Pelalawan   2023/02/06 11:53 WIB

Pemkab Pelalawan Bantu Poktan dengan Herbisida, 'untuk Meningkatkan Hasil Pangan'

Pemkab Pelalawan Bantu Poktan dengan Herbisida, 'untuk Meningkatkan Hasil Pangan'

PELALAWAN, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan salurkan bantuan herbisida pada kelompok tani (Poktan) melalui APBD Pelalawan.

"Pemkab Pelalawan bantu Poktan dengan herbisida untuk meningkatkan pangan."

"Tahun 2023 ini kita kembali menyalurkan bantuan herbisida kepada para kelompok tani yang ada di Kabupaten Pelalawan. Penerima bantuan ini masuk dalam sistem informasi penyuluh," kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) Kabupaten Pelalawan, Tengku Nahar melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Yusriwandi, Minggu (5/2/2023).

Yusriwandi mengatakan, bahwa setiap satu orang petani akan mendapatkan sebanyak empat liter herbisida. Dengan luas lahan seluas satu hektare.

Bantuan ini dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah daerah (APBD Kabupaten Pelalawan. Saat ini kita lagi membuat petunjuk teknis (Juknis) untuk pelaksanaan penyaluran.

"Sebelumnya atau tahun 2022 kita juga menyalurkan bantuan tersebut. Dana yang kita anggarkan sebesar Rp1,5 milyar. Penerima bantuan merupakan kelompok tani pangan dan holtikultura. Serta petani pemilik dan penggarap," ujarnya.

Yusriwandi menambahkan, bantuan herbisida merupakan program Bupati Pelalawan Zukri dan Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin. Dengan harapan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan.

Ia berharap, semoga bantuan herbisida ini dapat mengurangi beban modal belanja petani, untuk merawat lahannya dan meningkatkan produksi. (rp.sdp/*)

Tags : Pemkab Pelalawan, Pemkab Bantu Poktan, Bantuan Herbisida, Meningkatkan Hasil Pangan Poktan,