Siak   2022/07/21 19:2 WIB

Pemkab Siak Mampu Perbaiki Kualitas Lingkungan Hidup, 'Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK'

Pemkab Siak Mampu Perbaiki Kualitas Lingkungan Hidup, 'Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK'
Bupati Siak Alfedri menerima langsung penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup sehingga menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Pemkab Siak menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK Rabu 20 Juli 2022."

"Kabupaten Siak telah memiliki Perda tentang Siak Hijau. Kabupaten hijau yang dimaksud mendorong prinsip-prinsip kelestarian dan berkelanjutan dalam pemanfaatan sumberdaya alam dan peningkatan ekonomi masyarakat," ungkap Bupati Siak Alfedri, Kamis (21/7).

Kabupaten ini dianggap berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

Bupati Siak Alfedri yang menerima secara langsung penghargaan tersebut mengatakan, penghargaan Nirwasita Tantra kategori dari KLHK tersebut merupakan bentuk penilaian pemerintah atas implementasi kebijakan penyelamatan lingkungan dari kerusakan, salah satunya Perda Kabupaten Siak Hijau.

Perda Siak Hijau lahir dari adanya kerjasama dengan LSM lingkungan yang tergabung dalam Sodagho Siak. Kelanjutannya, kampanye Siak Investasi Hijau, sebutnya.

Kebijakan Siak Hijau dianggap sebagai satu model pembangunan di level kabupaten yang dapat menjadi solusi terkait persoalan lingkungan sekaligus persoalan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

"Agar gambut kita terjaga, masyarakat tidak hanya menanam sawit, namun masyarakat bisa jaga gambut dengan budidaya ikan gabus, yang memiliki nilai ekonomi, tanam nenas dan sagu sebagai pendamping makanan pokok beras yang ditanam di lahan gambut," kata Alfedri.

Pemkab Siak sedang mendorong warga yang memiliki tanah obyek reformasi agraria (tora) untuk menanam tanaman holtikultura seperti jagung, padi, buah naga dan kopi.

Anugrah Nirwasita Tantra tahun ini diselenggarakan ke-40 tahunnya. Diberikan kepada daerah yang berhasil merumuskan kebijakan terkait penyelamatan lingkungan. Anugerah Nirwasita Tantra 2022 diserahkan Wakil Menteri LHK. (rp.mhr/*)

Tags : Bupati Siak Alfedri menerima langsung penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK,