Advetorial   2023/09/02 11:42 WIB

Pemerintah Ikutkan Bumi Siak Pusako dalam Kerjasama Transisi Energi Nasional

Pemerintah Ikutkan Bumi Siak Pusako dalam Kerjasama Transisi Energi Nasional
Direktur PT BSP Iskandar Ikuti kegiatan GASPOL Transisi Energi Daerah Penghasil Migas di Bandung, Kamis (31/8/2023).

ISKANDAR, Direktur PT Bumi Siak Pusako (BSP), kolaborasi pihak swasta, pemerintah dan lembaga lainnya menjadi suatu hal yang fundamental untuk mencapai target transisi energi.

Ini, sesuai Pemerintah Indonesia telah menetapkan target penggunaan energi baru terbarukan atau EBT pada tahun 2060, yang tertuang dalam roadmap transisi energi nasional.

"Kolaborasi atau kerjasama sangat dibutuhkan dalam menyeimbangkan akses energi, dampak lingkungan dan sosial-ekonomi, serta pengembangan teknologi. Adanya kerja sama ini dapat mengakselerasi pencapaian target Indonesia untuk mencapai net zero emission," kata Iskandar usai mengikuti diskusi 'Gaspol! Transisi Energi Daerah Penghasil Migas' di Bandung, Kamis (31/8/2023).

Iskandar menjelaskan, PT BSP melihat perlu ada kerjasama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan pemerintah pusat dan swasta untuk mengimplementasikan transisi energi.

"Perseroan sangat menyambut baik komitmen transisi energi, dan berharap bisa ikut mengambil bagian dalam program ini," jelasnya.

Menurut Iskandar, transisi energi merupakan keniscayaan untuk menyikapi perubahan lingkungan, sekaligus mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan.

"Transisi energi tentu suatu keniscayaan, harus kita lakukan untuk menyikapi perubahan lingkungan, mau tidak mau harus kita lakukan harus kerjasama dan kerja keras untuk itu," katanya di depan media.

Iskandar menambahkan, energi baru terbarukan masih reliable sehingga kebutuhannya cukup besar.

"Skala kecil mungkin masih memungkinkan tapi kita akan mencoba mencari peluang untuk pemanfaatan energi," tambahnya.

"Bumi siak pusako sendiri sudah menjalankan berbagai program, dan tingkat kerja lingkungan sebenarnya menjadi salah satu fokus dinilai," sebutnya.

"Kita berharap ada program dari pemerintah yang bisa membantu BUMD untuk mendapatkan transisi energi ini bisa ambil bagian, ada fasilitas falitas yang diberikan kepada BUMD supaya kita bisa ikut dalam transisi energi," sambungnya. (*)

Tags : pt bumi siak pusako, pt bsp, bsp ikut kerjasama transisi energi nasional, bsp bumd ikut kegiatan gaspol,