Entertaiment   2023/08/20 14:2 WIB

Pemilihan Bujang-Dara Riau 2023 Digelar, 'untuk Ajang Pemilihan Duta Pariwisata Riau'

Pemilihan Bujang-Dara Riau 2023 Digelar, 'untuk Ajang Pemilihan Duta Pariwisata Riau'
Pemilihan Bujang dan Dara Riau 2023

PEMILIHAN Bujang dan Dara Riau digelar pada Sabtu 19 Agustus 2023 malam. Ajang pemilihan duta pariwisata Riau itu digelar oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi Riau. 

Audisi Bujang dan Dara Riau diikuti putra dan putri perwakilan dari 12 daerah di Riau. Mereka adalah duta pariwisata terbaik yang diutus dari Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten dan kota wilayah setempat. 

Sebelum dikirim ke tingkat provinsi, para finalis Bujang dan Dara itu telah mengikuti seleksi ketat di daerahnya asalnya.

Setelah lolos, 1 pasang Bujang dan Dara (putra & putri) kembali mengikuti pembinaan dan audisi untuk menjadi duta pariwisata di daerah yang memiliki jenama pariwisata  "Riau The Home of Malayu".

Kepala Dispar Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Upaya ini untuk melahirkan Duta Pariwisata Provinsi Riau yang berkualitas dan mampu menarik pergerakan wisatawan ke Riau. 

"Bujang dan Dara Riau ini nantinya diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan Kemenparekraf untuk meningkatkan promosi pariwisata Provinsi Riau," ujar Roni Rakhmat, Sabtu (19/8). 

"Hadirnya Bujang dan Dara Riau tentunya bisa membantu mempromosikan tempat wisata dan agenda wisata di Riau. Insyaallah akan berdampak langsung terhadap perputaran ekonomi masyarakat," sambug Roni.

Roni Rakhmat mengatakan, kebangkitan pariwisata Riau bisa dilihat dari perubahan signifikan. Kondisi itu, lantaran adanya kegairahan yang ditandai dengan lahirnya sejumlah agenda wisata baru.

Paling menggembirakan, tentu saja kemunculan destinasi baru yang bertolak dari publik.

"Sektor pariwisata Riau menyimpan sejumlah daya kejut. Tak semata menguatkan kultur, namun juga melahirkan spirit menjaga alam. Pemerintah Provinsi Riau akan terus menerapkan strategi yang tepat untuk mengajak lebih banyak wisatawan berwisata di Provinsi Riau," ujarnya.

"Hal ini guna mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga dua kali lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya," sambungnya.

Sementara, panitia pemilihan Bujang Dara Riau 2023, Sarah Mutia mengatakan, Pemilihan Bujang dan Dara Riau bermaksud untuk memilih sosok muda yang memiliki talenta, wawasan luas, kepribadian baik, dan berpenampilan menarik.

Sehingga, memiliki bekal keterampilan sebagai Bujang Dara yang mampu akan mewakili sekaligus membantu Pemprov Riau diberbagai aktivitas sektor pariwisata.

“Setiap daerah se-Provinsi Riau telah mengutuskan kontestan yang terbaiknya berdasarkan dari hasil pemilihan di Kabupaten/Kota. Bujang Dara yang terpilih ini, nantinya akan mewakili dan membantu Pemerintah Provinsi Riau diberbagai aktivitas promosi daerah,” kata dia. 

Jebolan Dara Riau 2019 ini menjelaskan, seluruh kontestan yang menjadi finalis pada tingkat provinsi tersebut, telah diberikan pembekalan materi oleh panitia selama empat hari di Hotel Bono Pekanbaru.

Menurutnya, tujuan dari hal ini agar memperoleh Bujang Dara Riau 2023 yang akan menjadi ikon generasi muda di Provinsi Riau.

“Setiap finalis ini telah kami berikan berbagai materi selama empat hari di Hotel Bono. Semoga saja menjadi bekal mereka untuk menampilkan yang terbaik, karna sebelumnya kontestan itu telah di seleksi oleh pihak di daerah," kata Sarah.

Tujuan dari Bujang Dara, ya tentu saja dapat membantu Pemprov Riau khususnya Dinas Pariwisata dalam membangun dan menjaga citra pariwisata di Bumi Lancang Kuning," ucap Sarah.

Sebagai informasi, pemilihan Bujang Dara ini akan dilaksanakan nanti malam dalam acara KEN Kenduri Riau 2023.

Event tersebut berlangsung di laman Bandarserai, Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru hingga 20 Agustus mendatang.

Berikut daftar nama finalis Bujang dan Dara Riau 2023 : 

  1. Bujang Bengkalis: Anggi Kifta, Dara Bengkalis: Fazrara Ingwar
  2. Bujang Dumai: Muhammad Rauf Pahlefi, Dara Dumai: Fazya Putri
  3. Bujang Indragiri Hilir: Hervi Shendykha Wiratama, Dara Indragiri Hilir: Adilah Salsabila 
  4. Bujang Indragiri Hulu: Julmico Armian, Dara Indragiri Hulu: Sintia Amelia
  5. Bujang Kampar: Ardo fahlefi, Dara Kampar: Nabila Afifah
  6. Bujang Kepulauan Meranti: Muhammad Fikri Haikal, Dara Kepulauan Meranti: Siti Nurhumairoh
  7. Bujang Kuantan Singingi: Difky Gusvinanda, Dara Kuantan Singingi: Clarissa Vania Indriati
  8. Bujang Pekanbaru: Calvin Rahmad Fadila, Dara Pekanbaru: Welika Maurenza Prista
  9. Bujang Pelalawan: Wisnu Wibowo, Dara Pelalawan: Elnov Putri Rahmadhini
  10. Bujang Rokan Hilir: Agung Pramana, Dara Rokan Hilir: Nita Kusumawati
  11. Bujang Rokan Hulu: Singgih Arya Bintang, Dara Rokan Hulu: Putri Dwi Cahya Ningsi
  12. Bujang Siak: Muhammad Nouval erdi, Dara Siak: Inggit Rintiarni Prasasti

(*)

Tags : Pemilihan Bujang dan Dara Riau 2023 Digelar, 'untuk Ajang Pemilihan Duta Pariwisata Riau',