Headline Nasional   2022/06/04 10:57 WIB

Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara Dikebut, 'akan Butuh Tenaga Kerja Jumlah Besar'

Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara Dikebut, 'akan Butuh Tenaga Kerja Jumlah Besar'

JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang bakal dikebut pada awal 2023 membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Diperkirakan, pembangunan proyek IKN Nusantara membutuhkan sekitar 200.000 pekerja.

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susanto, mengatakan sejumlah proyek akan mulai dibangun di awal 2023, khususnya gedung-gedung perkantoran.

"Nanti akan ada jumlah yang cukup besar untuk pekerja di lapangan, jadi diperkirakan di tahun 2023 itu kami akan menampung sekitar 150 hingga 200 ribu pekerja di lapangan," ujar Bambang dalam Konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip dari iNews.id, Jumat (3/6/2022).

Menurut dia, menjelaskan pembangunan IKN Nusantara memang membutuhkan banyak tenaga kerja, karena objek pekerjaan yang cukup banyak dan target penyelesaian tahap awal yang harus rampung pada 2024.

"Kenapa sebanyak itu karena memang pada pelaksanaan ini karena waktunya sempit dan kita harus mencapai beberapa target, oleh karenya jumlah pekerja dan jumlah material juga akan cukup banyak," kata Bambang.

Dia menjelaskan, dalam pengerjaan Presiden Joko Widodo juga meminta untuk tetap memperhatikan kondisi lingkungan hidup maupun proses interaksi yang dilakukan para pekerja kepada masyarakat setempat.

"Kami juga mengharapkan nantinya ada pola-pola dimana masyarakat nanti juga bisa terlibat langsung dalam pembangunan ini, dan itu sedang dimatangkan oleh tim transisi," ungkap Bambang.

Meski demikian, proses pembangunan IKN Nusantara juga bakal dilakukan mulai pada semester II tahun ini 2022. Konstruksi yang awal bakal menjadi pembanguan pada tahun ini bakal berfokus untuk membangun infrastruktur jalan, sebagai urat akses logistik maupun material yang masuk.

"Khususnya menyangkut pematangan tanah atau line development, kemudian akses yang penting logistik kemudian beberapa jalur-jalur untuk infrastruktur juga kita buat," tutur Bambang. (*)

Tags : Ibu Kota Negara Nusantara, Pembangunan IKN Dikebut, IKN Nusantara Butuh Tenaga Kerja Jumlah Besar, Nasional,