan lahan selesai tahun ini. Tapi kami ingatkan, anggaran pembebasan lahannya jangan diganggu gugat, apapun itu alasannya," tambah Pangkat Purba. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : flyover, pembangunan flyover, flyover simpang panam pekanbaru, pembangunan flyover dipercepat, pembangunan flyover untuk atasi kemacetan, News Kota,